Kanker Kelenjar Getah Bening

NEW AH.OLS LOGO-3-80-1 12 Juli 2013

Kanker Kelenjar Getah Bening

kelenjar-getah-bening-3-horz-1Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma adalah sejenis Kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya Limfosit Normal, Limfosit Ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk Kelenjar Getah Bening, Limpa, Sumsum Tulang, Darah ataupun organ lain.

peta-kelenjar-getah-bening

Ada dua jenis Kanker Sistem Limfotik yaitu Penyakit Hodgkin dan Limfoma Non-Hodgkin (NHL). Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang bekaitan dan mengenai sistem limfatik. Sistem Limfotik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

sf_02lymphatic-horz

Cairan Limfatik adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik. Ada dua macam sel limfosit yaitu sel B dan T. Sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodiyang memusnahkan bakteri.

Kanker Kelenjar Getah Bening atau istilah lainnya adalah Limofoma adalah suatu jenis kanker yang sangat berbahaya dan dapat berakibat kematian, Kanker Kelenjar Getah Bening menyerang keseluruh tubuh dan sistem pertahanan tubuh kita. Perlu diketahui bahwa tubuh kita lebih dari 600 Kelenjar, dan dapat menyerang keseluruh kelenjar, tetapi akibat dari Kanker Kelenjar Getah Bening yang berada pada daerah submandibular (bagian bawah rahang bawah, ketiak atau lipatan paha) yang bisa teraba.

Apa itu Kanker Limfoma?

Jenis tertentu sel darah putih, yang disebut limfosit, sangat penting untuk ketahanan tubuh Anda terhadap penyakit. Sel-sel ini terkena berbagai substansi bahkan tubuh dalam upaya untuk membangun kekebalan. Pada tempat-tempat tertentu sel-sel ini berkumpul untuk menyaring substansi-substansi yang disebut kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ditemukan di mana saja dalam tubuh, terutama di leher, ketiak, selangkangan, di atas jantung, di sekitar pembuluh darah besar dalam perut. Limfosit juga berkelompok bersama pada limpa, tonsil, dan timus. Limfoma adalah jenis kanker yang berkembang pada limfosit pada daerah tersebut.

Seberapa umum Kanker Limfoma?

Limfoma adalah kanker ke 8 paling umum yang terjadi pada pria dan kanker ke 9 paling umum yang terjadi pada wanita di Singapura sesuai dengan Pencatatan Kanker Singapura 2005-2009. Terdapat sekitar 368 kasus dilaporkan setiap tahunnya antara tahun 2005-2009. Ini adalah salah satu kanker paling umum yang terjadi pada anak-anak dan juga dewasa muda. Kanker ini mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Kebanyakan pasien dewasa mengidap limfoma setelah usia 50 tahun.

Apakah Limfoma menular?

Tidak ada bukti bahwa limfoma bisa menyebar ke orang lain melalui kontak dekat karena ini bukan virus atau bakteri. Ini adalah kumpulan sel-sel dalam tubuh yang telah menjadi kanker.

Benjolan di Leher

kelenjar-getah-bening-1Benjolan di leher kebanyakan menrupakan gejala awal memicu terjadinya kanker tenggorokan ataukanker kelenjar getah bening, walaupun pada kenyataannya tidak semua benjolan di leher adalah gejala kanker. Pada umumnya benjolan pada leher ini terjadi karena adanya penggumpalan sel limfosit (serupa dengan sel darah putih) pada bagian leher dan juga lemak jenuh berlebih yang menggumpal pada leher. Makanan-makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan, daging yang terlalu masak, alkohol, rokok sangatlah bisa memicu pada timbulnya benjolan pada leher.

Pembengkakan ini terjadi seringkali ditandai dengan penurunan tubuh secara drastis, rasa lelah yang berlebih, batuk-batuk, sesak napas, gatal-gatal dan demam berlebih disertai keringat pada malam hari. Jika sudah terjadi gejala seperti ini pada seminggu berturut-turut langkah terbaik adalah segera periksa ke dokter. Hal ini sering kali dialami oleh penderita penyakit ini dan mereka tidak segera memriksa ke dokter dan hasilnya mereka lalai dan ketika benjolan sudah mulai membesar mereka baru memeriksakan ke dokter, sehingga sudah terjadi sebuah kanker pada leher atau kanker kelenjar getah bening sudah stadium lanjut, ini sangat disayangkan sekali, jika kita mau segera memeriksa ke dokter pastilah pengobatan akan semakin mudah dan benjolan ini tidak jadi menjadi penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang sangat merisaukan.

Klasifikasi dan Gejala-Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

1. Hodgkin’s — Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat. Faktor resiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s:

  • Pria atau wanita usia 15-38 tahun dan usia di atas 50 tahun.
  • Mempunyai kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh (sel-T) meskipun produksi antibodi normal.

Dan berikut adalah gejala-gejala terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s:

  • Pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening di sekujur tubuh: Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
  • Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan turun.
  • Pada beberapa orang, kadang-kadang menyerang dada yang menyebabkan gangguan pernafasan.

Semakin berkembang, sel-sel abnormal akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang struktur lain termasuk paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.

2. Non-Hodgkin Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Gejala-gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:

  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
  • Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun.

Limfoma jenis ini lebih sering terjadi pada pria terutama pada usia di atas 50 tahun. Semakin tua usia seseorang semakin tinggi resiko terkena limfoma.

Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pasti. Ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). Ya, penyebab kanker getah bening multifaktor.

Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Salah satu jenis kanker ganas yang sering menyerang kesehatan manusia, yaitu Kanker Kelenjar Getah Bening, Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan Sistem Limfatik. Sistem Limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Maka dari itu kita harus waspada dan kenali dengan lebih detail ciri-ciri kanker kelenjar getah bening agar dapat terhindar dari penyakit ganas tersebut. Berikut adalah beberapa Ciri-ciri seseorang kemungkinan terkena serangan penyakit  Kanker Kelenjar Getah Bening:

  • Terdapat bengkak pada bagian leher, ketiak atau selangkangan tapi tidak ada rasa sakit
  • Terjadi pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid
  • Rasa lelah yang berkepanjangan
  • Sering berkeringat dimalam hari
  • Penurunan berat badan
  • Nafsu makan berkurang
  • Gangguan pernafasan
  • Nyeri dada
  • Demam

Gejala-gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah leher, ketiak atau pangkal paha
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Rasa lelah yang terus menerus
  • Batuk-batuk dan sesak napas
  • Gatal-gatal
  • Demam tanpa sebab
  • Keringat dingin pada malam hari

Banyak para penderita kanker kelenjar getah bening yang tak sadar dirinya terkena kanker kelenjar getah bening, dan akan sadar setelah masuk dalam stadium lanjut dengan kondisi yang lebih parah.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

  • Faktor keturunan
  • System kekebalan tubuh yang lemah
  • Toksin lingkungan atau makanan yang bayak mengadung herbisida serta pengawet makanan dan juga pewarna kimia.
  • Kurangnya berolahraga
  • Minum-minuman yang mengandung alkohol
  • Kurang minum air putih
  • Merokok, serta gaya hidup yang kurang sehat
  • Beberapa penyebab yang lainnya adalah :
    • Infeksi. Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).
    • Virus. Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.
    • Peradangan. Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.
    • Kanker. Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.
    • Kanker Darah. Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.

Pencegahan Terhadap Serangan Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan agar anda terhindar dari penyakit kanker leher atau kelenjar getah bening :

  1. Jauhi makanan mengandung minyak berlebih seperti Gorengan.
  2. Jauhi rokok yang bisa memicu sel limfosit berkembang cepat.
  3. Daging yang dimasak terlalu matang bisa memicu perkembangan kanker lebih cepat.
  4. Ikan asin atau makanan asam yang berlebih sangat buruk bagi penderita benjolan pada leher karena bisa memicu terjadinya kanker.
  5. Daging unggas, para peternak unggas seringkali menyuntikkan hormon untuk menghasilkan berat badan pada unggas agar beratnya meningkat dengan cepat, suntikan hormon yang diberikan pada ternak ini mirip hormon anabolic pada manusia. Hormon ini diduga memicu kanker prostat dan kanker kelenjar.
  6. Buah-buahan dan alkohol harus anda hindari, buah-buahan ini meliputi Durian, nangka, lengkeng, nanas, duku dan anggur yang mana jika buah ini terlalu masak bisa mengandung alkohol.

Berikut adalah beberapa Obat yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Miracle Juice | Juice Multi-Kahasiat

Miracle Juice berikut ini untuk pengobatan Penyakit Berat (Kronis), Ringan dan Pencegahan Terhadap Serangan Penyakit. Sudah banyak yang disembuhkan dengan minum produk-produk ini. Bila tidak Anda tidka YAkin silahkan mencobanya. InsyaAllah dengan ridho Allah SAW penyakit Anda dapat disembuhkan.

tahitian-noni-100x100 xamthone-100x100

Herbal Seribu Penyakit – Sarang Semut (Asli Papua)

Sarang Semut merupakan tanaman obat asal Papua yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami dan aman. Bebas dari Kanker & Tumor dengan herbal Sarang Semut hanya dalam waktu hitungan bulan saja,  tanpa perlu operasi, kemoterapi, atau biopsi! Juga terbukti ampuh membantu pengobatan TBC, Diabetes, Hipertensi, Lever, Asam Urat, Jantung Koroner, dan berbagai penyakit berat lainnya. Dikonsumsi oleh ribuan orang dan terus bertambah sejak diperkenalkan 8 tahun yang lalu.

sarang_semut_plus_habbat-100 sarang_semut_220ribu 1050x100

Kemampuan Sarang Semut secara empiris sebagai obat kanker tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan Flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan kanker, diantaranya:

  • Inaktivasi Karsinogen
    Menonaktifkan zat aktif yang menjadi penyebab kanker.
  • Anti-Proliferasi
    Menghambat proses perbanyakan sel abnormal pada kanker.
  • Penghambatan Siklus Sel
    Pada kanker, terjadi kegagalan pengendalian dalam siklus pembelahan sel. Dimana sel mengalami pembelahan secara cepat dan terus menerus. Flavonoid bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel yang abnormal (kanker) tersebut.
  • Induksi Apoptosis dan Diferensiasi
    Merangsang proses bunuh diri sel kanker.
  • Inhibisi Angiogenesis
    Menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker yang berperan dalam menyediakan makanan/nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Jika sel kanker tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sel kanker akan mati.
  • Pembalikan Resistensi Multi-obat
    Flavonoid membantu tubuh terhindar dari resistensi/kebal terhadap obat-obat yang dikonsumsi.

Berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s