Pengertian Keputihan


KEPUTIHAN 20

22 Juni 2013

Keputihan, barangkali kata ini sering didengar dan dialami oleh kaum wanita, namun banyak yang belum mengetahui pengertian keputihan itu sendiri. Secara umum, keputihan bisa diartikan sebagai suatu kejadian atau kondisi yang menyebabkan terjadinya infeksi atau peradangan pada vagina.

Infeksi atau peradangan yang menyerang tubuh, secara langsung akan memicu kekebalan atau sistem immun tubuh untuk mempertahankan diri dengan cara menyerang kuman atau bakteri penyebab infeksi dan peradangan tersebut. Layaknya sebuah pertempuran, tentu saja akan ada pihak yang terkalahkan atau mati. Kuman, bakteri ataupun sel darah putih yang kalah atau mati dalam pertempuran, akan dikeluarkan oleh tubuh berbentuk cairan kental atau lendir.

Pengertian Keputihan, Tinjauan Medis

Menurut tinjauan medis, pengertian keputihan biasanya diistilahkan dengan leukore/ leucorrehoea ataupun flour albus/ aliran putih. Leukore merupakan suatu bentuk vaginal discharge yaitu suatu kejadian keluarnya cairan berlebih namun bukanlah darah yang berasal dari vagina, sedangkan keputihan sendiri merupakan istilah lazim yang digunakan masyarakat umum untuk menyebut penyakit kandidiasis vaginal yang terjadi pada daerah kewanitaan.

Dalam istilah medis, keputihan bukanlah suatu jenis penyakit, namun sejatinya keputihan adalah suatu gejala terjadinya peradangan atau infeksi pada organ genital wanita. Masih menurut tinjauan medis, dikatakan bahwa keputihan itu sendiri sebenarnya terdiri dari dua golongan besar yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Pengertian keputihan fisiologis bisa diartikan sebagai suatu kejadian peningkatan jumlah dan volume cairan lendir pada dinding vagina yang dipicu oleh faktor hormonal dan biasanya tidak berwarna dan tidak berbau serta berfungsi sebagai pelumasan, sedangkan pengertian keputihan patologis adalah suatu kejadian keluarnya lendir atau cairan pada vagina dengan kondisi yang sangat tidak higienis dan dipicu oleh bakteri, kuman ataupun benda asing lain yang bisa menyebabkan suatu ketidakseimbangan hormonal dan derajat keasaman dalam organ genital wanita.

Itulah beberapa pengertian keputihan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber. Secara garis besar, bisa dikatakan bahwa pengertian keputihan ternyata memiliki perbedaan antara definisi umum menurut masyarakat dan definisi khusus menurut tinjauan medis. Semoga bermanfaat.

Advertisements

One comment on “Pengertian Keputihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s