Tips Mencegah Keputihan

PASUTRI 150

22 Juni 2013

Tips Mencegah Keputihan

Daerah organ intim yang terasa gatal, cairan vagina tiba-tiba berubah warna, bahkan mengeluarkan aroma yang tak sedap, adalah beberapa gejala keputihan. Gangguan kesehatan yang satu ini kerap menyerang wanita tanpa memandang usia. Besar atau kecil, tua dan muda bisa mengalami keputihan. Keputihan bisa disebabkan oleh adanya infeksi karena jamur atau bakteri.

Bila tak ingin merasakan gangguan kesehatan gara-gara keputihan maka beberapa tips mencegah keputihan ini bisa diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Rajin mengganti pakaian dalam menjadi tips yang pertama. Dalam kondisi normal pun organ intim wanita akan memproduksi cairan. Cairan ini biasanya tidak berwarna dan berbau. Produksi cairan ini akan membuat daerah di sekitarnya menjadi lebih mudah lembap. Padahal kondisi lembap sangat disukai jamur penyebab keputihan untuk tinggal dan berkembangbiak. Pakaian dalam yang baik untuk kesehatan organ intim terbuat dari bahan katun. Bahan ini akan menyerap keringat hingga mampu mengurangi kelembapan di daerah itu. Rajin mengganti pembalut saat haid juga sangat penting untuk mencegah keputihan.

Tips mencegah keputihan lainnya adalah jangan terlalu sering menggunakan pembilas vagina. Karena larutan bilasan ini akan membasmi organisme-organisme penting di vagina. Hingga jamur penyebab keputihan bisa berkembang biak dengan leluasa.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta cukup beristirahat sangat disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila tubuh kuat, berbagai virus, bakteri dan jamur pun tidak mudah menginfeksi. Disarankan juga untuk mengurangi konsumsi gula agar jamur keputihan tidak gampang menyerang.

Pemakaian celana yang terlalu ketat juga bisa menjadi pemicu munculnya keputihan. Karena celana ketat membuat sirkulasi udara di sekitar organ intim terganggu. Akibatnya daerah itu menjadi lebih lembap.

Membasuh organ intim setelah buang air kecil juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Cara paling baik untuk membersihkannya adalah dengan membasuh dari arah depan ke belakang. Supaya berbagai organisme merugikan yang menghuni daerah anus tidak berpindah ke vagina.

Beberapa tips mencegah keputihan ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan organ intim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s