Tentang Buah Kiwi & Khasiat nya Bagi Tubuh Manusia


9 Agustus 2013

Tentang Buah Kiwi & Khasiat nya Bagi Tubuh Manusia

Kiwi
800px-Kiwi_(Actinidia_chinensis)_2_Luc_Viatour

Buah KIWI
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Actinidiaceae
Genus: Actinidia
Spesies: A. deliciosa
Nama binomial
Actinidia deliciosa
C.F.Liang.& A.R.Ferguson.

Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina.

cultivo_kiwi_4

POHON KIWI

Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.

800px-Kiwi_(Actinidia_chinensis)_2_Luc_Viatour

Khasiat

Dr. Marlyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum (Bahasa Indonesia: Forum Kesehatan dan Makanan), mengatakan bahwa kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang tinggi. Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya.

Manfaat dari kandungan antioksidan yang tingi, antara lain:

  • Anti Kanker
  • Anti Peradangan
  • Anti Alergen
  • Melawan Bakteri
    • Staphylococcus
    • E-coli
    • yang membuat manusia keracunan makanan.

Obat Hipertensi

Dalam pertemuan American Heart Association (Bahasa Indonesia: Asosiasi Jantung Amerika) di Orlando, Amerika Serikat, dipublikasikan hasil penelitian tentang khasiat buah kiwi yang dapat dengan efektif menurunkan hipertensi.

Penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo (Bahasa Inggris: Oslo University Hospital), Norwegia, menyebutkan konsumsi kiwi tiga kali dalam sehari cukup efektif menurunkan hipertensi.

Penelitian tersebut dilakukan selama 8 minggu terhadap 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang. Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel satu kali dalam sehari.

Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah sebelah atas) para partisipan lebih rendah 3,6 milimeter dibanding dengan partisipan yang mengonsumsi apel.

Walau kelompok pemakan kiwi memiliki tekanan darah lebih rendah, namun para peneliti belum mengetahui apakah penyebab utamanya. Hal ini baru bisa dikonfirmasi dengan penelitian yang lebih luas.

Kandungan Penting Buah Kiwi

Dalam buah kiwi terdapat ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sumber : Wikipedia

Khasiat buah kiwi juga dapat menurunkan hipertensi. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah sakit Oslo mengatakan mengkonsumsi buah kiwi tiga kali sehari cukup untuk efektif untuk menurunkan hipertensi.

Penelitian tersebut dilakukan selama 8 minggu terhadap 118 orang yang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi. Selain itu didalam buah kiwi juga terdapat ion potasium yang mampu untuk menurunkan darah tinggi. Selain dari itu buah kiwi juga kaya akan vitamin E dan sangat cocok untuk kecantikan yaitu merawat kulit terutama kulit wajah.

Khasiat Buah Kiwi untuk Masker Pembersih

  • Siapkan satu buah kiwi yang masih segar dan masak
  • Haluskan buah kiwi yang sudah kita siapkan tersebut dengan cara diblender ataupun diparut
  • Sapukan bubur buah kiwi yang sudah kita haluskan kewajah,
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit
  • Cuci dengan air bersih sampai bersih

Khasiat Buah Kiwi untuk Masker Menghilangkan Kulit Mati

  • Siapkan satu buah kiwi yang masih segar dan matang
  • Blender buah kiwi yang sudah kita siapkan tersebut
  • Campurkan dengan 5 buah strobery dan setengan mentimun yang telah dibersihkan (kulitnya)
  • Balurkan kebagian kulit yang akan kita bersihkan (ditempat kulit mati)
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit
  • Bersih, kemudian cuci dengan air hangat dan rasakan kesegarannya dan kulit kita bebas dari yang namanya kulit mati

Kiwi Turunkan Hipertensi

Kiwi Turunkan HipertensiMeski pada umumnya tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak bergejala, namun bukan berarti kondisi ini tidak berbahaya. Jika tidak dirawat, tekanan darah tinggi yang berlebihan bisa merusak banyak organ dan jaringan.

Salah satu upaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi variasi makanan dengan kombinasi berbagai gizi yang tepat. Hasil penelitian yang disampaikan dalam pertemuan American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat, disebutkan konsumsi kiwi tiga kali dalam sehari cukup efektif menurunkan hipertensi.

Penelitian dilakukan oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital, Norwegia, selama 8 minggu terhadap 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang.

Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel satu kali dalam sehari.

Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah sebelah atas) para partisipan lebih rendah 3,6 milimeter dibanding dengan partisipan yang mengonsumsi apel.

Walau kelompok pemakan kiwi memiliki tekanan darah lebih rendah, namun para peneliti belum mengetahui apakah penyebab utamanya. Hal ini baru bisa dikonfirmasi dengan penelitian yang lebih luas.

Sumber: Kompas 16 November 2011

Advertisements

One comment on “Tentang Buah Kiwi & Khasiat nya Bagi Tubuh Manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s