Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

10 Agustus 2013

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

64224_502240636503352_1196690105_nSeperti yang telah dijelaskan dalam artikel utama tentang manfaat buah kiwi, buah yang mempunyai tampilan sedikit aneh ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Fakta tentang manfaat buah kiwi untuk ibu hamil mungkin akan sedikit mengagetkan dan membuat anda takjub. Saat hamil, wanita membutuhkan lebih banyak asupan zat gizi. Hal ini untuk menjaga kesehatan sang ibu, sekaligus untuk menjamin pertumbuhan janin dalam kandungan dapat optimal dan sehat. Dan diantara beberapa jenis buah yang disarankan, buah kiwi adalah yang sangat disarankan oleh banyak ahli.

Kiwi Merupakan Sumber Asam Folat Terbaik

kiwi_cvrAsam folat (B9) adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Fungsi asam folat adalah untuk membantu pengembangan otak dan pengaturan sistem saraf pusat pada janin. Kekurangan asam folat selama kehamilan membuat resiko bayi lahir cacat menjadi meningkat. Kebutuhan akan asam folat ini sangat penting khususnya pada saat timester pertama. Karena pada saat inilah otak, tulang belakang, dan sistem saraf pusat pada janin mulai terbentuk.

Dan walaupun asam folat juga banyak terdapat dalam brokoli atau sayuran hijau lainnya, pemrosesan yang dilakukan dengan memasak dapat merusak kandungannya. Karena itu, mengkonsumsi buah kiwi merupakan salah satu cara terbaik. Asam folat yang terkandung dalam buah kiwi cukup tinggi. Selain sangat baik untuk pertumbuhan janin, asam folat juga membantu dalam memberikan energi bagi ibu hamil.

Kiwi Sumber Zat Besi dan Kalsium

Kiwi Turunkan HipertensiZat besi dan kalsium adalah dua mineral penting yang juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kecukupan akan zat besi akan mengatasi rasa kelelahan yang biasanya dialami oleh wanita hamil. Zat besi membuat produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi stabil. Sedangkan fungsi kalsium adalah untuk pembentukan tulang, otot, dan jantung pada janin. Jika asupan kalsium anda kurang, janin akan mengisap kalsium dari tulang anda, ini tentunya akan melemahkan tulang anda.

Diketahui buah kiwi dapat menyediakan sekitar 5% dari kebutuhan kalsium ibu hamil. Namun walaupun tidak terlalu tinggi, buah kiwi juga mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup signifikan. Magnesium dapat membantu dalam penyerapan kalsium yang anda dapatkan dari susu atau produk susu yang memang rendah akan kandungan magnesium.

Khasiat Lain Dari Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu HamilKandungan vitamin dalam buah kiwi bisa dikatakan sebagai yang tertinggi dibandingkan buah-buahan yang lain. Karena itu, menjadikan buah kiwi sebagai camilan adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. Konsumsi 2 buah kiwi setiap hari akan memberikan asupan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup signifikan bagi ibu hamil.

Article-Image-21Selain itu, kiwi ternyata juga mengandung banyak sekali enzim pencernaan yang sangat bermanfaat. Ini akan mengatasi masalah pada organ pencernaan dan membuat penyerapan nutrisi dari makanan menjadi lebih optimal. Serat yang terkandung dalam buah kiwi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah BAB yang sering dialami oleh ibu hamil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s