Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur


Proyek Jembatan Merah Putih di Ambon selama ini molor akhirnya bakal diselesaikan oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini sesuai dengan janji Presiden untuk dapat membangun infrastruktur di wilayah timur Indonesia. Jembatan ini mempunyai total panjang 1,1 km dan terpanjang di Indonesia Timur.

Jembatan Merah Putih Ambon

Pengerjaan Jembatan Merah Putih di Kota Ambon, Maluku, Jumat (25/6) masih terus berlanjut menunggu proses penyambungan bagian jembatan. Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Seremau dan Kecamatan Poka, Ambon. Kehadiran jembatan yang melintasi Teluk Ambon akan memperpendek Jarak tempuh menuju Kota.Kompas/Lucky Pransiska (UKI)25-06-2015

691442452207

Jembatan Merah Putih

Pengerjaan Jembatan Merah Putih di Kota Ambon, Maluku, Jumat (25/6) masih terus berlanjut menunggu proses penyambungan bagian jembatan. Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Seremau dan Kecamatan Poka, Ambon. Kehadiran jembatan yang melintasi Teluk Ambon akan memperpendek Jarak tempuh menuju Kota. Kompas/Lucky Pransiska (UKI) 25-06-2015

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Merah Purih, Candra Syah Parmance mengatakan, bahwa kendala utama yang menyebabkan proyek ini kembali tertunda penyelesaiannya lebih pada faktor teknis.

1436169jembatan-merah-putih780x390

“Saat ini pekerjaan adalah menyambungkan bentang tengah. Ini masuk tahap pekerjaan kompleks yang tidak boleh ada kesalahan sedikit pun. Sekali ada kesalahan dampaknya akan sangat fatal,” jelas Candra saat menerima kunjungan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Poka, Ambon, Maluku, Sabtu (24/10/2015).

photo7gk

Wa4vF6AqsG

photo11yi

Namun, Presiden Jokowi sudah memberikan arahan untuk dapat menyelesaikan jembatan ini dengan cepat. Jangan sampai ada lagi molor waktu lagi katanya, jadi proyek ini bakal dikebut.

photo3pv

Untuk itu, pekerjaan yang dilakuan sedikit mengalami perlambatan karena membutuhkan kehati-hatian yang ekstra tinggi agar tidak terjadi kesalahan.

“Saat ini kita sedang masuk pada tahap pemasangan baja struktur, baru nanti dilanjutkan dengan pemasangan cable stayed (kabel baja penahan jembatan), baru kita masuk tahap pengecoran lantai jembatan,” jelas dia.

Dengan seluruh tahapan ini, maka seluruh pekerjaan konstruksi diharapkan bisa selesai pada Januari 2016 mendatang. “Akhir Desember 2014 atau Januari 2015 selesai,” pungkas dia.

Jembatan ini sedianya ditargetkan selesai pada 25 Oktober 2015. Target ini sendiri telah mengalami beberapa kalu pemunduran lantaran ada kendala sosial dan administrasi yang yang harus diselesaikan.

Dalam kunjungan ini, Menteri Basuki turut didampingi oleh Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto W Husaini, Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wakil Ketua Komisi V Michael Watimena. Sumber: (tcp/detik)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s