Jenis-jenis Pisang di Indonesia


Seperti kebudayaan di indonesia yang banyak ragamnya, begitu juga dengan buah pisang. mungkin kita sering makan yang namanya buah pisang tapi tidak terlalu mengetahui atau peduli dengan nama pisang tersebut. Berikut adalah nama dan jenis-jenis buah pisang di Indonesia.

ubi-dan-pisang-di-pasar-toddopuli-m

PISANG AMBON KUNING

PISANG AMBON

Pisang ambon adalah salah satu jenis buah pisang yg dagingnya tebal, berwarna putih kekuning-kuningan, kulitnya kehijau-hijauan sampai kuning. siapa yang tidak mengenal pisang satu ini. Rasanya yang manis yang banyak digemari masyarakat. Buah ini berasal dari Indonesia, namun merupakan salah satu produk andalan di negeri Belanda. Saat ini pisang ambong sudah di budidayakan dengan cara modern dan beberapa varian yang bisa menjadi pilihan bagi anda.

Pisang ambon biasanya digunakan sebagai pencuci mulut atau diolah menjadi berbagai cemilan lainnya. Pisang ambon ada beberapa macam seperti pisang ambon kuning yang memiliki ukuran buah cenderung lebih besar dibanding pisang lainnya, kulitnya berwarna kuning sedangkan dagingnya jika sudah matang berwarna putih kemerahan; pisang ambon lumut, kulitnya berwarna hijau muda meskipun sudah ranum, warna dagingnya lebih putih dibandingkan pisang ambon kuning; dan pisang ambon putih,kulitnya berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih, rasanya agak asam namun memiliki wangi yang khas.

PISANG AMBON LUMUT

pisang ambon LUMUT.jpg

Pisang ini biasanya dimakan untuk memakan obat. Warnanya hijau. Jika, matang warnanya menjadi kuning, tapi tidak terlalu kuning, masih ada warna hijaunya. Aromanya lebih harum dari pisang lainya, rasanya pun cukup manis. Lebih enak bila dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu.

PISANG CAVENDISH

PISANG CAVENDISH

pisang Cavendish sangat populer dijadikan buah pencuci mulut sebab praktis dan nikmat. Pisang ini banyak dikembangkan melalui kultur jaringan ketimbang anakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Pisang Cavendish yang dikembangkan melalui kultur jaringan jauh lebih tahan terhadap penyakit seperi layu moko dan juga layu panama. Pohon pisang jenis Cavendish memiliki tinggi maksimal 3 meter.

Warna pohonnya hijau kehitaman. Sementara itu, daunnya memiliki warna hijau yang tua. Setiap berbuah, pohon pisang Cavendish menghasilkan tandan dengan panjang antara 60 sampai 100 cm. Setiap tandan biasanya dipenuhi 8 sampai 12 sisir. Dan tiap sisir terdapat kira-kira 12 sampai 23 buah. Cavendish ini memiliki karakter rasa yang unik sebab terdapat rasa asam yang tidak dominan dalam rasa manisnya. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan.

PISANG MAS

PISANG MAS

Pisang Mas memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Kulit buah pisang emas mampu menyerap racun-racun,residu kimia yang ada di buah pisang emas itu sendiri, oleh karena itu buahnya terjamin dari zat-zat kimia dan zat yang tidak berguna bagi tubuh. Semakin tua buahnya maka semakin kaya nutrisi.

PISANG RAJA

pisang raja (1)

 

Pisang Raja merupakan salah satu buah tropikal yang banyak sekali tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Buah yang satu ini cukup populer karena rasanya yang tergolong sangat manis bila dibandingkan dengan buah pisang lainnya. Tidak hanya rasa manisnya saja yang membuat pisang raja digemari, kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi membuat buah ini menjadi primadona. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam buah ini merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk mengurangi dampak radikal bebas dan mencegah kanker

Buah Pisang raja yang telah matang biasanya langsung dikonsumsi secara langsung, namun beberapa penikmat buah ini terkadang juga mengolahnya menjadi pisang rebus atau pisang goreng, sing di kolek ya ana. Tidak jarang pula buah pisang yang masih belum matang digunakan sebagai bahan pembuat keripik pisang, sale pisang.

PISANG RAJA SEREH

pisang raja sereh.png

Kulit dari pisang ini berwarna kuning. Jika pisang ini matang, maka akan mengeluarkan bintik-bintik hitam. Dagingnya yang lunak lumayan asam bila dimakan, dan warna dagingnya berwarna putih. Lebih enak bila dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.

PISANG SUSU

PISANG SUSU

Pisang susu banyak manfaatnya, seperti pisang” yg lain. Salah satunya sebagai penambah asam folat. Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang susu mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori.

Anda harus perhatikan berapa jumlah kalori perhari yg harus konsumsi. Jumlah kebutuhan kalori ibuhamil tiap bulan berbeda, sesuai dengan usia kehamilan. Selain itu pisang juga bisa untuk mengatasi rasa mual pada perut karena mabuk, milkshake pisang dicampur dengan madu. Manfaat pisang disini untuk menenangkan perut yang mual, dan madu untuk meningkatkan kadar gula darah.

PISANG KEPOK

PISANG KEPOK ATAU GAPOK

Bentuk buah pisang kepok agak gepeng dan bersegi. Karena bentuknya gepeng, ada yang menyebutnya pisang gepeng. Ukuran buahnya kecil, panjangnya 10-12 cm dan beratnya 80-120 g. Kulit buahnya sangat tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat.

Ada dua jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Secara kasat mata dari luar bentuk pisangnya hampir sama. Hanya nanti saat daging buahnya diiris, baru terlihat kalau kepok kuning berwarna kekuningan, sedangkan kepok putih lebih pucat. Rasa kepok kuning lebih manis, sedangkan yang kepok putih lebih asam. Itu kenapa orang enggan mengkonsumsi pisang kepok putih, dan menjadikannya makanan burung. Padahal nilai gizi yang terkandung sama saja dengan keluarganya yang kuning itu.

Berbeda dengan pisang ambon dan pisang raja yang sering dijadikan buah meja, maka pisang kepok kuning enak dikonsumsi setelah diolah. Daging buahnya manis. Bahkan buahnya yang masih mengkel, belum terlalu masak, sudah enak kalau dikukus.klo jawanya dirawun.

PISANG NANGKA

PISANG NANGKA

Kulit buah ini agak tebal. Buahnya berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 28 cm. Bentuk buah melengkung. Walaupun berukuran agak besar, pisang – yang berasal dari Malang, Jawa Timur, – ini hanya berbobot 150-180 g per buah. Daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.

PISANG TANDUK

pisang-tanduk

Keistimewaan pisang tanduk ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah. Berat per buah mencapai sekitar 300 g. Kulit buah tebal berwarna kuning kemerahan berbintik cokelat. Daging buah berwarna merah kekuningan, rasanya manis sedikit asam, dan aromanya kuat.

Menyehatkan saluran cerna Pisang mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

PISANG LEMAK MANIS (TEGAL KIDUL: GEDANG LIMPUNG)

PISANG LIMPUNG

Pisang Lemak Manis ialah sejenis pisang tempatan yang bersaiz kecil dan manis. Kulitnya tipis jadi usahakan kalo mau memakanya jangan yang terlalu mateng karna ngupasnya bikin gregetan. pisang jenis ini cukup manis kalo dihidangkan buat acara hajatan, sayangnya populasi sekarang sudah jarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s