10 Kota Paling Dingin di Indonesia

Wonderful INDONESIA

Kebanyakan kota di Indonesia yang beriklim tropis, entah besar atau pun kecil, dikenal dengan keadaan udaranya yang cenderung panas. Surabaya misalnya, pukul 09.00 pagi saja udara sudah terasa amat menyengat. Selain itu, banyaknya bangunan tinggi dan kendaraan juga menyumbang panasnya udara pada suatu kota. Namun ada beberapa kota yang dikenal sangat dingin, bahkan bikin kita bisa bergidik.

Kota-kota ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Beberapa kota telah kita kenal, namun lainnya mungkin terdengar asing. Berikut 10 kota-kota di Indonesia yang dikenal sangat dingin hingga kita butuh selimut tebal jika tinggal di sana.

1. MULIA, PUNCAK JAYA, PAPUA

Mulia adalah sebuah kota kecil salah satu dari  delapan distrik di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kota ini terletak pada ketinggian 2.448 meter dari permukaan laut. Sebuah kota pegunungan dengan udara yang super dingin. Mulia dikenal sebagai salah satu daerah konflik di Papua. Di kota ini sering terjadi bentrok hingga suara tembakan adalah hal yang biasa di sana.

Meski kota kecil di daerah pegunungan, Mulia memiliki satu bandara kecil. Hanya pesawat jenis Caravan yang bisa digunakan untuk mencapai darah ini. Pesawat Caravan biasanya hanya berisi 9 orang saja, penerbangan sekitar satu jam dari Jayapura dan harus melewati sela-sela gunung. Perlahan-lahan Mulia mulai terkena modernisasi, hal ini ditunjukkan dengan mulai banyaknya kantor-kantor pemerintahan, jalan-jalan aspal dan infrastruktur seperti PLTA meski masih minim. Tertarik pergi ke Mulia?

Mulia-Puncak-Jaya

Mulia-Puncak-Jaya 2

Bandara di Mulia

Susi Air

HONAI RUMAH ASLI PENDUDUK MULIA

tempat-terdingin

PANORAMA KOTA MULIA

2. WAGHETE,  DEIYAI, PAPUA

Saat tengah hari, suhu udara di Waghete adalah 15 derajat Celcius. Sedangkan malam hari bisa mencapai suhu hingga 10 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bagaimana suhu di kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Papua ini. Rata-rata udara di kota besar Indonesia mencapai 32-35 derajat Celcius saat siang. Di Waghete, kita benar-benar tidak akan merasakan panasnya udara seperti di sebagian besar lokasi di Pulau Jawa.

Tingkat pendidikan di kota kecil dengan ketinggian rata-rata 2.200 meter ini tergolong rendah. Hanya ada 3 jenjang sekolah dari TK, SD, hingga SMK. Semuanya dikelola oleh organisasi keagamaan. Sekolah negeri dari pemerintah belum menjangkau daerah yang dahulu juga sering terjadi konflik ini. Sungguh miris.

BANDAR UDARA WAGHETE

DEIYAI DANAU TIGI

Waghete-Masyarakat

WAGHETE

3. BERASTAGI, KARO SUMATERA UTARA

Berastagi adalah salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Karo. Kota dengan ketinggian 1.300 meter dari permukaan air laut ini memiliki udara yang sangat dingin. Berastagi diapit oleh gunung Sibayah dan Gunung Sinabung yang masih sering aktif dan menimbulkan kepanikan.

Berastagi memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat menarik. Salah satu di antaranya adalah air terjun Sikulikap. Jika anda ingin berwisata sejarah, desa-desa kuno seperti Desa Lingga dan Tongkoh bisa menjadi tempat yang pas. Selain itu, karena udaranya yang sangat dingin, Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan paling bagus di area Sumatra Utara.

AIT TERJUN SIKULIKAP BERASTAGI

BERASTAGI kawasan-wisata

Berastagi

kota berastagi

kota-berastagi 2

Tentoonstelling

volcano-brastagi

Taman-Alam-Lumbini,-objek-wisata-Berastagi-di-Tanah-Karo

BERASTAGI-PAGODA EMAS LUMBINI

gunung-sinabung-meletus-wisata-berastagi-menurun-drastis

4. MAMASA, SULAWESI BARAT

Mamasa adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat. Mamasa terletak di daerah pegunungan dengan puncak tertinggi mencapai 1.900 meter dan rata-rata ketinggian tanah di Mamasa mencapai 1.200 meter dari permukaan air laut. Kabupaten yang terletak 6 jam perjalanan dari Makassar ini merupakan sentra kawasan pengembangan ekonomi terpadu Provinsi Sumatra Barat.

Hasil utama dari Mamasa adalah berupa Kopi dan Kakao yang sangat baik di tanam pada daerah pegunungan. Selain itu di bidang peternakan, Mamasa dikenal sebagai salah satu penghasil sapi, kerbau, kuda, dan kambing terbaik di Sulawesi. Untuk meningkatkan ekonomi warga setempat, pemerintah Mamasa juga membangun beberapa objek wisata alam berupa Agrowisata dan perkampungan tradisional untuk edukasi.

Mamasa

5. RUTENG, MANGGARAI, NUSA TENGGARA TIMUR

Ingin merasakan desa dengan suasana bangunan seperti yang terlihat di Kota Praha? Tidak perlu jauh-jauh, cukup datang di Ruteng. Kota kecil yang terletak di Kabupaten Manggarai ini dikenal sebagai kota paling indah dengan desain bangunan kebanyakan bergaya Eropa. Selain itu, suasana yang dingin karena berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut membuat Ruteng semakin layak untuk dikunjungi.

Ruteng menyimpan pemandangan yang indah. Areal persawahan masih lebar dan menghijau. Itu pun didukung dengan penampakan gunung berkabut yang terlihat dari jauh. Selain pemandangan yang indah, di Ruteng juga terdapat sebuah gua yang dulunya ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, nama gua ini adalah Gua Liang Bua.

Bosan dengan wisata alam yang disuguhkan di Ruteng? Kita bisa mengunjungi satu-satunya desa adat di wilayah itu. Namanya Desa Adat Compang Ruteng. Desa ini hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota. Di sana kita bisa menemukan rumah tradisional seperti Honai di Papua, namun sedikit lebih besar dan modern. Orang-orang di Ruteng sangat ramah meski kesan pertamanya menakutkan. Seperti kata ungkapan, “Sekali orang Flores menebarkan senyumnya, hilanglah wajah menyeramkan mereka!”

Ruteng-Kota-Indah

Ruteng-Pemandangan

6. GAYO, LUES, ACEH

Gayo Lues adalah nama salah satu kabupaten paling terisolasi di daerah Aceh. Meski demikian, daerah yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1.000 meter dari permukaan air laut ini memiliki banyak sekali potensi daerah. Salah satu yang terkenal hingga seluruh dunia adalah kopinya. Kopi Gayo telah dikenal sebagai salah satu bji kopi paling nikmat yang ada di Indonesia. Tak heran jika harganya sangat mahal.

Selain itu, potensi lain yang dimiliki oleh Gayo Lues adalah wisata alam. Banyak sekali pintu-pintu pendakian ke Gunung Leuser dari daerah Gayo Lues. Pemandian air panas juga ada di daerah Kecamatan Puteri Betung. Selain itu Gayo Lues juga penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh karena keadaan udaranya yang dingin sangat pas untuk menanam produk holtikultura.

galus

GAYO LUES 2

GAYO LUES

Gayo-Lues

gayo-lues-kota-blang-kejeren-@joe

Gayo-Kopi-Gayo

7. BATURADEN, PURWOKERTO, JAWA TENGAH

Barurraden adalah nama salah satu kota di Kabupaten Purwokerto. Baturraden terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 980 meter dari permukaan air laut. Kota kecil ini berada di sebelah selatan dari Gunung Slamet yang membuatnya memiliki udara sangat sejuk saat siang dan dingin saat malam hari.

Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Beberapa di antaranya adalah Air terjun dengan nama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit jika kita mandi dengan airnya. Selain itu di Baturraden juga terdapat bumi perkemahan yang pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional. Untuk memperlengkap keindahan Baturraden, hadirlah Kaloka Widya Mandala. Sebuah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak sekali satwa dari penjuru dunia.

MINOLTA DIGITAL CAMERA

Baturaden Terbaru Tempat Wisata Di Purwokerto

BATURADEN

objek-wisata-baturraden-banyumas-jawa-tengah-14

Baturraden_overview_from_ridge,_Purwokerto,_2015-03-23-1

8. CIWIDEY, BANDUNG, JAWA BARAT

Ciwidey terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kota kecil dengan ketinggian mencapai 1.200 meter dari permukaan air laut ini menyimpan pesona alam yang tiada tara. Salah satu yang paling dikenal adalah adanya Kawah Putih. Tempat menakjubkan ini berada sekitar 44 kilometer dari pusat Bandung. Menurut masyarakat setempat, Kawah Putih ini adalah tempat berkumpulnya para  roh leluhur mereka.

Selain Kawah Putih, Ciwidey memiliki pesona lain. Di antaranya adalah perkebunan Rancabali. Di tempat ini kita bisa merasakan sensasi hawa dingin dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat luas menghijau. Tak puas jika pergi ke daerah pegunungan tanpa pergi ke pemandian air panas. Di Ciwidey terdapat pemandian air panas Cimanggu dan Walini. Tertarik mengisi liburan ke Ciwidey?

Ciwidey-Kawah-Putih

ciwidey_by_riokafns-d54ivz4

tempat wisata kawah putih

situ-patengan-ciwidey-bandung

ciwidey-5-x1-1920x675

Wisata-Ciwidey-Bandung

ciwidey-7

ciwidey-tea-walk

Villa-Kayu-Adrin-Penginapan-Ciwidey-Bandung-1

9. LEMBANG, BANDUNG, JAWA BARAT

Mendengar kata Lembang, pasti kita akan terbanyang sebuah observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Benar hal ini tidak salah, namun kota kecil yang sangat dingin ini menyimpan banyak sekali potensi wisata lain. Terutama yang berhubungan dengan alam. Di dukung dengan lokasinya yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang adalah tempat yang pas untuk berlibur dari dunia panas kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Wisata alam yang terkenal di Lembang antara lain Gunung Tangkuban Perahu. Namun tempat ini sudah terlalu populer. Jika ingin sesuatu yang baru bisa mencoba ke Maribaya, sebuah air terjun yang masih sangat alami. Jika ingin menenangkan diri dengan suasana pedesaan yang sangat tradisional, bisa mencoba wisata desa alam yang banyak disuguhkan di Lembang. Tidak bingung memilih, kan?

Ada 10 Tempat Wisata di Lembang Bandung yang wajibh dikunjungi

  1. Gunung Tangkuban Perahu
  2. De Ranch
  3. Maribaya
  4. Observatorium Bosscha
  5. Sapu Lidi
  6. Air Panas Ciater
  7. Kampung Daun
  8. Floating Market
  9. Kampung Gajah
  10. Jendela Alam

Gunung-Tangkuban-Perahu.jpg

Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata di Lembang yang terpopuler. Hampir semua orang yang pergi ke Lembang bertujuan untuk mengunjungi gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik ini. Tempat wisata ini berlokasi sekitar 20 KM di utara Bandung. Dengan tinggi lebih dari 2,000 meter di atas permukaan laut, Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat yang dingin, jadi jangan lupa membawa jaket Anda!

De-Ranch

De Ranch adalah tempat wisata keluarga yang berlokasi di Lembang. Hal unik yang ada di tempat wisata ini adalah suasananya yang bernuansa ala koboi. Di De Ranch Lembang anda dapat bermain berbagai jenis permainan menyenangkan bersama anak, dan juga dapat menunggang kuda, baik di dalam lahan De Ranch, maupun di luar. Tempat ini juga sering dijadikan tempat acara kegiatan perusahaan karena lahannya yang luas.

Maribaya 800

Berlokasi sekitar 22 KM dari Bandung, Maribaya adalah sebuah tempat wisata di Lembang yang mempunyai sumber mata air panas, air terjun, dan taman. Tempat ini terkenal dengan wisata alam dan wisata air panas belerangnya, jadi jangan heran kalau tempat ini dipadati oleh pengunjung pada akhir pekan. Kegiatan favorit di Maribaya adalah berendam air panas, dan trekking.

Observatorium-Bosscha 800

Observatorium Bosscha adalah tempat yang menarik karena jarang ada di Indonesia. Tempat ini adalah sebuah tempat pengamatan bintang satu-satunya di Lembang. Observatorium Bosscha sering mendapat kunjungan kunjungan oleh sekolah dan universitas karena mengandung unsur pendidikan yang lumayan berguna. Apabila Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Anda tidak bisa langsung datang begitu saja, melainkan harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa tidak setiap hari Anda dapat melihat bintang melalui teropong Observatorium Bosscha.

Sapu-Lidi-Lembang 800

Pernah dengar yang namanya Sapu Lidi? Bukan alat kebersihan, tapi sebuah tempat unik di Lembang. Dengan suasana pedesaan asrinya, Sapu Lidi berhasil menarik banyak pengunjung. Apa saja yang dapat dilakukan di Sapu Lidi? Di sini Anda dapat menikmati suasana tenang ala pedesaan yang dikelilingi sawah, Anda juga dapat bermain menaiki perahu tradisional di danau yang ada di sini. Wisata kuliner di restoran ini juga tidak kalah menarik karena Anda dapat menyantap makanan enak sambil menikmati suasana yang jauh berbeda dengan suasana kota. Bila ingin menginap, Sapu Lidi juga mempunyai fasilitas penginapan, harganya lumayan mahal!

Air-Panas-Ciater

Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Subang yang banyak dikunjungi wisatawan yang pergi berwisata ke Lembang dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, yang ditawarkan adalah air panas. Namun, air panas ini bukan air panas biasa, melainkan air panas alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Air Panas Ciater banyak diminati untuk kegiatan berendam karena mengandung berbagai jenis mineral alami yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu banyak juga yang berkata bahwa Air Panas Ciater dapat membuat Anda lebih cantik dan tampan. Tempat wisata di Subang yang satu ini sangatlah padat dengan pengunjung pada akhir pekan karena dekat dengan Lembang dan Bandung.

Kampung-Daun

Anda gemar wisata kuliner? Kalau iya, jangan lupa menyempatkan diri ke Kampung Daun. Tempat ini mempunyai suasana pedesaan khas Sunda yang dilengkapi dengan air terjun. Memasuki malam hari, suasana Kampung Daun menjadi romantis, sangat cocok untuk pasangan muda. Menu makanan yang ada di Kampung Daun mencakup makanan Indonesia, sampai dengan makanan khas barat.

Floating-Market-Lembang

Floating Market adalah tempat wisata unik lain yang ada di Lembang. Seperti di Kalimantan, di Floating Market anda akan menemukan pasar di mana penjualnya berada di atas sebuah perahu yang terapung di atas air. Namun, karena Floating Market Lembang adalah tempat wisata, yang dijual bukanlah barang-barang pasar pada umumnya, melainkan makanan lezat khas Bandung, sangat cocok untuk para pecinta wisata kuliner!

Kampung-Gajah

Terletak di utara Bandung, Kampung Gajah menawarkan sebuah tempat wisata terpadu yang unik. Walaupun namanya adalah Kampung Gajah, di sini Anda tidak akan menemukan banyak gajah. Dengan luas lebih dari 60 hektar, Kampung Gajah mempunyai lahan yang luas untuk menampung lebih dari 30 wahana permainan yang cocok untuk orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, Kampung Gajah juga mempunyai fasilitas water boom dan restoran.

Jendela-Alam

Jendela Alam adalah alternatif wisata keluarga di Lembang. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Jendela Alam adalah tempat wisata dengan udara sejuk yang sangat cocok untuk mengenalkan anak Anda dengan binatang dan tumbuhan. Anak-anak dapat belajar bagaimana cara merawat hewan, cara beternak, berinteraksi dengan hewan, mempelajari cara berkebun, memetik buah dan sayur, hingga bermain air dan berpetualang. Sangat lengkap! Jendela Alam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore (Senin sampai Jumat), dan jam 8 pagi sampai dengan 4.30 sore (akhir pekan dan hari libur).

10. BATU, JAWA TIMUR

Destinasi paling terkenal di Jawa timur adalah Kota Batu. Kota kecil yang dulunya masih tergabung dengan  Malang ini menyatakan dirinya sebagai kota Wisata. Tak berlebihan sebenarnya, di Kota Batu terdapat banyak sekali objek wisata alam seperti pemandian air panas di Cangar, air terjun seperti cuban rondo dan cuban sewu. Selain itu wisata olahraga seperti paralayang dan outbond.

Kota yang memiliki ketinggian mencapai 1.200 meter ini juga memiliki wisata edukasi dan wisata agrowisata yang sangat luas. Jika kurang, masih terdapat wisata lebih modern dengan wahana permainan yang banyak. Dan jika ingin sesuatu yang lebih unik, museum angkut dan Batu Secret Zoo bisa jadi pilihan selanjutnya. Satu hari ke kota dingin ini tidak akan membuat anda puas karena banyaknya pilihan tempat wisata.

Batu-Aloon-Aloon-Batu

Sepuluh kota di atas adalah adalah sebagian kota dingin dengan pesona yang memikat. Masih banyak kota lain yang barangkali lebih menakjubkan. Kita tak perlu ke luar negeri, karena Indonesia memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan tidak akan ditemukan di negara lain. Mari berwisata!

Original Post: 8 June 2015 By Adi N. BoomBastis
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s