Menelusuri Perut Bumi di 8 Goa Terindah di Indonesia


Klikers, Anda sudah pernah menonton film Sanctum (Universal Pictures, 2011)? Film itu berkisah tentang para penelusur goa. Dalam film tersebut, Anda bisa menyaksikan bagaimana perut bumi kita ini menyimpan sejuta keindahan. Penelusuran atau penjelajah goa (caving) juga dapat menjadi salah satu wisata olahraga yang mengasyikkan. Nah, untuk Klikers yang tertarik untuk melakukan penjelajahan goa, berikut 8 goa terindah di Indonesia yang bisa Klikers telusuri:

1. Goa Gong

goa-gong

Bukan hanya menjadi salah satu goa terindah di Indonesia, Goa Gong pun menjadi goa terindah di Asia Tenggara. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung,Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo, atau 30 km arah barat daya kota Pacitan. Goa Gong memiliki kedalaman sepanjang 256 meter. Goa ini tercipta dari hasil aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang berlangsung ribuan tahun. Goa Gong ini dipenuhi stalaktit dan stalakmit yang sudah berumur ratusan tahun. Goa ini dinamakan Goa Gong karena masyarakat setempat sering mendengar suara serupa gong yang ditabuh dari dalam goa. Goa Gong ini sudah dilengkapi dengan cahaya lampu temaram di sepanjang jalan masuknya.

2. Goa Tabuhan

goa-tabuhan

Tak jauh dari Goa Gong, masih di kota Pacitan, ada satu goa lagi yang tak kalah indahnya yaitu Goa Tabuhan. Goa Tabuhan terletak di Bukit Kapur Tapan, di Desa Wareng, kecamatan Punung, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Saat berjalan masuk ke Goa Tabuhan, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan stalaktit dan stalagmit berusia ratusan tahun menempel di kubah gua yang luas. Uniknya, stalaktit dan stalagmit ini bila dipukul akan menghasilkan bunyi merdu. Karena itulah, kerap diadakan pentas musik jawa tradisional dengan kendang, stalaktit, dan stalagmit sebagai instrumen musiknya.

3. Goa Petruk

goa-petruk-air-terjun

Kenal Petruk? Petruk adalah salah satu tokoh Punakawan dalam kisah pewayangan yang memiliki hidung panjang. Goa Petruk terletak di Dukuh Mondoyono, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Untuk mencapai Goa Petruk, terlebih dahulu Anda harus mendaki sekitar 250 anak tangga. Stalaktit dan stalagmit di Goa Petruk ini memiliki berbagai bentuk yang diberi nama. Ada stalaktit yang bentuknya mirip hidung Petruk. Itulah sebabnya goa ini dinamakan Goa Petruk. Ada juga Batu Tirai Pintu, Batu Jamur yang memang bentuknya seperti jamur, Batu Mangun Serono, Batu Buaya, Batu Lalon (mayat), Batu Prangko, bahkan ada batu Payudara. Goa Petruk ini memiliki tiga lantai goa, dengan sejumlah sungai, sendang, dan air terjun. Air terjun di Goa Petruk ini sangat indah. Tak heran bila Goa Petruk menjadi salah satu goa terindah di Indonesia.

4. Goa Pindul

goa-pindul-gunung-kidul

Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter, jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter, dan kedalaman air sekitar 5-12 meter. Goa Pindul ini memiliki tiga zona, yaitu: zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di tengah-tengah goa, Anda dapat melihat sebuah ruangan agak besar dengan lubang besar di atasnya. Warga setempat menamainya “sumur terbalik”. Cahaya matahari yang menyorot masuk dari lubang ini membuat suasana menjadi sangat indah. Anda juga dapat melihat stalaktit terbesar ke-4 di dunia di dalam Goa Pindul ini. Anda dapat menyusuri Goa Pindul dengan cave tubing. Cave tubing ini aman untuk dilakukan, bahkan untuk anak-anak. Penelusuran Goa Pindul memakan waktu sekitar satu jam dan berakhir di sebuah dam.

5. Goa Jatijajar

goa-jatijajar

Goa terindah di Indonesia yang berikutnya adalah Goa Jatijajar. Goa Jatijajar merupakan goa alam yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa Jatijajar yang terbentuk dari batu kapur ini ditemukan oleh Jayamenawi, seorang petani pada tahun 1802. Suatu kali saat sedang bertani, Jayamenawi jatuh ke dalam lobang yang ternyata merupakan lobang ventilasi yang ada di langit-langit goa. Goa Jatijajar ini juga sangat lekat dengan kisah Raden Kamandaka dalam legenda Lutung Kasarung. Konon, Goa Jatijajar ini menjadi tempat Raden Kamandaka bersemedi. Kita dalam melihat diorama Lutung Kasarung di dalam Goa Jatijajar. Selain itu, di dalam goa juga terdapat sungai bawah tanah. Ada dua sendang, yaitu Sendang Kantil dan Sendang Mawar. Warga setempat mempercayai bahwa membasuh wajah dengan air sendang tersebut dapat membuat awet muda.

6. Goa Istana Maharani

goa-istana-maharani1

Goa Istana Maharani atau Goa Maharani terletak di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur. Goa yang ditemukan pada tahun 1992 ini dinamakan Goa Istana Maharani karena memiliki keindahan seperti istana. Goa ini juga dinobatkan menjadi salah satu goa terindah di Indonesia berkat kecantikan stalaktit dan stalagmitnya yang sudah berumur ratusan tahun. Ada yang berbentuk seperti bunga mekar, binatang, dan bentuk singgasana. Stalaktit dan stalagmit di Goa Istana Maharani ini masih tumbuh hingga kini, lho! Kira-kira 1cm setiap 10 tahun. Adapun para ahli menyatakan bahwa Goa Istana Maharani ini sudah terbentuk jutaan tahun yang lalu. Untuk menambah keindahan goa, pihak pengelola memasang lampu berwarna-warni untuk menyinari stalaktit dan stalagmit. Tidak jauh dari Goa Istana Maharani terdapat obyek wisata Wisata Bahari Lamongan.

7. Goa Jomblang

goa-jomblang

Goa Jomblang berada di Desa Jetis, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk dari hasil proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini disebut sinkhole atau luweng dalam bahasa jawa. Goa Jomblang memiliki luas mulut gua sekitar 50 meter dengan lorong sepanjang 300 meter. Untuk memasuki Goa Jomblang, diperlukan teknik tali tunggal (single rope technique). Anda harus menggunakan peralatan khusus standar caving goa vertikal dan harus didampingi penelusur goa yang sudah berpengalaman. Di dasar goa, Anda akan dibuat terkagum dengan keindahan hutan purba dan keindahan cahaya matahari yang menyorot masuk ke dalam goa. Begitu indahnya sehingga sorot cahaya matahari tersebut dijuluki “Cahaya Surga” oleh para caver.

8. Goa Barat

goa-barat-superman-big-sister-1024x678

Jatijajar ternyata menyimpan dua goa terindah di Indonesia. Goa Barat terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, di sebelah timur Goa Jatijajar. Nama Goa Barat berasal dari bahasa jawa yang berarti goa angin. Dari dalam goa selalu berhembus ke luar mulut goa. Angin kencang ini dalam bahasa jawa disebut angin barat. Di dalam Goa Barat ini terdapat banyak sekali air terjun sehingga kerap dijuluki goa dengan 100 air terjun. Salah satu air terjunnya memiliki ketinggian hingga 32 meter. Begitu tinggi dan derasnya sehingga para caver menjuluki air terjun tersebut Superman’s big sister. Goa Barat juga dikenal dengan keindahan stalaktit dan stalagmitnya yang berwujud unik. Ada batu jenggot, batu tirai, batu kuncup, batu kristal, dan lainnya. Di dalam Goa Barat Anda juga dapat menjumpai sawahan, yaitu tanah yang berbentuk secara alamiah menjadi petak-petak sawah. Untuk menelusuri Goa Barat, Anda harus menggunakan peralatan caving yang memadai dan ditemani pemandu.

Waw, asyik sekali kan Klikers? Apalagi bagi Anda pecinta adrenaline, aktivitas caving ini tentu sangat menantang bagi Anda. Saat mengagumi 8 goa terindah di Indonesia ini, niscaya Anda pun akan semakin terkagum dengan kedahsyatan Tuhan kita. Beberapa hal yang perlu diingat saat akan melakukan aktivitas caving yaitu pertama, kondisi fisik Anda harus dalam keadaan sehat. Kedua, ikuti arahan pemandu dan utamakan keselamatan selalu. Selamat susur goa, Klikers!

BY MARCHAELA · 01 JUN 2015
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s