Rumah Sakit Apung, Melayani Pasien Di Atas Perahu

Dokter Legendaris

Salah satu program yang digalakkan oleh doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) adalah pelayanan medis Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan.

Rumah sakit ini berkonsep menjemput pasien dengan cara berlayar menggunakan perahu.

Rumah sakit yang berdiri sejak 26 Maret 2009 ini melakukan pelayanan medis di Pulau Kei Maluku Tenggara yang dilaksanakan di dua titik, Kei Kecil dan Kei Besar pada 25-30 September 2013 . DoctorSHARE kali ini mengusung tema Merajut Mimpi Indonesia Timur dalam Kasih dan Kebersamaan.

rumah-sakit-apung

Dalam program tersebut, doctorSHARE menurunkan dokter spesialis bedah, 10 dokter umum, seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran, seorang penata anestesi, dan 4 sukarelawan nonmedis. Jenis pelayanan medis meliputi bedah mayor dan bedah minor yang dilakukan di RSA dr. Lie Dharmawan, pengobatan umum, dan penyuluhan kesehatan.

DoctorSHARE telah menangani 13 pasien bedah (mayor dan minor) serta 277 pasien pengobatan umum di Pulau Kei Kecil pada 25-26 September dan 30 September 2013. Pengobatan umum dilaksanakan di SD Nasional Katolik, Kelanit dengan jenis penyakit terbanyak yaitu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), gangguan saluran cerna, hipertensi (darah tinggi), myalgia (nyeri otot), dan dermatitis (penyakit kulit).

rsa_dr-_lie_dharmawan

Sedangkan di Pulau Kei Besar, terdapat 38 pasien bedah (mayor dan minor) dan 112 pasien pengobatan umum. Pengobatan umum di Kei Besar berlokasi di Pelabuhan Kei Besar pada 27-28 September 2013. Jenis penyakit terbanyak meliputi ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), penyakit kulit (limpetigo, tinea, dan dermatitis), gastritis (lambung), dan hipertensi (darah tinggi).

Pelayanan bedah yang mencapai 51 pasien di Pulau Kei Besar dan Kei Kecil merupakan rekor terbesar sejak pelayanan medis RSA dr. Lie Dharmawan pada 6 Maret 2013 silam.

Jenis bedah mayor yang dilakukan adalah hernia varicocele, appendisitis kronis eksaserbasi akut, fistel mamme, dan kompartemen sindrom. Adapun jenis bedah minor yaitu lipoma, kista aterom, skin tag, ganglion, kista dermatoid, papiloma, fibroma, dan basalioma.

“Pelayanan medis di Pulau Kei sukses menjangkau antusiasme masyarakat. Banyaknya kasus yang kami tangani menunjukkan bahwa usaha doctorSHARE membantu pemerintah benar-benar mengenai sasaran,” ujar pendiri doctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan, Ph.d, FICS, Sp.B, Sp.BTKV pada press release yang diterima Bisnis hari ini (4/10/2013)

Sebelumnya, doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan-nya telah melakukan pelayanan medis ke berbagai penjuru Indonesia yaitu Pulau Panggang (Kepulauan Seribu) pada 16–17 Maret 2013, Belitung Timur pada 2–4 April 2013, Ketapang (Kalimantan Barat) pada 12–14 April 2013, Pontianak (Kalimantan Barat) pada 11-13 Juni 2013, Bangka Tengah pada 17–19 Juni 2013, Bali pada 3–7 September 2013, dan Nusa Tenggara Timur pada 9–15 September 2013.

dr-lie-a-dermawan

KM RSA dr. Lie Dharmawan berukuran panjang 25,13 meter dan lebar 6,82 meter. RSA yang diresmikan pada 6 Juni 2013 ini memiliki fasilitas rumah sakit seperti kamar bedah, kamar EKG, USG & rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang resusitasi, kamar dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s