Penemu Laptop John Ellenby Meninggal Dunia di Usia 75 Tahun

John Ellenby, insinyur komputer yang memegang peranan penting dalam kehadiran komputer laptop, meninggal dunia di San Fransisco pada usia 75 tahun. Kematiannya telah dikonfirmasikan oleh putranya, meski enggan mengungkap penyebabnya.

NFzlCDJYw1

Salah satu kreasi John Ellenby, Komputer Lipat PPertama

john ellenbyEllenby merupakan salah satu pionir pada masa awal perkembangan laptop di awal tahun 1980an, setelah mendirikan Grid System, perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat, seperti yang dilaporkan oleh New York Times.

Di Grid System, Ellenby menjabat sebagai kepala eksekutif, membawahi tim insinyur dan desain, termasuk desainer industrial kelahiran Inggris bernama William Moggridge. Tim yang dipimpinnya berhasil memproduksi komputer lipat dengan layar berpanel datar electroluminescent, yang diperkenalkan sebagai Compass.

Perangkat ini dipasarkan pada tahun 1982, dan kemudian dikenal luas oleh masyarakat sebagai komputer berdesain lipat pertama yang sukses di pasar, seperti yang diungkapkan oleh Marc Webber, sejarawan dari Computer History Museum di Mountain View.

Compass juga menjadi perangkat penting bagi perusahaan besar, mata-mata pemerintah, White House, dan pejabat di Pentagon. Selain itu, perangkat ini juga digunakan oleh astronout yang bertahan dari ledakan di angkasa pada pesawat luar angkasa Challenger, insiden yang menelan tujuh korban jiwa.

John Ellenby lahir di Corbridge, Inggris utara, pada 9 Januari 1941, dan mengenyam pendidikan ekonomi dan geografi di University College London. Ellenby bersekolah di London School of Economics selama satu tahun di awal 1960an, tempatnya memperdalam ilmu komputer, sebelum bekerja di produsen kompter Inggris, Ferranti, dan mengajar sebagai dosen ilmu komputer di University of Edinburgh di Skotlandia.

Ellenby kemudian berpindah ke California Utara pada awal tahun 1970an untuk bekerja ke Xerox Corporation, pada divisi Palo Alto Research Center. Ellenby juga merupakan perancang komputer desktop bernama Alto, yang kemudian menjadi inspirasi untuk Apple Lisa dan Machintosh, serta Microsoft Windows. (MMI)

News Posted by Lufthi Anggraeni MetroTVNews• 30 Agustus 2016 16:51 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s