12 Tempat Bekas Penambangan di Indonesia

12 Tempat Bekas Penambangan di Indonesia yang Menjadi Destinasi Wisata. by Hilal Guswati.kesiniaja.

tebing-breksi-kesiniaja-768x432

Meningkatnya kegiatan eksploitasi alam akibat ulah tangan manusia meninggalkan banyak bekas yang terlihat jelas melukai alam dan merusak ekosistem. Namun seriring dengan berjalannya waktu, luka yang dihasilkan dari eksploitasi alam itu menjadi tempat wisata unik yang mengundang banyak wisatawan. Keindahan dari sisi lain tersebut membuat beberapa tempat di Indonesia menjadi incaran para wisatawan. Efek dari penambangan tersebut membuat tempat ini begitu unik dan ‘instagenic’ untuk diabadikan. Berikut adalah 12 bekas area tambang yang telah berganti wajah menjadi destinasi wisata.

1. Inilah kembaran Grand Canyon yang ada di Semarang

brown-canyon-768x576

Grand Canyon yang megah di Amerika memang sebuah pahatan alam super memukau tentu membuat siapa saja ingin melihatnya lebih dekat. Namun, bukan tak mungkin kalian bisa menjajal foto berlatar belakang Grand Canyon di Indonesia.

Brown Canyon, merupakan tempat yang menjadi lokasi penambangan aktif ini bukanlah tempat wisata atau bentukan alam, melainkan kegiatan penambanganlah yang menjadikan spot unik yang berada di perbatasan Semarang-Demak ini menjadi terbentuk bak Grand Canyon. Para anak muda banyak yang mengunjungi Brown Canyon yang tepatnya berada di Rowosari, Tembang, Semarang ini. Bukan hanya menarik untuk dipandang, akan tetapi lokasi inipun sangat instagenic dan cocok untuk mereka yang hobi berfoto.

2. Kolam renang alam yang unik dilahirkan oleh aktivitas penambangan batu kapur di Bukit Jaddih, Bangkalan Madura.

bukit-jaddah-bangkalan-madura-768x564

Tak disangka-sangka, ada mata air di bawah lokasi penggalian batu kapur di Bukit Jaddih, Socah, Bangkalan Madura. Hal ini menyebabkan kubangan bekas galian tersebut kini terisi air dan dijadikan kolam renang alam seluas 10×6 meter di tengah penambangan kapur. Selain dibukanya wisata kolam renang untuk umum, di sini juga terdapat spot berfoto yang unik dengan berlatarkan pemandangan Bukit Jaddih.

3. Uniknya berfoto ala dunia Mario Bross di Bukit Jamur, Gresik.

343ee460e85db4b9865365815206880f-768x484

Berada di dunia Mario Bross dengan deretan jamurnya? Pasti seru, ya! Tapi jamur yang ini super raksasa, loh! Temukan keindahan uniknya di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur. Lokasi yang sering digunakan untuk pre-wedding ini memang terbentuk dari galian tambang yang dulu beroperasi di tahun 1992. Dengan ditutupnya kegiatan penambangan di tahun 2008 ini menjadikan Bukit Jamur sebagai lokasi berwisata yang dibuka untuk umum sejak tahun 2010. Bentuk jamur yang terbentuk karena kerukan vertikal ini memiliki tinggi 2 meter, sampai ada yang 7 meter!

4. Rasakan sensasi menjadi seorang penambang batubara di Lubang Tambang Mbah Suro, Sawahlunto, Sumatera Barat

terowongan-mbah-suro-sawahlunto

Berwisata ke perut bumi? Rasanya mungkin sedikit menyeramkan. Namun, bisa jadi ini merupakan pengalaman menarik untuk dijelajahi. Terdapat terowongan sepanjang 185 meter di Sawahunto, Sumatera Barat yang akan membuat kalian menjadi seorang penambang batubara ataupun kalian bisa mendapatkan ide foto menarik di sana. Tertarik untuk menelusurinya?

5. Keindahan Bukit dan Danau Kaolin yang merupakan ‘hadiah’ dari eksploitasi Kaolin di Belitung.

danau-kaolin-kesiniaja-810x608

Keindahan negeri Laskar Pelangi ternyata tidak hanya terletak pada pantainya. Danau nan elok dengan air berwarna biru toska ini merupakan bekas tambang Kaolin di Perawas, Tanjungpandan, Belitung. Danau Kaolin menampakkan sebuah keindahannya untuk menutupi ‘luka’ akibat eksploitasi. Para wisatawan banyak yang berkunjung ke danau ini untuk berburu foto, terutama pada momen matahari terbit dan tenggelam.

6. Tebing Breksi, spot foto yanginstagenic anak kekinian di Jogja.

tebing-breksi-kesiniaja-768x432

Tebing indah yang berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta ini ternyata merupakan bentukan dari lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dengan melewati proses jutaan tahun lamanya. Lokasi yang dulunya merupakan area penambangan itu kini sudah disulap menjadi spot nongkrong anak muda Jogja dan menjadi Geoheritage Candi Ijo yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Selain dijadikan tempat wisata, Tebing Breksi pun biasa dipilih para pemburu sunset sebagai spot menikmati senja. Tak heran, karena dari atas tebing kita bisa menyaksikan suguhan Candi Prambanan, Candi Sowijan dan Candi Barong dengan latar Gunung Merapi. Asyik ya?!

7. Cantiknya warna toska Danau Blingoh yang ternyata bekas penambangan kapur

danau-blingoh

Jepara memang sangat terkenal dengan Karimun Jawanya, namun ada satu spot wisata lain yang juga bisa kalian kunjungi. Danau berwarna hijau toska nan cantik ini disebut Danau Blingoh yang terletak di Kecamatan Donorejo, Jepara. Danau ini juga menawarkan keindahan panorama berupa tebing tinggi bekas galian serta pepohonan yang rimbun. Keunikan spot yang ternyata bekas penambangan kapur ini memang menarik dan instagenic untuk dijadikan latar belakang foto.

8. Telaga Biru Cigaru, bekas lokasi penambangan di Tangerang yang menyimpan kisah mistis

telaga-biru-cigaru-768x576

Bekas penambangan di Tangerang ini rasanya lain daripada yang lain. Sebab, terselip kisah dibalik indahnya warna air di Telaga Biru Cigaru ini. Mitosnya, danau ini dihuni oleh Ratu Pelangi yang menjadikan warna danau menjadi sedemikian rupa. Namun hal tersebut tidak menjadikan Telaga Cigaru sepi pengunjung. Mereka yang penasaran nyatanya tetap berwisata kemari. Bagaimana dengan kalian? Penasaran kisah lengkapnya? Cek di sini.

9. Danau hits-nya anak muda Bogor, nih! Danau Quarry!

danau-quarry-768x513

Bogor memang salah satu kota yang punya banyak spot wisata ciamik. Ternyata Bogor pun memiliki bekas galian tambang yang membentuk sebuah objek wisata nan indah, Danau Quarry. Tak heran, banyak anak muda khususnya yang tinggal di Bogor penasaran lantas mengunjungi panorama danau hijau di daerah Rumpin, Kabupaten Bogor ini. Bahkan, danau ini pun sangat instagenic! Cocok untuk kalian yang hobi berfoto.

10. Segarnya Telaga Ngipik yang berada di tengah Kota Gresik

telaga-ngipik

Jika kalian berkunjung ke Gresik, terdapat dua lokasi penambangan yang kini menjadi tempat wisata. Uniknya Bukit Jamur mungkin menjadi daya tarik bagi warga Gresik, tapi selain itu masih ada bekas penambangan semen Gresik yang letaknya di tengah kota. Telaga Ngipik, lokasi bisa menjadi pilihan lain jika kalian ingin santai sambil memancing ataupun berfoto-foto.

11. Perpaduan indah antara bukit dan danau Puthuk Krebet, Tulungagung

phutuk-krebet

Telaga Tiga Warna, ini adalah sebutan lain dari danau Puthuk Krebet yang terletak di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini. Memang lokasi bekas galian pertambangan tembaga ini sudah berubah menjadi lubang-lubang yang tergenangi air masing-masing berwarna hijau toska, hijau lumut dan coklat kehitaman.

Jika ingin kemari ikutilah petunjuk ke Blitar dengan rute yang cukup rumit hingga melewati Bukit Luk Songo hingga Pasar Puser. Setelah itu, arahkan kendaraan mengikuti rute ke Pantai Molang hingga 300 meter. Jangan sungkan untuk menanyakan rute jalan kepada warga sekitar.

12. Bercermin di jernihnya air Danau Biru Loa Bakung, Samarinda

danau-loa-bakung1

Danau Cermin, begitulah masyarakat sekitar menamai Danau Biru Loa Bakung di Samarinda ini. Memang, disebut Danau Cermin karena danau tersebut begitu bening dan berwarna biru terang serta dapat memantulkan objek bak sebuah cermin. Danau indah ini juga dulu merupakan salah satu bekas penambangan, yakni penambangan batu bara.

Eksploitasi alam secara berlebihan memang tak sepatutnya dilakukan oleh manusia, terlebih mereka tentunya masih menggantungkan hidup pada alam. So, tetaplah menjadi manusia yang peduli terhadap lingkungan ya, guys! Ber-traveling ria dan senantiasa menjaga alam tetap lestari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s