12 Tempat Wisata Di Bandung Yang Keren

Original Post by kesiniaja. Written by Astri Erlina.  12 Tempat Wisata Di Bandung Yang Keren, Anti Mainstream Dan Jarang Dikunjungi. 

hammockan-di-gunung-hawu-768x576

Mendengar kata Bandung, apa yang ada di pikiran kamu? Jika tidak Gedung Sate, Tangkuban Perahu, ya Trans Studio. Selain tiga hal di atas, tujuan orang ke Bandung pasti untuk belanja baju atau wisata kuliner. Padahal Bandung tak hanya berisi itu-itu aja lho. Banyak objek wisata di Bandung yang terkenal indah, namun jarang sekali dikunjungi. Miris banget kan? Bahkan lebih banyak orang Bandung yang pergi ke luar negeri daripada mengeksplorasi tanahnya sendiri.

Jika kamu ke Bandung, coba datang ke 11 tempat wisata ini. Meski masih sepi (pernah ramai juga dahulu), tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan tak kalah dengan Tangkuban Perahu atau kawah putih lho, yuk kita simak!

1. Memacu Adrenalin Kamu Di Trek Palintang

trek-palintang-bandung-768x576

Suka off road dengan sepeda? wajib banget cobain trek Palintang! Palintang sebenarnya adalah nama sebuah kampung di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung Timur. Kampung yang terletak sekitar 8 km di utara Ujungberung ini adalah tempat favorit bagi para penyuka sepeda gunung uphill dan offroad. Memang dikalangan pencinta olahraga sepeda off road dan uphil trek yang satu ini sudah terkenal.

Sepanjang Trek Palintang akan dikelilingi daerah perbukitan, dan pemandangan cantik yang merupakan ciri khas Bandung. Sedangkan akses jalan menuju ke Palintang yang paling mudah dari alun-alun Ujungberung via Kampung Tanjakan Panjang – Palalangon. Kondisi jalan pedesaan yang setengah rusak dan terus menanjak bahkan kadang menukik menjadi kenikmatan tersendiri pagi penggemar MTB uphill.

2. Meresapi Hari Dengan Tenang Di Situ Cileunca

situ-cileunca-bandung

Situ Cileunca, yang sepi tapi menarik bagi para pecinta alam. Bandung nggak hanya dikenal sebagai kota yang menyenangkan dengan sajian kuliner dan factory outletnya. Kota ini mempunyai banyak destinasi alam yang menyenangkan, yang juga banyak diincar para traveler yang ingin menghabiskan hari liburnya di Bandung. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati di dekat Bandung adalah Situ Cileunca. Destinasi yang berupa danau ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, Sebuah area yang berudara sejuk nan segar.

Situ Cileunca yang merupakan salah satu tempat liburan anti mainstream Bandung berada di Pengalengan. Dan bisa dicapai dengan kendaraan umum jurusan Bandung – Pengalengan dengan waktu tempuh kira – kira sekitar 2-3 jam. Atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan sendiri dan sewaan dari kota bandung. Tiket masuk menuju Situ Cileunca sendiri sangat murah, hanya IDR 2500 untuk destinasi wisata yang begitu menyenangkan ini.

3. Berendam Air Panas Alami Di Taman Wisata Alam Maribaya

wisata-alam-maribaya-bandung-768x509

Taman Wisata Maribaya sebenarnya masih bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Lokasi hanya berjarak 8 km dari pusat kota Bandung. Jika kamu kebetulan sedang ke Bandung, berkunjunglah ke tempat ini. Suasana alam yang masih alami, dipadu dengan pemandangan yang sangat indah akan membuat kamu bakal betah lama-lama di tempat yang memiliki air terjun setinggi 25 meter ini.

Tak berhenti di sama pesona dari Maribaya. Kmau bisa berendam dengan air panas yang keluar alami dari pusat bumi. Air panas yang mengalir deras ini dipercaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Jika kamu datang ke Maribaya, berendamlah dan nikmati sensasi alam yang jauh berbeda dengan pusat bandung yang sangat ramai! Tak perlu mahal-mahal jika ingin menikmati segala kenikmatan Maribaya, tiket masuk tempat ini hanya sekitar Rp. 10.000 aja kok.

4. Yuk Liburan Seru Anti Mainstream di Tebing Gunung Hawu

hammockan-di-gunung-hawu-768x576

Buat kamu para anak gunung atau mungkin anggota komunitas Wall Climbing, yang selalu ingin memacu adrenalin di ketinggian, yuk coba manjat tebing Gunung Hawu. Gunung Hawu terletak di kecamatan Padalarang, Bandung Barat. Padalarang memang dikenal sebagai tempat dengan gunung batu kapur yang menjulang, salah satu yang populer dikalangan anak gunung adalah Tebing Gunung Hawu.

Tebing Gunung Hawu ini berada di balik tebing Citatah 125 atau biasa disebut dengan Gunung Kapur Singgalang. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari tebing Citatah.

5. Sanghyang Heuleut. Laguna Cantik Tempat Mandi Para Bidadari

sanghyang-heuleut-bandung

Tempat ini dulu sempat dikeramatkan oleh warga sekitar. Tidak ada yang berani datang ke sana kecuali pada hari-hari tertentu. Mitos yang beredar, tempat ini dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari ketika turun ke Bumi. Tepat ini juga dipercaya sebagai tempat Dayang Sumbi untuk mencuci pakaian dan membersihkan diri.

Namun, kini ketakutan itu sudah tidak ada lagi. Lagipula, tempat sekeren ini terlalu sayang untuk ditakuti. Sanghyang Heuleut merupakan sebuah kolam alami yang berada di aliran sungai yang berasal dari Danau Citarum Purba. Kolamnya dikelilingi oleh batu-batu alam berukuran besar dan sangat indah.

Sanghyang Heuleut bukanlah satu-satunya kolam yang ada di sekitar sana. Di kawasan tersebut juga ada Sanghyang Poek dan Sanghyang Tikoro. Lokasinya berada jauh dari desa dan untuk kesana kita harus trekking selama sekitar 1,5 jam. Jarak tempuhnya kira-kira 3 km. Dalam perjalanan menuju ke sana kita akan melewati batu-batu besar. Keberadaan Sanghyang Heuleut sendiri berada di balik salah satu batu besar tersebut.

6. Menengok Gua Bersejarah Di Bandung, Gua Pawon

goa-pawon-768x513

Gua Pawon yang unik, tapi agak seram. “Pawon” dalam bahasa Jawa artinya adalah dapur, namun di Bandung Pawon ini adalah nama destinasi wisata lho. Iya, di Bandung ada destinasi berupa Gua yang dikenal dengan nama Pawon. Meski belum begitu terkenal, Gua Pawon yang terletak di Desa Masigit ini pernah menggemparkan.

Karena didalamnya ditemukan lebih dari 20.000 buah tulang manusia. Diperkirakan tulang belulang tadi adalah milik manusia purba, pendahulu suku sunda. Buat yang nggak percaya mungkin bisa menengok langsung Gua bersejarah ini. Siapkan saja IDR 5.500 yang akan dibayarkan sebagai tiket masuk. Murah kan?

7. Menyatu Di Kanopi Alam Ala Tahura Ir H Juanda

tahura-768x960

Taman Hutan Raya Djuanda adalah tempat yang sejuk dan segar untuk trekking ringan. Di Kota Bandung tepatnya berada di daerah Dago Pakar ada sebuah tempat untuk berlibur sambil trekking. Disini tidak hanya bisa membuat tubuh kamu sehat, tetapi juga bisa menjadi tempat refreshing penghilang rasa penat.

Tempat ini adalah sebuah taman seluas sekitar 590 hektar. Disini kamu bisa menikmati udara sejuk sambil menikmati 2.500 jenis tanaman yang tumbuh subur. Oh iya, selain bisa menikmati pemandangan alamnya ada objek wisata Gua Jepang, Gua Belanda, Curug dan Penangkaran Rusa yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke taman tersebut ya. Tahura atau Taman Hutan Raya ini adalah tempat liburan di Bandung yang juga cocok untuk kesehatan kamu.

8. Melihat Batuan Purbakala Di Stone Garden

ston-garden-bandung-768x430

Batuan purba Stone Garden yang dulunya berada di bawah laut. Stone Garden ini sebenarnya adalah situs purbakala. Kalau diperhatikan dengan jelas dan seksama, batu – batuan yang ada di tempat ini terlihat mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Bahkan ketika berkeliling di tempat ini, jika kamu beruntung, kamu akan menemukan batuan unik seperti kerang laut, atau bahkan fosil tumbuhan laut. Mungking dahulu, jutaan tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan. Namun karena keadaan alam mulai berubah, dasar laut ini pun terangkat dan menjadikannya sebuah pegunungan yang indah seperti saat ini.

9. Menyusuri Hutan Pinus Batu Kuda

hutan-pinus-batu-kuda-bandung

Batunya memang besar, tapi enggak berbentuk kuda sama sekali deh sepertinya. Situs Batu Kuda ini adalah sebuah objek wisata yang berada di Gunung Manglayang Bandung Timur. Dikenal dengan nama Batu Kuda karena mitosnya pernah ada sekor kuda yang bisa terbang dari arah selatan, yaitu Kuda Sembrani. Nah, ketika sedang terbang melewati Gunung Manglayang, si kuda tadi jatuh dan terjebak hingga tempat dia jatuh menjadi kubangan. Sekarang kuda ini terlihat dalam wujud batu yang mirip kuda.

Namun daya tarik tempat ini bukan hanya mitosnya atau batu berbentuk kuda saja, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di destinasi wisata Batu Kuda ini. Mulai dari camping, trekking, hingga bersepeda. Ada banyak pohon pinus cantik disini. Udaranya pun segar sekali loh. Asiknya lagi, kamu bisa mengunjungi Batu Kuda hanya dengan membayar tiket IDR 3000 per/orang dan IDR 5000 jika ingin camping disini.

10. Nikmati Segarnya Udara Dan Cantiknya Niagara Mini Di Dekat Bandung, Curug Malela!

curug-malela-bandung-768x512

Curug Malela, tempat liburan antimainstream di Bandung
Yak, Niagara nggak cuma amerika saja yang punya, di dekat Bandung ada Curug Malela yang lumayan mirip dengan air terjun Niagara. Lokasinya nggak jauh dari Waduk Saguling, waduk buatan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat pada ketinggian 643 m di atas permukaan laut.

Curug Malela adalah tipe air terjun yang luas dan lebar, karena itu bisa dibilang mirip air terjun Niagara. Nah, kalau kalian sudah bosan dengan tempat liburan yang ada di dalam Kota Bandung, bisa deh kabur dan berlibur ke Curug Malela.

Tempat wisata Curut Malela yang ada di bandung barat ini bisa dicapai kurang lebih dengan 3 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Rute yang bisa ditempuh untuk menuju Curug Malela Adalah Cimahi – Batujajar – Cihampelas – Cililin – Sindang Kerta – Gunung Halu – Buni Jaya – Curug Malela.

11. Cari yang Geulis-Geulis? Ya di Sendang Geulis Kahuripan

sindang-geulis-810x607

Ada yang menyebutnya dengan Talaga Cikahuripan, Sendang Geulis Kahuripan bahkan Sirah Cai Kahuripan. Namun, nama yang sering digunakan oleh warga lokal adalah Talaga Cikahuripan. Lokasi tempat ini berada di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan.

Suasana alam ala pedesaan di mata air Sendang Geulis Kahuripan ini benar-benar syahdu. Mata airnya sudah jelas bersih dan jernih. Apalagi airnya tidak berbau karena terus mengalir ke sungai. Bahkan sudah tersedia kolam renang yang sumber airnya langsung berasal dari mata air Sendang Gelulis Kahuripan.

Kamu tidak perlu repot mencari makan atau berganti pakaian. Karena di lokasi sudah tersedia tempat bilas, tempat berganti pakaian dan warung-warung yang menyediakan makanan. Pasti kalian butuh energi setelah melepas penat dan lelah di mata air Sendang Geulis Kahuripan. Meskipun tempat ini sudah di kelola dengan baik, tidak banyak orang tau tempat wisata ini.

12. Bersantai di Hutan Pinus The Lodge Maribaya, Ga Kalah Seru dibanding Kalibirunya Jogja.

the-lodge-maribaya-lembang-3-768x400

Bonus! Salah satu wisata yang sedang trend saat ini adalah The Lodge Maribaya Lembang. Kawasan ini dikelilingi hutan pinus yang lebat. The Lodge Maribaya memiliki keindahan alam seperti Tebing Keraton dan Wisata Kalibiru Yogyakarta. The Lodge Maribaya beralamat di Jalan Maribaya Timur Km. 6  Kampung Kosambi, Cibodas, Maribaya Lembang, Bandung Barat.  Memiliki tagline escape to nature, The Lodge Maribaya menawarkan berbagai aktifitas menarik untuk wisatawan.

Salah satu keunikan yang sulit untuk didapatkan ditempat lain, kalian bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat jejeran hutan pinus yang berbaris rapi di meja-meja teras The Lodge. Sensasi inilah yang tidak bisa kalian dapatkan saat berada di Tebing Keraton Bandung.

Nah itu dia 11 Tempat wisata Bandung yang Jarang diketahui orang-orang sehingga masih sepi pengunjung tapi bakal kasih kamu suasana baru dan gak liburan ditempat itu-itu aja di Bandung, so kalo ke Bandung cobain dateng ke 11 tempat yang anti mainstream ini? yuk siapkan ranselmu sekarang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s