7 Langkah Menjaga Vagina Tetap Sehat dan Awet Muda


KHUSUS PASUTRI-NEW

images

Sama seperti wajah, vagina Anda juga akan mengendur sejalan dengan bertambahnya umur. Salah satu perbedaan penting, ada banyak produk untuk membantu menjaga wajah tampak tetap kenyal. Namun, tidak demikian dengan vagina.

“Dokter tidak selalu menginfokan kepada pasien mengenai penuaan vagina,” kata Karen Boyle, MD, ahli kesehatan seksual wanita dan peremajaan vagina.

Dimulai pada awal usia 20-an, Anda akan mulai kehilangan lemak di labia mayora dan mons pubis. Saat mendekati menopause, lapisan vagina jadi menipis, aliran darah berkurang dan otot-otot dasar panggul melemah, kata ginekolog kosmetik Marco Pelosi, III, M.D.

 Vagina yang kendur dapat menghancurkan rasa percaya diri wanita. Mungkin, ini sebabnya banyak wanita melakukan operasi plastik untuk vagina. Tapi, sebelum Anda juga ikut melakukan operasi plastik, coba dulu trik-trik mengencangkan vagina berikut ini.

1. Hindari Diet Yoyo

diet yoyo menyebabkan berat badan naik turun. Berat badan tidak stabil menyebabkan otot vulva vagina semakin mengendur. “Semakin sering berat badan naik turun, semakin besar peregangan yang terjadi,” kata Pelosi.

2. Senam Kegel

Kita tahu manfaat senam kegel untuk mengencangkan otot-otot vagina. Tapi, banyak wanita jarang melakukannya. Kalaupun dilakukan, intensitasnya kurang, kata Pelosi.

Pelosi menyarankan agar wanita melakukan senam kegel dengan menahan otot dasar panggul selama lima detik, rileks, ulangi 100 kali tiga kali sehari.

3. Ganti Kursi Kantor

Ganti kursi kantor dengan Swiss Ball selama 15 menit dalam sehari. Hal ini akan membantu mengencangkan otot vaginadengan cara memaksa otot dasar panggul berkontraksi.

4. Rutin Bercinta

“Hubungan seksual dapat menstimulasi dan meningkatkan aliran darah ke vagina, membuatnya tetap awet muda,” kata Boyle.

Plus, sperma memiliki efek antipenuaan, berkat hormon, asam lemak, dan senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

5. Hindari terlalu lama mengendarai sepeda

“Gesekan konstan vagina dengan bangku sepeda dapat membuat otot vagina, terutama di bagian labira mayora, mengendur,” kata Direktur Bedah Kosmetik di Duxbury, Massachusetts, Christine Hamori, MD.

6. Gunakan pembersih khusus vagina yang lembut

Sebenarnya, wanita tidak dianjurkan membersihkan area intimnya dengan cara menggosok bagian labia setiap hari.

Dan apabila Anda melakukannya, pilihlah pembersih khusus vaginayang lembut. Pembersih yang keras hanya akan membuat kulit kering dan iritasi. “Jaringan labia sangat sensitif,” kata Boyle.

7. Woman On Top

“Posisi wanita selalu di bawah saat bercinta, kadang-kadang bisa menyebabkan peregangan otot vagina yang pada akhirnya menyebabkan kekenduran,” kata Boyle.

Berbeda jika wanita berada di posisi atas ketika bercinta, wanita akan lebih mudah mengontraksi otot-otot vaginanya seolah seperti sedang senam kegel. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.