10 Negara Pemilik Bahasa Terbanyak di Dunia


10-negara-pemilik-bahasa-terbanyak-di-dunia-ET2 (1)

Banyaknya suku-suku di beberapa negara dunia menyebabkan banyaknya bahasa berkembang. Indonesia sendiri masuk di posisi kedua sebagai negara yang memiliki bahasa terbanyak di dunia. 

Di dunia ini ternyata banyak negara yang memiliki bahasa lebih dari satu. Meski sudah mempunyai bahasa nasional, bahasa daerah masih banyak tersebar di suatu negara.

Indonesia sendiri menjadi negara kedua di dunia yang mempunyai bahasa terbanyak setelah Papua Nugini. Berikut ini daftar 10 negara yang memiliki kekayaan bahasa terbanyak di dunia :

1. Papua Nugini (839 Bahasa)

papua_nugini

Papua Nugini memiliki jumlah bahasa hingga dua kali lipat lebih banyak ketimbang seluruh bahasa yang dipakai di Eropa. Meski jumlah bahasa mereka lebih dari 800 jenis, tiap-tiap bahasanya hanya memiliki kurang dari 1.000 orang pengguna. Bahasa resmi yang mereka gunakan disebut Tok Pisin dalam bahasa setempat

2. Indonesia (707 Bahasa)

indonesia

Indonesia memiliki 707 bahasa. Sayang, meski kaya dengan keragaman bahasa, sekitar 98 bahasa lokal terancam punah. Bahasa Indonesia sendiri memiliki akar kuat dari Bahasa Melayu.

3. Nigeria (526 Bahasa)

nigeria

Bahasa resmi Nigeria adalah Inggris namun mereka memiliki keragaman bahasa yang luar biasa. Beberapa bahasa lokal yang paling banyak digunakan adalah Igbo dan Yoruba. Untuk urusan resmi dan pemerintahan biasanya mereka memakai Bahasa Inggris.

4. India (454 Bahasa)

india

Sebagai negara yang dahulu pernah dijajah Inggris, tak heran kini India memiliki dua bahasa resmi yaitu Hindi dan Inggris. India mengaku tidak punya bahasa nasional namun bahasa resmi yang mereka pakai adalah Hindi karena digunakan oleh mayoritas populasi.

5. AS (422 Bahasa)

as

Dari bahasa di Amerika Serikat sebanyak 422 buah, ternyata 211 di antaranya merupakan bahasa yang dibawa oleh para imigran. Bahasa Inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan. Sebanyak 80% penduduk Amerika Serikat hanya menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

6. China (300 Bahasa)

china

Sebanyak 70% masyarakat China memakai dialek Mandarin. Sisanya 30% memakai berbagai macam dialek khas masing-masing. Sama seperti di Indonesia, China memiliki dialek sangat banyak namun Bahasa Mandarin standar dijadikan bahasa utama, sama seperti kedudukan Bahasa Indonesia.

7. Meksiko (289 Bahasa)

meksiko

Dari 289 bahasa yang dimiliki oleh Meksiko, sebanyak 280 di antaranya merupakan bahasa asli masyarakat setempat. Namun, hampir semua populasi Meksiko, sebanyak 99,3% berbicara dalam bahasa Spanyol.

8. Kamerun (281 Bahasa)

kamerun

Kamerun memiliki dua bahasa yang paling sering digunakan yaitu Inggris dan Prancis.

9. Australia (245 Bahasa)

australia

Negara tetangga Indonesia ini tidak hanya kaya bahasa namun juga memiliki tingkat literasi sangat tinggi. Persentase penduduk Australia yang bisa membaca adalah 99%. Pada sensus 2006, sekitar 12% dari populasi asli Negeri Kangguru ini dilaporkan masih berbicara dalam bahasa asli di kalangan keluarga. Jadi bahasa ini masih digunakan secara terbatas.

10. Brasil (229 Bahasa)

brasil

Bahasa utama di Brasil adalah Portugis. Bahasa ini dipakai sebagai bahasa resmi dan paling banyak dipakai oleh masyarakat Brasil. Hanya saja bahasa Portugis yang dipakai di Brasil berbeda dengan Bahasa Portugis di area lain. Bahasa Postugis Brasil cukup mirip dengan Bahasa Portugis Eropa pada era abad ke-16.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.