2 Versi Kesimpulan Asal Usul Bangsa Indonesia


 

Prasejarah. Berdasarkan teori-teori dari para ahli yang telah dibahas pada artikel prasejarah 11 pendapat ahli tentang asal usul bangsa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa bangsa yang menempati daerah di Kepulauan Indonesia ini dibagi menjadi 2 versi, yaitu sebagai berikut :

1. Bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri

Kesimpulan ini menunjuk pada pendapat yang dikemukakan Moh. Yamin yang didukung dengan penemuan fosil-fosil maupun artefak-artefak tertua di wilayah Indonesia.

Dari hasil penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat awal Indonesia berasal dari daerah di Indonesia sendiri yang kemudian menyebar ke daratan Asia. Selain itu, tidak banyak penemuan fosil manusia purba di daerah Asia lainnya.

Salah satu fosil yang ditemukan di daratan Cina disebut Sinanthropus pekinensis diperkirakan hidup sezaman dengan Pithecanthropus erectus dari Indonesia. Adapun daerah-daerah lain di Asia hingga saat ini belum berhasil ditemukan fosil-fosil manusia purba.

2. Bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia

Melalui jejak-jejak sejarah yang berhasil diteliti diketahui bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan Selatan. Dari daerah Yunan inilah mereka menyebar ke arah selatan hingga sampai di daerah Kepulauan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.