Jenis-Jenis Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh


Vitamins1024

Vitamin-A-Rich-Foods

Macam-Macam Vitamin, Kegunaannya, Sumber Vitamin dan Akibat Kekurangan Vitamin Bagi Tubuh.

chart-food-icons-vitamin-groups-set-flat-vector-symbols-isolated-white-background-61993757

Info Kesehatan – Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Berbeda dengan mineral yang tidak mudah rusak, vitamin mudah rusak dan berubah bentuk jika terkena panas atau asam.

Struktur vitamin akan berubah ketika masuk ke dalam tubuh. Tubuh tidak menyerap vitamin dalam bentuk awal, melainkan diserap dalam bentuk provitamin (vitamin yang belum aktif). Vitamin memiliki sifat mudah larut dalam air dan lemak, namun tidak dengan mineral.

Fungsi Vitamin dalam tubuh berbeda-beda tergantung jenisnya. Dan berikut ini jenis-jenis vitamin beserta sumber, fungsi serta akibat dari kekurangan vitamin tersebut (defisiensi).

Vitamin A (Retinol)

Fungsi:

Mengoptimalkan perkembangan janin, meningkatkan daya tahan tubuh, anti aging, anti oksidan dan memerangi penyakit malaria.

Sumber:

Hati, minyak ikan, daging, susu, wortel, serta sayuran dan buah berwarna orange.

Kekurangan vitamin A

dapat mengkaibatkan rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh dan kulit yang tidak sehat

Vitamin B1 (Thiamin)

Fungsi:

membantu proses oksidasi tubuh untuk memperoleh energi dan mencegah penyakit beri-beri

Sumber:

kacang hijau, daging, kulit beras, sayuran dan roti

Kekurangan vitamin B1

menyebabkan kulit kering dan bersisik serta daya tahan tubuh berkurang

Vitamin B2 (Riboflavin)

Fungsi:

pernapasan dalam sel (respirasi selular), menjaga keutuhan jaringan saraf, dan mempercepat pemindahan rangsang sinar ke saraf mata.

Sumber:

hati, telur, susu dan ragi

Kekurangan vitamin B2

dapat mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh, kulit kerng bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan

Vitamin B3 (Niasin)

Fungsi:

membantu pembebasan energi dari makanan dan sintesis asam lemak.

Sumber:

hati, telur, jamur dan kacang tanah.

Kekurangan vitamin B3

mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, badan lemas, mudah muntah dan mual-mual.

Vitamin B5 (asam pantotenat)

Fungsi:

membantu metabolsime karbohidrat, protein dan lemak dalam tubuh

Sumber:

daging, susu, sayur hijau, ginjal, hati dan kacang hijau

Kekurangan vitamin B5

mengakibatkan otot mudah menjadi kram, sulit tidur, gangguan emosi

Vitamin B6 (pridoksin)

Fungsi:

membantu mencerna protein dan respirasi selular

Sumber:

telur, daging, kentang dan kubis

Kekurangan vitamin B6

menyebabkan pelagra (kulit pecah-pecah), keram pada otot dan insomnia (sulit tidur)

Vitamin B7 (Biotin)

Fungsi:

Metabolisme Energi, pertumbuhan rambut dan kuku, menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula dalam darah.

Sumber:

Swiss chard, roti gandum, telur ayam, wortel, susu, keju, ikan salmon dan kacang-kacangan

Kekurangan vitamin B7

dapat menimbulkan penyakit Dermatitis, Hyperesthesia dan Paresthesia, Keratokonjungtivitis, Anorexia, Anemia dan terganggunya fungsi jantung.

Vitamin B9 (Asam Folat)

Fungsi:

pembentukan sel darah merah, perbaikan DNA, Perkembangan bayi, pembentukan jaringan tubuh, mengoptimalkan fungsi otak, pertumbuhan rambut.

Sumber:

selada, bayam, asparagus, semangka, belewah, biji bunga matahari, kacang-kacangan, hati dan kuning telur.

Kekurangan vitamin B9

dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak, pertumbuhan tulang belakang, sariawan, diare, dll.

Vitamin B12 (kobalamin)

Fungsi:

pembentukan sel darah merah, sintesis asam nukleat dan pembelahan sel.

Sumber:

daging, telur, susu, hati dan ragi (makanan hasil fermentasi)

Kekurangan vitamin B12

menyebabkan anemia (kurang darah) dan mudah lelah

Vitamin C (asam askorbat)

Fungsi:

menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi dan racun, menurunkan kolesterol, serta mencegah penyakit jantung (dalam dosis tinggi), hipertensi, diabetes melitus dan kanker

Sumber:

buah-buahan misalnya jeruk, tomat, pepaya dan sayuran hijau lainnya

Kekurangan vitamin C

dapat mengakibatkan mudah infeksi pada luka, gusi berdarah dan rasa nyeri pada persendian.

Vitamin D (Kalsiferol)

Fungsi:

meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sumber:

susu, minyak ikan, dam kuning telur

Kekurangan vitamin D menyebabkan gigi rusak, kejang-kejang otot, rakitis (kaki berbentuk O)

Vitamin E (Tokoferol)

Fungsi:

berberan penting dalam sistem reproduksi dan mencegah penyakit kanker paru-paru.

Sumber:

biji-bijian, sayuran, telur, mentega dan susu

Kekurangan vitamin E

dapat menyebabkan kemandulan

Vitamin K (Koagulasi)

Fungsi:

berperan dalam pembekuan darah dan dapat mencegah keguguran

Sumber:

bayam, tomat, wortel

Kekurangan vitamin K

mengakibatkan darah sulit membeku jika terluka dan pendarahan di dalam tubuh.

Source: Info Kesehaan

KIDS-DISCOVER-Vitamins-Infographic 1024

enrichment-of-provitamin-a-content-in-wheat-triticum-aestivum-l-by-introduction-of-the-bacterial-carotenoid-biosynthetic-crtb-and-crti-9-638

Vitamin-B-Complex-During-Pregnancy

b1

Screen-Shot-2016-06-06-at-16.41.32

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.