Bayam


by Meilisa Kusumawati

Bayam

Bayam Adalah

Bayam adalah sejenis sayuran berdaun hijau atau merah. Bayam bertangkai lunak dan bisa dikonsumsi. Bayam memiliki bentuk daun yang bulat dan tangkai cukup panjang. Bayam banyak ditemui di rawa-rawa atau ditanam di tanah yang lembab. Bayam terdiri dari beberapa jenis. Varietas bayam yang terkenal adalah bayam hijau dan bayam merah. Bayam termasuk jenis sayuran yang direkomendasikan para ilmuwan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bayam tidak terlalu pahit, sehingga bagus dikonsumsi untuk buah hati Anda. Bayam umumnya dipasarkan dalam kondisi sudah berbentuk ikatan. Bayam dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan kuliner, baik pelengkap menu nasi dan lauk maupun sebagai kudapan.

Fungsi

Bayam terkenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam sangat bagus untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bayam juga tinggi akan vitamin seperti vitamin C. Asupan bayam yang cukup dapat membantu tubuh membentuk sistem imunitas dan meredakan gejala panas dalam. Akan tetapi, bayam mempunyai kandungan purin yang relatif tinggi dan dapat memicu kenaikan asam urat pada persendian. Disarankan bagi penderita asam urat supaya mengurangi asupan bayam.

Dalam dunia kuliner, bayam menjadi salah satu sayuran yang serba guna. Bayam dapat diolah menjadi sayur bening, tumisan, atau lalapan rebus. Selain itu, bayam juga bisa dibuat kudapan yang bernama keripik atau rempeyek bayam.

Cara Mengolah

Bayam merupakan sayuran yang bisa dimanfaatkan hampir di seluruh bagian. Anda cukup mencuci bersih bayam dan memotong-motong sesuai selera untuk dimasak. Perlu Anda ketahui, bayam sangat mudah matang. Sebaiknya Anda menambahkan bayam pada saat masakan hampir matang supaya tidak terlalu lembek dan mengurangi zat besi yang terkandung di dalamnya.

Untuk pembuatan keripik bayam, Anda hanya memerlukan daun bayam saja. Caranya cukup mudah, yakni siangi daun bayam, kemudian celup ke adonan tepung keripik atau rempeyek. Goreng bayam berbalut tepung dalam minyak panas kemudian tiriskan. Keripik bayam siap dihidangkan atau bisa disimpan dalam toples untuk jangka waktu lumayan lama.

3 thoughts on “Bayam”

  1. Hi there, I believe your website could be having web browser compatibility problems.
    Whenever I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in IE, it’s got some overlapping issues.
    I just wanted to give you a quick heads up! Apart from that, fantastic site!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.