Sawi Putih


by Rochmawati Fita Fitriana

Pitapoto1686_large

Sawi Putih Adalah

Sawi putih adalah salah satu jenis sayuran yang tergolong dalam sawi-sawian. Sebagaimana namanya, sawi putih memang berwarna putih dengan warna sedikit kehijauan di ujung-ujungnya. Meski namanya sawi, namun sawi putih sama sekali berbeda dengan daun sawi pada umumnya, sawi putih lebih mirip kol secara tekstur dagingnya. Sawi putih memiliki daging yang berlapis-lapis dan memiliki pangkal yang menyatukan lapisan-lapisan daging daunnya. Sawi putih tidak memiliki rasa khusus, rasanya hambar dan getir sebagaimana sayur mentah lainnya.

Fungsi

Sawi putih memiliki banyak khasiat seperti mineral, vitamin dan zat gizi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sawi putih sangat baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit seperti penurunan fungsi jantung, darah tinggi dan semacamnya.

Untuk menikmati sawi putih sebagai bahan makanan, Anda bisa mengolahnya menjadi makanan khas Korea seperti Kimchi. Atau jika lidah Anda lebih cocok dengan masakan lokal, Anda bisa mengolah daging daun sawi putih menjadi oseng sawi, sup sawi putih, sapo tahu, dan masakan sejenis lainnya.

Cara Mengolah

Sawi putih sangat mudah diolah karena daunnya tidak terlalu keras dan mudah matang. Jika dibiarkan di suhu ruang yang normal maka sawi putih bisa bertahan hingga 5 hari atau lebih tergantung kelembapannya. Untuk membuatnya lebih awet ikutilah beberapa tips ini:

  • Simpan sawi putih dalam keadaan tertutup plastik secara keseluruhan, karena sawi putih yang terlalu lembek atau terkena air akan lebih cepat layu dan busuk ketimbang yang tidak terkena air sama sekali;
  • Jangan memotong-motong sawi putih saat disimpan untuk jangka waktu yang lama karena akan mempermudah proses pembusukannya;
  • Untuk membuat kimchi, tata sawi putih di mangkok besar bersama sayuran khas kimchi lainnya seperti wortel, sawi hijau, daging, toge, dan sebagainya, aduk rata semua sayur dengan bumbu khas kimchi, simpan dalam suhu ruang hingga beberapa hari atau minggu karena kimchi merupakan makanan fermentasi yang semakin enak jika semakin lama menyimpannya sebelum dihidangkan langsung;
  • Untuk membuat oseng sawi putih, siapkan minyak goreng untuk menumis, tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabai dan tomat, lalu masukkan sawi putih yang telah dicuci bersih, aduk hingga layu, masukkan garam dan gula, sajikan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.