Jalan ke “Negeri di Atas Awan” Lolai untuk Sementara Dialihkan


By ADMINKAREBA . JANUARY 13, 2017

Opera Snapshot_2018-01-14_185534_www.karebatoraja.com

RANTEPAO — Rute jalan menuju ke objek wisata “Negeri di Atas Awan” Lolai untuk sementara dialihkan melalui Sereale, kecamatan Tikala. Sebelumnya, para pengunjung dan wisatawan melalui rute jalan Rantepao – Alang-alang – Lolai.

Pengalihan sementara rute jalan ini disebabkan karena jalan poros Alang-alang – Lolai sedang ada pekerjaan pelebaran dan peningkatan kualitas jalan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Toraja Utara.

Lolai-2

Beberapa pekerja sedang melakukan pengecoran jalan poros Alang-alang – Lolai.

“Karena adanya pengerjaan jalan ini sehingga jalur jalan untuk sementara dialihkan melalui Sereale, sehingga jalur menjadi Rantepao – Sereale, Lolai,” terang Abun Pasanggang, salah satu pengelola Objek Wisata “Negeri di Atas Awan” Lolai, kepada karebatoraja.com, Jumat siang, 13 Januari 2017.

Abun menyebut pengalihan arus lalulintas tersebut akan berlangsung hingga proyek pelebaran dan pengecoran jalan poros Lolai di Lembang Benteng Mamulu, selesai.

“Mungkin agak lama, sampai pengecoran jalan selesai dan pemeliharaan lagi sekitar satu bulan lebih,” katanya.

Opera Snapshot_2018-01-14_190000_www.karebatoraja.com

Dia menyebut, pengalihan jalur lalulintas ini memang akan sedikit mengganggu pengunjung, terutama yang berasal dari luar Toraja. Namun, pihak pengelola Tongkonan Lempe, Lolai sudah mengantisipasinya dengan memasang sejumlah spanduk pemberitahuan di persimpangan-persimpangan jalan utama di kota Rantepao.

Abun menyatakan, berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Toraja Utara, yang sudah peduli dan memperbaiki jalan poros Lolai. Hal ini akan memperlancar arus kunjungan wisatawan ke objek wisata fenomenal tersebut. Selain itu, juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Toraja Utara.

Dikonfirmasi terpisah, pengurus Yayasan Sinar Lempe Lolai, Frederik Medea, menyambut baik upaya pemerintah kabupaten Toraja Utara memperbaiki jalan poros Alang-alang – Lolai. Hal itu, kata dia, akan meningkatkan dan  membuat para wisata dan pengunjung akan lebih menikmati perjalanan yang lebih nyaman dibanding sebelumnya.

“Sangat bagus, kami dukung. Sementara lalulintas memang dialihkan ke Sereale. Kita terima kasih kepada pemerintah yang sudah membangun jalan ini,” ujar Medea. (Jufri Tonapa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.