18 Fakta Menarik Tentang New Delhi


by NewLogs November 19, 2016

Screenshot_341

Sebuah simbol masa lalu India yang megah dan sekarang berkembang, kota New Delhi adalah campuran dari masa lalu dan modern dan berjalan bersama-sama. Rumah bagi jutaan mimpi, kota yang bertanggung jawab untuk mewujudkan mimpi banyak orang lebih dekat kepada mereka, seperti Jakarta di Indonesia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kota ini unik:

1. Delhi vs New Delhi

Jika Anda berpikir New Delhi dan Delhi keduanya sama maka Anda salah. Sebenarnya ada perbedaan antara dua nama ini: New Delhi dan Delhi. New Delhi, yang merupakan ibukota India adalah bagian wilayah di Delhi. New Delhi adalah tempat dan pusit Pemerintah India.

2. Tujuh Delhi sebelum New Delhi

Sebelum New Delhi, koya ini dibagi menjadi tujuh bidang utama, semua memiliki esensi Delhi tersendiri – 1. Quila Rai Pithora, 2.Siri, 3.Tughlaqabad, 4.Jahanpanha, 5.Firozeshah Kotla, 6.Din Panah atau Sher Garh atau Purana Quila dan 7.Shahjahanabad.

3. New Delhi dijuluki sebagai Lutyens Delhi

Sebagian besar dari New Delhi direncanakan oleh arsitek Inggris Edwin Lutyens dan untuk menghormati kontribusinya dalam membangun New Delhi, kota itu juga dijuluki sebagai Lutyens Delhi.

4. Ketika Delhi dinyatakan sebagai ibukota India!

Ketika Raja George V mengunjungi India pada tahun 1911 untuk sebuah durbar, sebuah upacara kerajaan, ia mengumumkan bahwa ibukota akan pindah ke Delhi dan kota itu akan dibangun sesuai dengan kebutuhan dan akhirnya diresmikan sebagai ibukota negara pada tahun 1931.

5. Qutub Minar

Screenshot_342 Qutub Minar

New Delhi adalah rumah bagi menara batu bata tertinggi di dunia: Qutub Minar (73m).

6.  Museum toilet

Meskipun aneh tapi itu benar bahwa New Delhi memiliki Museum  Toilet Internasional. Musium ini memiliki koleksi gambar langka, fakta dan benda-benda yang memiliki rincian tentang evolusi bersejarah toilet dari 2500 SM sampai saat ini.

7. Proyek Infrastruktur Terbesar di dunia

24 kota pintar, 2 pembangkit listrik, 6 bandara, 23 pusat industri, 2 pelabuhan dan enam jalan tol yang membentang sepanjang 15,00 kilometer. Itu semua akan menjadi proyek infrastruktur terbesar di dunia. Mulai dari New Delhi dan berakhir di Maharashtra, Koridor Industri Delhi-Mumbai telah terinspirasi oleh koridor industri Tokyo-Osaka Jepang.

8. Ibukota kedua Di dunia yang paling banyak burung

Setelah Nairobi di Kenya, New Delhi dikatakan sebagai ibu kota kedua yang paling banyak burung dunia.

9. Pasar grosir terbesar Asia 

Azadpur Mandi telah disebut-sebut sebagai pasar grosir terbesar di Asia untuk buah-buahan dan sayuran.

10. “Dilli Abhi Pintu Hai” (Delhi masih jauh)

Screenshot_345 Dilli Abhi Pintu Hai

Itu adalah kutipan yang paling terkenal digunakan oleh masyarakat India untuk Delhi dan ada cerita menarik di balik itu. Dikatakan bahwa penguasa Delhi Sultan Muhammad Bin Tughlaq sangat iri kepada sufi suci Hazrat Nizamuddin, dan ketika Tughlaq kembali ke Delhi dari Deva Giri, ia mengirim pesan kepada Hazrat Nizamuddin menyarankan dia untuk meninggalkan Delhi sebelum kedatangannya. Setelah menerima pesan itu, Nizamuddin mengatakan kepada muridnya; hanya dengan menulis surat; “Hunooz Dilli Pintu Ast” dalam bahasa Persia dan itu berarti “Delhi masih jauh”

11. Pasar rempah-rempah terbesar Asia

Beroperasi sejak abad ke-17, Khari Baoli adalah sebuah jalan di Delhi yang dianggap sebagai pasar rempah-rempah terbesar di Asia.

12. Perkantoran paling mahal ke 5 di Dunia

Connaught Place di New Delhi disebut-sebut sebagai perkantoran ke 5 paling mahal di dunia setelah London, Hong Kong (pusat), Beijing (Finance Street) dan Beijing (CBD).

13. Kuil Lotus: Tempat dari pemuka agama Bahai

Selesai dibangun pada tahun 1986, Kuil Lotus adalah tempat sekaligus pusat untuk umat Bahai di Asia dan seperti semua  rumah ibadah Bahai; Kuil Lotus terbuka untuk umum, tanpa memandang agama ataupun yang lainnya.

14. Metro terbaik kedua di dunia

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Global Metro Bench, The Delhi Metro disebutkan sebagai jalur metro yang paling populer kedua di dunia.

15. Salah satu Bandara terbaik di dunia

Indira Gandhi International Airport (IGIA) dianugerahi penghargaan sebagai bandara terbaik keempat di dunia tahun 2010, untuk kategori 15-25.000.000 oleh Airports Council International. Dalam peringkat terbaru untuk Airport Service Quality (ASQ), IGI berada di pertama.

16. Metropolis terpadat keenam di dunia

Delhi disebut-sebut sebagai metropolis keenam yang paling padat penduduknya di dunia.

17. Kota yang paling tercemar di dunia

DI Mei 2014, New Delhi dinyatakan sebagai kota paling tercemar di dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

18. New Delhi tidak aman bagi wanita

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Departemen Perempuan dan Perkembangan Anak Pemerintah Delhi, hampir 80% wanita Delhi takut akan keselamatan mereka dengan alasan bahwa kota ini tidak memiliki infrastruktur yang ramah dalam hal gender seperti trotoar, toilet umum yang aman, pencahayaan yang cukup, konsumsi obat-obatan dan alkohol yang bebas oleh laki-laki dll

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.