Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?


KHUSUS PASUTRI


 

337533824-hello-sehat-700x467

Waktu pembuahan yang sempurna dalam melakukan hubungan seks adalah pada masa subur wanita. Tiap pasangan umumnya akan gencar melakukan seks ketika wanita berovulasi (masa subur) guna memperoleh kehamilan. Lalu, banyak juga yang menghindari seks tepat pada waktu sebelum dan setelah haid, karena masa-masa tersebut banyak orang menganggap bukan masa subur wanita.  Tapi, mungkinkah seks setelah haid menyebabkan hamil? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

Apakah hubungan seks setelah haid berisiko hamil?

Pembuahan dapat terjadi ketika sel telur bertemu  dengan sperma. Hal itu berarti sperma harus ada dalam saluran tuba falopi pada masa ovulasi wanita. Nah, ovulasi ini terjadi sekitar dua minggu sebelum dan sesudah Anda menstruasi. Masa itu berkisar antara 12 dan 16 hari sebelum atau juga setelah haid terakhir. Jika memangsiklus haid Anda berkisar 28 hari dalam satu bulan, ya.

Bila Anda  bertanya apa benar seks setelah haid menyebabkan kehamilan? Jawabannya, melakukan seks setelah satu hari selesai haid, dapat menyebabkan kehamilan. Namun pada kenyataannya kemungkinan terjadinya kehamilan tersebut sangat rendah.

Pada saat haid, Anda akan melepaskan sel telur yang tidak terpakai, dan jika Anda melakukan hubungan seks setelah haid berakhir, pada masa itu, rahim Anda akan mempersiapkan lagi sel telur untuk dibuahi.

Nah, sifat sperma pada dasarnya dapat bertahan hidup di dalam rahim kurang lebih selama 5 hari. Jika memang Anda melakukan seks tepat sehari setelah haid berakhir, sperma yang terdapat pada vagina kemungkinan akan bertahan, mencari-cari tempat untuk singgah (sel telur maksudnya). Maka itu, ketika melakukan seks setelah haid  sperma masih akan hidup, dan jika sel telur siap dalam waktu berapa hari, hal tersebut dapat terjadi pembuahan.

Source: hellosehat.  Novita Joseph. Data medis direview oleh Hello Sehat Medical Review Team.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.