Mengenal Definisi Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya


Revolusi industri telah terjadi sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda di tanah air. Kala itu, pekerjaan yang dilakukan secara manual mulai digantikan oleh kehadiran mesin. Seiring dengan perkembangan teknologi, revolusi industri pun turut berulang dalam kurun waktu tertentu. Sejak tahun 2018, istilah revolusi industri 4.0 mulai gencar diperkenalkan.

Definisi Revolusi Industri 4.0

Menurut penuturan Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartanto, revolusi industri 4.0 mulai dipopulerkan oleh Jerman. Fenomena tersebut bisa didefinisikan sebagai perubahan besar-besaran di bidang industri yang mulai melibatkan digitalisasi dalam setiap aspek. Presiden RI, Joko Widodo, ingin Indonesia mulai berbenah diri untuk menghadapi revolusi tersebut. Sehingga butuh road map dan langkah-langkah konkret lainnya untuk turut bersaing secara global.

Hal-Hal yang Terjadi Saat Revolusi Industri Terbaru

Sumber : Tactix

Revolusi Industri 4.0 membuat pemanfaatan teknologi menjadi semakin populer di ranah industri. Sebagian pekerja bahkan bisa digantikan oleh kehadiran mesin-mesin canggih berkonsep digital. Sebenarnya, Anda tak perlu khawatir dengan revolusi industri. Karena fenomena tersebut tetap membutuhkan dukungan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil menggunakan teknologi. Proses pengoperasian sistem berbasis teknologi harus dilakukan oleh para SDM yang sudah expert. Sehingga prinsip efisiensi dan efektivitas bisa diwujudkan sesuai tujuan bisnis.

Revolusi Industri Turut Mempengaruhi Dunia Pendidikan

Sumber : Serc Carleton

Bukan hanya dunia kerja dan bisnis yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0. Dunia pendidikan pun turut mendapatkan pengaruh besar. Generasi muda di tanah air harus dididik secara tepat agar siap menghadapi revolusi industri. Selain dibekali dengan ilmu-ilmu konvensional, konsep implementasi teknologi juga harus diajarkan sejak dini. Generasi muda mesti memiliki rasa keingintahuan yang besar dan kemauan untuk berinovasi. Agar kecanggihan teknologi yang lebih sempurna dan bermanfaat bisa diwujudkan di masa mendatang.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang dianggap potensial sebagai ladang investasi global. Banyak kesempatan kerja dan bisnis yang terbuka lebar di masa mendatang. Mendapatkan suntikan dana pun bukan hal yang sulit bagi sejumlah bidang bisnis. Jadi, Anda pun harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Kalau tak ingin menjadi pekerja yang diabaikan karena keterbatasan kemampuan, jangan malas mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi.

Source: Magazine-Job-Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.