Manfaatkan Palapa Ring untuk Dukung Ekonomi Digital


Pulau Morotai, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan jaringan tulang punggung kabel serat optik Palapa Ring akan dimanfaatkan untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.

“Ini kita manfaatkan untuk mendukung ekonomi digital Indonesia. Jangan lupa tahun 2020 proyeksi dari ekonomi digital Indonesia akan mencapai USD130 Miliar atau kurang lebih mencapai 11-12% dari ekonomi Indonesia, suatu angka yang sangat besar dan merupakan paling besar di kawasan regional,” jelasnya dalam kunjungan di Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (02/01/2019)

Menurut Menteri Kominfo, Palapa Ring Tengah telah terintegrasi dengan Palapa Ring Barat yang sudah mulai beroperasi sejak April 2018. “Kabupaten Morotai bagian dari pembangunan dari Palapa Ring bagian Tengah terintegrasi dengan Bagian Barat. Kita tinggal menunggu penyelesaian Palapa Ring Bagian Timur,” jelasnya

Palapa Ring Timur sendiri menurut Rudiantara ditargetkan bisa selesai dan terintegrasi pertengahan tahun 2019. “Bagian Timur mencakup Papua, Papua Barat, NTB, NTT, kemudian juga sebagian dari Maluku yang konstruksinya hampir 90% dan mudah-mudahan bisa kita integerasikan ke semuanya pada pertengajan tahun 2019 ini,” tambahnya.

Dengan terintegrasinya Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur, pada pertengahan tahun 2019 akan terhubung 514 kabupaten dan kota. “Sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi Broadband melalui Palapa Ring maupun melalui jaringan yang dibangun oleh teman-teman operator lainnya,” jelas Rudiantara.

Menteri Rudiantara mengajak semua pihak untuk memanfaatkan Palapa Ring untuk komunikasi yang baik. ” Ayo kita manfaatkan terus Palapa Ring ini untuk komunikasi yang lebih baik di Indonesia khususnya untuk mendukung ekonomi digital Indonesia. Akhir kata, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2019 dari Morotai,” ungkapnya.

Kunjungan Menteri Rudiantara selama dua hari di Pulau Morotai ditujukan untuk melihat penyelesaian pembangunan terminal Station Fiber Optic Morotai. Terminal itu menampung perangkat aktif transmisi backbone fiber optic jaringan Palapa Ring Paket Tengah.

Kunjungan kerja tersebut juga menjadi momentum uji coba pemanfaatan backbone fiber optic Palapa Ring. Jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan Manado ke Melonguane Kabupaten Talaud, kemudian dari Melonguane ke Morotai, Maluku Utara.

Source: Site Kominfo Resmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.