Apa itu Big Data Indonesia?


Berbicara teknologi memang tidak pernah ada matinya. Bagi Anda yang setia mengikuti perkembangan teknologi saat ini, mungkin cukup familiar dengan istilah Big Data Indonesia. Apakah Anda sudah familiar dengan istilah tersebut? kira-kira apa manfaat yang diberikan sehingga big data begitu booming? dan siapa yang sudah menggunakan dan merasakan manfaatnya?

Pengertian Big Data Indonesia

Dalam dunia teknologi, big data berarti terobosan baru yang berkaitan dengan mengolah, menyimpan, dan menganalisis data dalam berbagai format, dimana jumlah data yang diolah, disimpan dan di analisis sangatlah besar dan data yang bertambah dengan cepat.

Dari istilahnya, Anda bisa memprediksi apa yang ada di dalamnya, yaitu data yang serba besar, dan melalui proses simpan, olah, dan analisis yang cepat. Dibandingkan dengan database sebelumnya, sebut saja MySQL, Big data Indonesia lebih unggul secara kapasitasnya.

Ada tiga kriteria data yang masuk dalam Big Data Indonesia, yaitu:

  • Dari segi jumlah atau volumenya, tentu sangat besar. Adapun total ukuran data yang masuk biasanya dalam ukuran terabytes dan selebihnya.
  • Bicara velocity atau pertumbuhan data dalam Big Data Indonesia, sangat cepat. Data bertambah dengan sangat cepat dan dalam kurun waktu yang relatif singkat.
  • Dari segi format data yang masuk cukup beraneka ragam. Data tersebut adalah mulai dari data tabel, text, excel, dan beragam jenis format yang lain.

Tiga kriteria data tersebut selalu ada dalam Big Data Indonesia. Dari segi kuantitasnya sangat banyak, dari segi velocity data sangat cepat, dan dari segi varietas datanya sangat bervariasi. Untuk jenis data dengan kriteria tersebut, cocok sekali jika menggunakan Big Data Indonesia.

Manfaat Big Data Indonesia

Dari deskripsi Big Data Indonesia di atas? Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah:

  • Mampu menyuguhkan gambaran data yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya dengan jenis data yang biasa diolah adalah data terstruktur. Anda tidak perlu membagi data yang masuk ke dalam beberapa aplikasi karena kuantitasnya yang cukup banyak, atau karena ragamnya yang bervariasi. Kesatuan data yang utuh bisa Anda temukan disini.
  • Beberapa data yang masuk dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang bagus sehingga meningkatkan omset perusahaan. Misalnya, data yang Anda dapatkan dari facebook atau social media yang lain akan diolah dengan rigid oleh Big Data Indonesia. Bagaimana tingkah laku dan respon konsumen, apa saja produk yang mendapatkan respon positif dan sebagainya. Dari situ, pihak perusahaan menghubungkan tingkah laku calon konsumen dengan database relasional yang sudah ada. Dari Sini, akan ditemukan strategi, dan solusi untuk perkembangan perusahaan selanjutnya.
  • Big data Indonesia siap dimanfaatkan untuk berbagai bidang. Mulai dari bisnis, pemerintahan, perbankan, dan sebagainya. Dalam bidang pemerintahan, big data dimanfaatkan untuk mempercepat pengambilan keputusan, monitoring, dan evaluasi.

Hingga kini, pemanfaatan big data Indonesia dalam bidang pembangunan masih kurang maksimal. Ini dikarenakan kurangnya para ilmuwan yang sanggup mengadopsi kecanggihan teknologi ini sehingga pemanfaatannya di bidang ini terhambat. Walau begitu, ada cukup banyak instansi pemerintahan yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi yang satu ini. Dengan Big data Indonesia pekerjaan akan semakin cepat selesai, data yang masuk beragam dan dalam jumlah yang besar, serta perubahan data yang cepat pun bisa diproses dengan cepat pula.

Source: Soltius

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.