Peta Pulau Kalimantan


Sumber: sejarah-negara

 

Peta Pulau Kalimantan Lengkap 5 Provinsi

KALIMANTAN

Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi – Setelah sebelumnya kita bahas Peta Sumatra, selanjutnya akan sedikit kita ulas mengenai Peta Kalimantan. Sejak dalam pendidikan Sekolah Dasar tentunya sudah tidak asing dengan pulau di Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia tersebut. Kalimantan terletak di sebelah utara laut Jawa, atau bisa dikatakan di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.

Pulau Kalimantan merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang dimiliki tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Brunei, dan Malaysia, dengan wilayah terluas dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

Jika Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ke-6 di dunia, Kalimantan merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia. Dahulu Kalimantan disebut Warunadwipa dalam bahasa Sansekerta yang artinya Pulau Dewa Laut. Dan secara keseluruhan pulau Kalimantan disebut Borneo.

Pada zaman kolonial, nama Borneo digunakan oleh bangsa Inggris dan Belanda, sedangkan bangsa Indonesia menyebutnya Pulau Kalimantan. Menurut wikipedia, Kalimantan Utara disebut Borneo Utara (Sabah), namun sekarang Kalimantan Utara adalah Kalimantan Timur bagian utara. Dalam arti luas Kalimantan meliputi seluruh pulau Borneo, dan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

4 Peta Kalimantan

Pada peta Kalimantan, tampak pulau tersebut dibagi dalam 5 provinsi. Adapun lima provinsi tersebut dapat anda kunjungi pada masing-masing link di bawah ini:

  1. Provinsi Kalimantan Barat
  2. Provinsi Kalimantan Tengah
  3. Provinsi Kalimantan Selatan
  4. Provinsi Kalimantan Timur
  5. Provinsi Kalimantan Utara

Peta Kalimantan yang kami lampirkan di bawah ini ada 4, yaitu Peta Kalimantan lengkap versi atlas menampilkan peta Kalimantan lengkap dengan nama-nama daerah, Peta Provinsi Kalimantan menampilkan peta dengan nama-nama provinsi beserta batasnya, yaitu: Peta Buta Kalimantan menampilkan peta tanpa nama apapun, dan Peta Kalimantan buta berwana menampilkan peta dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau dan kuning kecoklatan.

1. Peta Kalimantan Lengkap


Peta Kalimantan lengkap merupakan peta versi atlas yang lengkap memberikan keterangan nama provinsi, nama kota, nama laut, nama selat dan sebagainya. Selengkapnya lihat Peta Kalimantan di bawah ini:

Peta-Kalimantan-Lengkap-5-Provinsi

2. Peta Provinsi Kalimantan


Peta Provinsi Kalimantan merupakan peta yang hanya menunjukkan provinsi yang ada di Kalimantan beserta batas-batasnya. Selengkapnya lihat Peta provinsi di Kalimantan di bawah ini:

Peta-Provinsi-Kalimantan

3. Peta Buta Kalimantan


Peta Buta Kalimantan di bawah ini menampilkan peta kalimantan yang dibagi dalam batas-batas, namun tanpa disertai nama provinsi atau wilayah terntentu. Selengkapnya silahkan lihat peta Kalimantan buta di bawah ini:

Peta-Buta-Kalimantan

4. Peta Kalimantan Buta Berwarna


Peta Kalimantan buta berwana adalah peta Kalimantan yang hanya menampilkan dataran dan pegunungan yang ditandai dengan warna hijau sebagai warna dataran dan warna kuning kecoklatan sebagai daerah pegunungan. Selengkapnya mengenai peta kalimantan buta berwarna dapat anda lihat di bawah ini:

Peta-Kalimantan-Buta-Berwarna

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Lengkap 5 Provinsi, semoga menjadi tambahan pengetahuan kita sebagai warga negara Republik Indonesia.

Peta Kalimantan Barat lengkap 12 Kabupaten dan 6 Kota


Peta Kalimantan Barat lengkap 12 kabupaten dan 6 kota – Sesuai dengan namanya, Kalimantan Barat merupakan salah satu dari 34 provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan bagian barat yang memiliki ibu kota Provinsi bernama Pontianak. Adapun luas wilayah provinsi ini kurang lebih 146.807 km persegi atau sekitar 7,53% dari luas seluruh Indonesia). Kalimantan Barat tercatat sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Julukan bagi provinsi Kalimantan Barat adalah Seribu Sungai. Mengapa dijuluki Seribu Sungai? Karena Kalbar memiliki ratusan sungai besar maupun kecil.

Provinsi Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya negara bagian Sarawak. Provinsi Kalbar mempunyai puluhan pulau besar maupun kecil, meskipun di beberapa pulau belum ada yang menghuni.

Menurut catatan sensus penduduk Indonesia tahun 2004, jumlah penduduk di Kalimantan Barat sudah mencapai 4.073.304 jiwa atau sekitar 1,85% dari keseluruhan penduduk di Indonesia.

Menurut sejarah kakawin Nagarakretagama tahun 1365, Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah taklukan Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan kuno terbesar di Indonesia yang telah berhasil menyatukan nusantara sebagai satu kesatuan.

Peta Kalimantan Barat


Seperti judul di atas, pada artikel ini Sejarah Negara akan menyertakan gambar peta Provinsi Kalimantan Barat. Berikut gambar peta Kalimantan Barat atau yang sering disingkat Kalbar :

Dari peta Kalimantan Barat di atas dapat kita lihat aliran sungai yang da, batas kabupaten dan kota, maupun pulau-pulau yang ada di wilayah provinsi ini. Jika anda ingin melihat gambar peta Kalbar dalam resolusi tinggi silahkan klik gambar peta tersebut.

Peta-Kalimantan-Barat-768x671

12 kabupaten dan 6 kota di Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan sampai saat ini wilayahnya dibagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota. Adapun nama kabupaten dan kota tersebut adalah seperti di bawah ini :

Kabupaten

  1. Kabupaten Bengkayang, Ibu Kota : Bengkayang
  2. Kabupaten Kapuas Hulu, Ibu Kota : Putussibau
  3. Kabupaten Kayong Utara, Ibu Kota : Sukadana
  4. Kabupaten Ketapang, Ibu Kota : Tumbang Titi
  5. Kabupaten Kubu Raya, Ibu Kota : Sungai Raya
  6. Kabupaten Landak, Ibu Kota : Ngabang
  7. Kabupaten Melawi, Ibu Kota : Nanga Pinoh
  8. Kabupaten Mempawah, Ibu Kota : Sungai Kunyit
  9. Kabupaten Sambas, Ibu Kota : Pemangkat
  10. Kabupaten Sanggau, Ibu Kota : Sanggau
  11. Kabupaten Sekadau, Ibu Kota : Sekadau
  12. Kabupaten Sintang, Ibu Kota : Sintang

Kota

  1. Kota Ketapang
  2. Kota Mempawah
  3. Kota Pontianak
  4. Kota Sambas
  5. Kota Sintang
  6. Kota Singkawang

Peta Kalimantan Tengah lengkap nama Kabupaten dan Kota


Peta Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Bagian Tengah yang beribukota di Palangkaraya. Sebelah barat berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat, sebelah tenggara berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan, bagian timur berbatasan dengan Kalimantan Timur, dan sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur.

Seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Kalimantan tengah atau yang sering disingkat Kalteng juga memiliki sejarah, terutama kerajaan. Di provinsi ini pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Kepangeranan Kotawaringin.

Kerajaan Kotawaringin adalah sebuah kerajaan kepangeranan, ini adalah cabang keturunan Kesultanan Banjar. Menurut catatan sejarah istana al-Nursari Kotawaringin berdiri pada tahun 1615 atau 1530. Pada zaman penjajahan Belanda pun pernah mengubek-ubek wilayah tersebut.

Selain itu, Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam yang tak ternilai harganya. Di Kalimantan Tengah juga banyak terdapat tempat wisata alam menarik yang patut untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tempat wisata di Kalimantan Tengah antara lain : Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Bukit Raya, Arboretum Nyaru Menteng, Danau Tahai, Kota Air Muara Teweh, Pantai Ujung Pandaran, Rumah Adat Betang, dan lain-lain.

Peta Kalimantan Tengah (Kalteng)

Seperti telah kita singgung di atas bahwa Provinsi Kalteng berbatasan langsung dengan tiga provinsi lainnya yang ada di Pulau Kalimantan. Agar lebih jelas, silahkan perhatikan gambar Peta Kalimantan Tengah di bawah ini. Untuk mendapatkan ukuran penuh dan mendownlodnya silahkan klik gambar peta di bawah ini.

Peta-Kalimantan-Tengah-500x345

Nama Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah

Wilayah Kalteng hingga Sejarah Negara menuliskan ini terbagi menjadi 13 kabupaten dan 1 kota. Sedangkan jumlah penduduknya menurut Badan pusat statistik provinsi Kalimantan Tengah tahun 2014 tercatat 2.439.858 jiwa. Selengkapnya silahkan lihat di : kalteng bps go id

Adapun nama kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah adalah sebagai berikut:

Nama Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Tengah lengkap nama kabupaten dan kota, semoga menjadi catatan Sejarah Negara Indonesia. Untuk mengetahui program-progaram terbaru Provinsi Kalimantan Tengah silahkan kunjungi situs resminya di kalteng.go.id, di sana anda akan lebih dekat mengenal provinsi Kalteng.

Peta Kalimantan Selatan lengkap 11 Kabupaten 2 Kota


Peta Kalimantan Selatan lengkap 11 Kabupaten 2 Kota – Kalimantan Selatan adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang letaknya di pulau Kalimantan bagian selatan, atau bisa di katakan hampir sebelah tenggara. Banjarmasin merupakan ibu kota provinsi ini, sekaligus sebagai pusat pemerintahan. Luas Kalsel kurang lebih 37.530,52 km², dengan jumlah penduduknya mencapai 3,7 juta jiwa.

Kalimantan Selatan ini memerintah 11 Kabupaten dan 2 Kota. Hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan adalah tanggal 14 Agustus 1950, melalui Surat Keputusan No. 2 Tahun 1989 yang diterbitkan tanggal tanggal 31 Mei 1989, melalui PP RIS No. 21 1950 yang merupakan tanggal dibentuknya Provinsi Kalimantan. Menurut catatan sejarah, Provinsi Kalimantan Selatan sebelumnya merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan di dalam Propinsi Kalimantan.

Hal-hal yang perlu diketahui tentang Kalimantan Selatan

Berikut beberapa hal yang anda ketahui mengenai Provinsi Kalimantan Selatan

1. Kalimantan Selatan dijuluki: Bumi Lambung Mangkurat
2. Semboyan: Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing
3. Hari jadi: 14 Agustus 1950
4. Ibu kota: Banjarmasin
5. Luas wilayah: 37530,52 km2
6. Populasi: 3626616
7. Pemerintahan:

  • Gubernur: Sahbirin Noor
  • Wagub: Rudy Resnawan
  • Ketua DPRD: Noormiliyani A. Sulaiman
  • Sekda: Arsyadi
  • Kabupaten: 11
  • Kota: 2
  • Kecamatan: 152
  • Kelurahan: 2.007

8. APBD:

  • DAU: Rp. 1.063.511.441.000.-

9. Suku bangsa:

  • Banjar (74,34%)
  • Jawa (14,51%)
  • Bugis (2,81%)
  • Dayak (2,23%)
  • Madura (1,47%)
  • Mandar (1,10%)
  • Sunda (0,68%)
  • Tionghoa (0,36%)
  • Batak (0,34%)
  • Bali (0,33%)
  • Lain-lain (1,82%)

10. Agama:

  • Islam (96,67%)
  • Kristen (1,32%)
  • Katolik (0,44%)
  • Hindu (0,44%)
  • Buddha (0,32%)
  • Lain-lain (0,80%)

11. Bahasa:

  • Bahasa Banjar
  • Bahasa Indonesia

12. Lagu daerah: Ampar-Ampar Pisang, dan Paris Barantai
13. Rumah tradisional: Rumah Bubungan Tinggi
14. Senjata tradisional: Keris
15. Situs web: kalselprov go id

Peta Kalimantan Selatan

Berikut ini gambar peta Kalsel, untuk mendapatkan resolusi tinggi silahkan klik pada gambar peta di bawah ini:

Peta-Kalimantan-Selatan

11 Kabupaten dan 2 Kota di Kalimantan Selatan

Berikut tabel nama Kabupaten dan Kota yang termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan:

11 Kabupaten dan 2 Kota di Kalimantan Selatan

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai Peta Kalimantan Selatan lengkap 11 Kabupaten 2 Kota, semoga menjadi tambahan pengetahuan Nusantara.

Peta Kalimantan Timur Lengkap


Peta Kalimantan Timur lengkap – Kalimantan Timur merupakan salah satu dari 34 provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan bagian timur dan acap kali disebut Kaltim yang beribukota di Samarinda. Konon Kaltim merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terendah di Indonesia dengan luas wilayahnya kurang lebih 129.066,64 km persegi.

Dahulu, wilayah provinsi ini hampir dipenuhi hutan lebat, yang disebut hutan hujan tropis. Di Kalimantan Timur menyimpan sejarah ketika Nusantara ini belum merdeka, di sana pernah berdiri kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Kutai.

Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah prasasti yang berbentuk yupa. Benda peninggalan tersebut di temukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Tulisan yang tertera pada Prasasti menggunakan huruf Pallawa berbahasa Sansekerta.

Universitas-Widyagama-Mahakam-Samarinda-500x234

Universitas Widyagama Mahakam Samarinda, merupakan salah satu Sekolah tinggi favorit di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Terbentuknya Provinsi Kalimantan Timur sebagai wilayah administrasi berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, gubernur yang pertama kali memimpin adalah APT Pranoto. Sedangkan daerah-daerah Tingkat II di wilayah KalTim, terbentuk berdasarkan UU No. 27 Tahun 1959, yaitu Tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

Gambar Peta Kalimantan Timur

Peta-Kalimantan-Timur-397x500

Peta Kalimantan Timur lengkap

Seperti terlihat pada peta di atas, wilayah Kalimantan Timur berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian barat), Kalimantan Utara (bagian utara), Kalimantan Tengah (bagian barat daya), Kalimantan Selatan (bagian selatan). Sedangkan bagian timur berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar.

Kabupaten dan Kota Kalimantan Timur

Sampai saat Sejarah Nasional dan Dunia menuliskan ini, wilayah Kaltim dibagi dalam tujuh kabupaten dan tiga kota administratif. Selengkapnya bisa anda lihat pada tabel di bawah ini :

Kabupaten dan Kota Kalimantan Timur

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Peta Kalimantan Timur, semoga memberi manfaat.

Peta Kalimantan Utara lengkap nama Kabupaten dan Kota


Kalimantan Utara merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang letaknya di bagian Timur Laut Pulau Kalimantan. Sebelah barat berbatasan langsung dengan wilayah negara Malaysia, Barat Daya berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, dan di sebelah timur dengan selat Makassar.

Di negara Indonesia, Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi paling muda saat ini, secara resmi menjadi provinsi ditetapkan dalam rapat paripurna DPR yang dilaksanakan pada tanggal 25 bulan Oktober tahun 2012 dan diatur dalam UU No. 20 Tahun 2012.

Provinsi Kalimantan memiliki 4 kabupaten dan 1 kota, yang sebelumnya wilayah ini termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Adapun nama-nama kabupaten dan kota tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Bulungan, pusat pemerintahan di Tanjung Selor
  2. Kabupaten Malinau, pusat pemerintahan di Malinau
  3. Kabupaten Nunukan, pusat pemerintahan di Nunukan
  4. Kabupaten Tana Tidung, pusat pemerintahan di Tideng
  5. Kota Tarakan

Sekilas sejarah terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara berdiri dan dipisahkan dari provinsi KalTim telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Dengan melalui proses akhirnya, Kalimantan Utara akhirnya disetujui menjadi sebuah provinsi sendiri, yang ditetapkan pada rapat paripurna DPR yang dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober tahun 2012.

Uniknya, ternyata mayoritas penduduk Kalimantan Utara adalah Suku Jawa. Tercatat kurang lebih 40% dari keseluruhan di sana adalah Suku Jawa. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena adanya program transmigrasi yang sebagian besar orang Jawa. Penduduk lainnya didominasi oleh penduduk yang berasal Sulawesi Selatan. Sedangkan sisanya adalah penduduk asli Kalimantan, seperti Suku Banjar, Suku Dayak, Suku Bulungan, Suku Kutai ,dan Suku Tidung.

Wilayah yang sekarang menjadi provinsi Kalimantan Utara dahulunya merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Kesultanan ini menjadi merupakan perluasan dari Kesultanan Sulu. Menurut Hikayat Banjar, Kerajaan Berau yang disebutkan sebagai pusat dari Kesultanan Bulungan, dahulu adalah negara bagian dari Kesultanan Banjar. Saat itu Kesultanan Banjar bernama Kerajaan Negara Dipa, yang eksis pada zaman Hindu.

Peta Kalimantan Utara

Peta-Kalimantan-Utara

Merujuk seperti judul di atas berikut wujud dari peta Provinsi Kalimantan Utara lengkap dengan letak kabupaten maupun kota yang ada di provinsi tersebut. Perhatikan peta di bawah ini! Untuk mengunduhnya silahkan klik/klik kanan kemudian simpan di komputer anda.

Demikian Peta Kalimantan Utara dengan sekilas sejarah yang mengantarkan wilayah tersebut menjadi provinsi mandiri. Semoga menjadi catatan sejarah khususnya negara Republik Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.