Informasi tentang Adira Finance dan Produk-2 nya


Source: Adira Finance Website | Inquiry: Marcell R.S. [WA: +62 821-8663-2126]

Daftar Isi


  1. Sekilas Perusahaan
  2. Produk Adira Finance
    1. Kredit Mobil
    2. Kredit Motor
    3. Kredit Multiguna
    4. Kredit Elektronik & Furnitur
    5. Pembiayaan Syariah Umrah
  3. Informasi untuk Pelanggan
  4. Makin mudah bayar cicilan pakai Virtual Account

Sekilas Perusahaan

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal, Adira Finance berkomitmen untuk menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terkemuka di Indonesia. Adira Finance hadir untuk melayani beragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik baru ataupun bekas. Melihat adanya potensi ini, Adira Finance mulai melakukan penawaran umum melalui sahamnya pada tahun 2004 dan Bank Danamon menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 75%. Melalui beberapa tindakan korporasi, saat ini Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 92,07% atas Adira Finance. Adira Finance pun menjadi bagian Temasek Holdings yang merupakan perusahaan investasi plat merah asal Singapura.

Pada 2012, Adira Finance menambah ruang lingkup kegiatannya dengan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Demi memberikan pengalaman layanan pembiayaan yang maksimal, Perusahaan pun mulai menyediakan produk pembiayaan durables bagi konsumennya. Hingga tahun 2015, Adira Finance mengoperasikan 558 jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan didukung oleh lebih dari 21 ribu karyawan, untuk melayani 3 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola lebih dari Rp 40 triliun.

Adira Finance senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia. Melalui identitas dan janji brand “Sahabat Setia Selamanya”, Adira Finance berkomitmen untuk menjalankan misi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan melalui penyediaan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen serta memberikan pengalaman yang menguntungkan konsumen.

LOGO ADIRA FINANCE

Penghargaan

Adira Finance Kembali Ukir Prestasi dalam Service Quality Award 2019
Andil Gardira bagi Kesuksesan Adira Finance Dianugerahi Penghargaan HR Excellence 2019
Direktur Utama Adira Finance Memperoleh Penghargaan Dalam Multifinance Top Leader Award 2019
Adira Finance Menjadi Brand Yang Paling Direkomendasikan Tahun 2019
Direktur Utama Adira Finance Dianugerahi Best CEO dalam Obsession Awards 2019
Direktur Utama Adira Finance Raih Gelar Most Inspiring CEO Dalam Ajang iCIO Awards 2019

Produk Adira Finance

  1. Kredit Mobil
  2. Kredit Motor
  3. Kredit Multiguna
  4. Kredit Elektronik & Furnitur
  5. Pembiayaan Syariah Umrah

Kredit Mobil


Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia menawarkan kemudahan bagi para Sahabatnya untuk memiliki kendaraan (mobil baru dan second) berbagai merek dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, layanan informasi Dering Adira 1500 511, jaringan pelayanan di lebih dari 500 jaringan usaha di Indonesia serta sistem penyimpanan BPKB yang aman. Adira Finance pun memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah). Berikut perhitungan simulasi kredit mobil bekas atau baru yang bisa Anda coba.

Adira Finance akan selalu hadir dengan menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen dan memberikan pengalaman yang menguntungkan untuk Sahabatnya.

Tanya Jawab

Persyaratan kredit kendaraan untuk NEW Customer ?

  1. Karyawan
    • WNI
    • Lama kerja minimal 1 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat / Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal ( Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Bukti penghasilan berupa Slip Gaji atau Surat Keterangan Gaji (Slip Gaji minimal 3 bulan terakhir)
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun
  2. Wiraswasta
    • WNI
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat/Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal (Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Rekening Tabungan / Rekening Koran / Kwitansi / Bon-bon usaha / Rekap pendapatan usaha
    • Foto tempat dan aktifitas usaha disertakan foto copy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha / Denah tempat usaha yang diberi paraf oleh CA
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
  3. Profesional
    • WNI
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat / Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal (Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Rekening Tabungan / Rekening Koran / Rekap pendapatan praktel/profesi / Daftar pasien/klien
    • Foto tempat dan aktifitas usaha disertakan foto copy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha / Denah tempat usaha yang diberi paraf oleh CA
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
  4. Perusahaan
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • FC KTP Direktur/Komisaris/Pejabat lainnya sesuai akta yang berwenang
    • FC Akte Pendirian peusahaan, perubahan-perubahan, dan pengesahannya (bila ada)
    • FC Bukti usaha berupa TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan SIUP (Surat Ijin Usaha dan Perdagangan) atau TDR (Tanda Daftar Rekanan) atau SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) atau SITU (Surat Ijin Tempat Usaha) yang masih berlaku
    • FC Bukti Keuangan berupa fotocopy rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir atau fotocopy laporan keuangan 1 tahun/periode terakhir FC NPWP

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Additional Order (Tambahan Order)

  1. Nasabah telah melakukan pembayaran angsuran minimal 6x angsuran dan masih dalam masa angsuran Perjanjian Kontrak lama (kredit belum lunas)
  2. Tidak pernah Overdue (OD) lebih dari 30 hari per angsuran selama tenor berjalan dan tidak dirata-ratakan
  3. Kendaraan tidak pernah di tarik (Reposses)
  4. History pembayaran tidak pernah ada keterlambatan lebih dari 120 hari atau dihapusbukukan (WO)
  5. Persyaratan & ketentuan dokumen adalah sbb :
    • Fotocopy KTP pemohon dan pasangan (Suami-Istri) dan penjamin (bila ada)
    • Fotocopy Kartu Keluarga
    • History Payment pemohon (dari kantor Adira terdaftar)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Repeat Order

  1. Nasabah telah melunasi kewajiban angsuran secara normal atau dipercepat (non kasus)
  2. Lunas maksimal 12 bulan sejak pembayaran terakhir
  3. Tidak pernah Overdue (OD) lebih dari 30 hari per angsuran selama tenor berjalan dan tidak dirata-ratakan
  4. Tidak terdapat Overdue BPKB (atau BPKB sudah diterima oleh Cabang) terhadap unit kendaraan sebelumnya
  5. Kendaraan tidak pernah di tarik (Reposses)
  6. History pembayaran tidak pernah ada keterlambatan lebih dari 120 hari atau dihapusbukukan (WO)
  7. Persyaratan & ketentuan dokumen :
    • Fotocopy KTP pemohon dan pasangan (Suami-Istri) dan penjamin (bila ada)
    • Fotocopy Kartu Keluarga
    • History Payment pemohon (dari kantor Adira terdaftar)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Instant Approval

Hanya berlaku untuk pengajuan unit kendaraan baru dan program Maxi

  • Persyaratan untuk NMCY :
    1. Khusus kendaraan merk Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki & Piaggio
    2. DP Net minimal >= 30%
    3. Khusus PNS atau Pegawai BUMN/BUMD lama kerja 2 tahun, DP >= 20%
    4. Bukan termasuk blacklist & negative list (BI Cheking)
  • Persayaratan untuk program Maxi :
    1. Nama pemohon sama dengan nama pemohon di Perjanjian Kontrak lama atau nama pemohon adalah suami/istri konsumen dan wajib melampirkan bukti.
    2. Syarat tambahan untuk AO/RO Instan Approval :
      • AO
        1. Angsuran <= 3 bulan akan lunas.
        2. Tidak pernah OD >= 30 hari selama 6 bulan terakhir dimana tidak pernah OD > 60 hari selama tenor.
        3. Unit masih berada pada konsumen
        4. Tidak ada tunggakan Denda.
      • RO
        1. Angsuran sudah lunas max 12 bulan sejak pembayaran terakhir.
        2. Tidak pernah OD >= 30 hari selama 6 bulan terakhir dimana 2 bulan terakhir OD <= 15 hari.
        3. Tidak ada tunggakan Denda.
  • Nilai angsuran Perjanjian Kontrak baru terhadap angsuran di Perjanjian Kontrak lama adalah ≤ 125% dari Perjajian Kontrak lama
  • Bukan termasuk blacklist & negative list (BI Cheking)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Program Reguler

  1. DP Net minimal motor 15% (untuk Konvensional) dan 10% (untuk Syariah) untuk jenis kendaraan motor bebek, scootermatic, dan sport kapasitas s/d 500 cc
  2. Usia kendaraan maksimal untuk motor bekas adalah 12 tahun sampai dengan akhir tenor.

Kredit Motor


Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia menawarkan kemudahan bagi para Sahabatnya untuk memiliki kendaraan (kredit motor baru dan bekas) dari berbagai merek dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, layanan informasi Dering Adira 1500 511, jaringan pelayanan di lebih dari 500 jaringan usaha di Indonesia serta sistem penyimpanan BPKB yang aman. Adira Finance pun memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah). Untuk melakukan simulasi kredit, silahkan klik di sini.

Adira Finance akan selalu hadir dengan menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen dan memberikan pengalaman yang menguntungkan untuk Sahabatnya.

Tanya Jawab

Persyaratan kredit kendaraan untuk NEW Customer ?

  1. Karyawan
    • WNI
    • Lama kerja minimal 1 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat / Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal ( Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Bukti penghasilan berupa Slip Gaji atau Surat Keterangan Gaji (Slip Gaji minimal 3 bulan terakhir)
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun
  2. Wiraswasta
    • WNI
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat/Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal (Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Rekening Tabungan / Rekening Koran / Kwitansi / Bon-bon usaha / Rekap pendapatan usaha
    • Foto tempat dan aktifitas usaha disertakan foto copy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha / Denah tempat usaha yang diberi paraf oleh CA
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
  3. Profesional
    • WNI
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • FC KTP pemohon dan KTP pasangan yang masih berlaku
    • FC Kartu Keluarga atau Surat / Akte Nikah
    • FC Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal (Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
    • FC Rekening Tabungan / Rekening Koran / Rekap pendapatan praktel/profesi / Daftar pasien/klien
    • Foto tempat dan aktifitas usaha disertakan foto copy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha / Denah tempat usaha yang diberi paraf oleh CA
    • FC NPWP jika pembiayaan > 50 Juta
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
  4. Perusahaan
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • FC KTP Direktur/Komisaris/Pejabat lainnya sesuai akta yang berwenang
    • FC Akte Pendirian peusahaan, perubahan-perubahan, dan pengesahannya (bila ada)
    • FC Bukti usaha berupa TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan SIUP (Surat Ijin Usaha dan Perdagangan) atau TDR (Tanda Daftar Rekanan) atau SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) atau SITU (Surat Ijin Tempat Usaha) yang masih berlaku
    • FC Bukti Keuangan berupa fotocopy rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir atau fotocopy laporan keuangan 1 tahun/periode terakhir FC NPWP

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Additional Order (Tambahan Order)

  1. Nasabah telah melakukan pembayaran angsuran minimal 6x angsuran dan masih dalam masa angsuran Perjanjian Kontrak lama (kredit belum lunas)
  2. Tidak pernah Overdue (OD) lebih dari 30 hari per angsuran selama tenor berjalan dan tidak dirata-ratakan
  3. Kendaraan tidak pernah di tarik (Reposses)
  4. History pembayaran tidak pernah ada keterlambatan lebih dari 120 hari atau dihapusbukukan (WO)
  5. Persyaratan & ketentuan dokumen adalah sbb :
    • Fotocopy KTP pemohon dan pasangan (Suami-Istri) dan penjamin (bila ada)
    • Fotocopy Kartu Keluarga
    • History Payment pemohon (dari kantor Adira terdaftar)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Repeat Order

  1. Nasabah telah melunasi kewajiban angsuran secara normal atau dipercepat (non kasus)
  2. Lunas maksimal 12 bulan sejak pembayaran terakhir
  3. Tidak pernah Overdue (OD) lebih dari 30 hari per angsuran selama tenor berjalan dan tidak dirata-ratakan
  4. Tidak terdapat Overdue BPKB (atau BPKB sudah diterima oleh Cabang) terhadap unit kendaraan sebelumnya
  5. Kendaraan tidak pernah di tarik (Reposses)
  6. History pembayaran tidak pernah ada keterlambatan lebih dari 120 hari atau dihapusbukukan (WO)
  7. Persyaratan & ketentuan dokumen :
    • Fotocopy KTP pemohon dan pasangan (Suami-Istri) dan penjamin (bila ada)
    • Fotocopy Kartu Keluarga
    • History Payment pemohon (dari kantor Adira terdaftar)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Instant Approval

  • Persyaratan untuk NMCY :
  • Khusus kendaraan merk Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki & Piaggio
  • DP Net minimal >= 30%
  • Khusus PNS atau Pegawai BUMN/BUMD lama kerja 2 tahun, DP >= 20%
  • Bukan termasuk blacklist & negative list (BI Cheking)
  • Persayaratan untuk program Maxi :
  • Nama pemohon sama dengan nama pemohon di Perjanjian Kontrak lama atau nama pemohon adalah suami/istri konsumen dan wajib melampirkan bukti.
  • Syarat tambahan untuk AO/RO Instan Approval :
    • AO
      1. Angsuran <= 3 bulan akan lunas.
      2. Tidak pernah OD >= 30 hari selama 6 bulan terakhir dimana tidak pernah OD > 60 hari selama tenor. Tidak pernah OD >= 30 hari selama 6 bulan terakhir dimana 2 bulan terakhir OD <= 15 hari.
      3. Unit masih berada pada konsumen
    • RO
      1. Angsuran sudah lunas max 12 bulan sejak pembayaran terakhir.
      2. Tidak pernah OD >= 30 hari selama 6 bulan terakhir dimana 2 bulan terakhir OD <= 15 hari.
      3. Tidak ada tunggakan Denda.
  • Nilai angsuran Perjanjian Kontrak baru terhadap angsuran di Perjanjian Kontrak lama adalah ≤ 125% dari Perjajian Kontrak lama
  • Bukan termasuk blacklist & negative list (BI Cheking)

Persyaratan Kredit Kendaraan untuk Program Reguler

  1. DP Net minimal motor 15% (untuk Konvensional) dan 10% (untuk Syariah) untuk jenis kendaraan motor bebek, scootermatic, dan sport kapasitas s/d 500 cc
  2. Usia kendaraan maksimal untuk motor bekas adalah 12 tahun sampai dengan akhir tenor.

Kredit Multiguna


Tanya Jawab

Apakah yang dimaksud dengan produk Multiguna Maxi ?

Jenis pembiayaan kebutuhan Konsumen atas Barang dan Jasa dengan menjaminkan BPKB kendaraan Motor / Mobil. Contoh: Untuk biaya renovasi rumah, wisata/perjalanan, pendidikan, kredit kembali kendaraan bermotor, elektronik dan lain lain.

Siapa saja yang dapat mengambil produk Multiguna Maxi ?

Semua masyarakat baik Debitur ADIRA aktif dan non aktif maupun New Customer.

Apakah bisa mengambil produk Multiguna Maxi tanpa jaminan?

Tidak bisa, saat ini untuk mengajukan produk Multiguna harus dengan jaminan BPKB Motor / Mobil.

Apa saja yang bisa dibiayai oleh produk Multiguna Maxi ?

Yang dapat dibiayai untuk Produk Multiguna ini adalah :

  1. Travel/Wisata
  2. Biaya Pendidikan
  3. Biaya kesehatan,
  4. Biaya Renovasi Rumah
  5. Biaya untuk mengajukan paket franchise
  6. Membeli kendaraan bermotor, elektronik

Apakah Nasabah harus mengambil barang/produk/paket dari mitra yang kerjasama dengan Adira Finance?

Tidak wajib. Nasabah dapat memilih sendiri pihak ketiga penyedia jasa nya.

Apakah pencairan dana produk Multiguna Maxi harus dicairkan ke pihak ketiga?

Tidak wajib. Pencairan dana dapat dilakukan kepada konsumen dengan syarat konsumen dapat melampirkan invoice/kuitansi dari pihak ketiga atau Rincian Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat oleh Konsumen.

Apakah perbedaan MAXI dengan Multiguna Maxi ?

  1. Pembiayaan multiguna memiliki tujuan penggunaan pembiayaan spesifik, misalnya untuk renovasi rumah, wisata/perjalanan, pendidikan, dll dan dapat dibuktikan dengan RAB/Invoice/kuitansi dari pihak ketiga Pembiayaan MAXI bersifat lebih umum (disesuaikan dengan kebutuhan Customer) dan tidak wajib melampirkan RAB/Invoice/kuitansi dari pihak ketiga

Apakah persyaratan untuk mengajukan produk Multiguna Maxi ?

Persyaratan untuk mengajuan Produk Multiguna adalah sbb :

  1. KTP (suami / istri)
  2. Kartu Keluarga
  3. Bukti Penghasilan
  4. Bukti Pemilikan Rumah
  5. Dokumen Kendaraan :
    1. STNK
    2. BPKB + Faktur Asli

Berapa usia kendaraan yang dapat dibiayai?

  • Untuk unit Motor : maksimal 8 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit, dan dibuktikan dengan BPKB / STNK / Faktur
  • Untuk unit Mobil passenger / penumpang : maksimal 12 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit, dan dibuktikan dengan BPKB / STNK / Faktur
  • Untuk unit mobil Comersial : maksimal 10 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit, dan dibuktikan dengan BPKB / STNK / Faktur

Kredit Elektronik & Furnitur


Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia menawarkan kemudahan bagi para Sahabatnya untuk memiliki produk elektronik seperti laptop, kulkas, AC, mesin cuci, TV, serta perabotan rumah tangga seperti furnitur, lemari, dan lain-lain dari berbagai merek dengan persyaratan kredit yang mudah, pilihan pembayaran yang banyak,dan layanan informasi yang bersahabat (Dering Adira 1500 511). Adira Finance pun memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih nasabah (konvensional dan syariah). Bila Anda tertarik, kami menyediakan simulasi kredit untuk barang elektronik dan furniture bagi Anda yang memang ingin mengetahui bagaimana rincian dan perhitungannya.

Adira Finance akan selalu hadir dengan menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen dan memberikan pengalaman yang menguntungkan untuk Sahabatnya.

Tanya Jawab

Bagaimana cara mengajukan pembiayaan elektronik dan furnitur di Adira Finance?

Konsumen bisa datang langsung ke Kantor Cabang Adira terdekat untuk pengajuannya atau ke toko-toko yang sudah bekerja sama dengan Adira.

Apa persyaratan umum untuk dapat mengajukan pembiayaan di Adira Finance?

Persyaratan umum calon konsumen:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun pada saat akhir tenor pembiayaan
  • Memiliki penghasilan yang dapat dibuktikan

Apa saja persyaratan dokumen untuk mengajukan pembiayaan elektronik dan furnitur di Adira Finance?

  • Khusus untuk konsumen eksisting Adira Finance / Adira Quantum:
    • Mengisi & menandatangani Formulir Aplikasi Pembiayaan
    • FC KTP aktif
  • Untuk konsumen baru:
    • Mengisi & menandatangani Formulir Aplikasi Pembiayaan
    • FC KTP aktif
    • Dokumen bukti penghasilan (FC slip gaji / Asli Surat Keterangan Penghasilan / FC rekening tabungan
    • FC NPWP wajib dilampirkan jika pengajuan > Rp 50.000.000,-

Berapa syarat penghasilan jika ingin mengajukan pembiayaan elektronik dan furnitur di Adira Finance?

Minimal penghasilan perbulan Rp. 1.000.000,- dan dapat dibuktikan.

Apakah jaminan yang harus diberikan untuk pembiayaan elektronik / furnitur?

Untuk pembiayaan elektronik / furnitur ini tidak diperlukan collateral / jaminan.

Berapa suku bunga kredit & jangka waktu cicilan?

Untuk suku bunga dan tenor pembiayaan dapat langsung ditanyakan ke Kantor Cabang Adira Finance terdekat karena berbeda sesuai kebijakan masing-masing Cabang.

Jika saya masih ada angsuran motor / mobil, apakah tetap bisa mengajukan pembiayaan elektronik / furnitur?

Hal ini tergantung pada hasil analisa penghasilan dan besar angsuran sesuai kebijakan perusahaan.

Barang-barang apa saja yang dapat dibiayai?

  • Secara umum semua barang yang ada di toko yang sudah bekerja sama dapat dibiayai, meliputi antara lain:
    • Elektronik: home appliance, au-vi, kamera
    • Furnitur: spring bed, sofa, meja, kursi, lemari
    • Komputer: desktop pc, laptop
    • Gadget: tablet, mobile phone
    • Others: sepeda, generator listrik, alat fitnes, dll

Berapa pokok hutang yang dapat dibiayai?

Minimal Rp 1.000.000,-, Maksimal Rp 100.000.000,-

Berapa uang mukanya?

Khusus untuk konsumen existing Adira Finance, tidak diperlukan uang muka untuk semua jenis barang yang ingin dibiayai.

Berapa biaya untuk pengajuan pembiayaan elektronik / furnitur?

Untuk pengajuan pembiayaan elektronik / furnitur tidak dikenakan biaya apapun.

Apakah ada biaya administrasi untuk pembiayaan elektronik / furnitur?

Biaya administrasi dikenakan hanya untuk pengajuan yang sudah disetujui dan ditransaksikan.

Bagaimana mekanisme pengambilan barang?

  • Pengambilan barang dilakukan setelah pengajuan disetujui, dilakukan di toko yang ditunjuk / dipilih dengan menandatangani Surat Pesanan. Pada saat tersebut, konsumen wajib melakukan pembayaran pertama kepada toko, terdiri dari:
    • Uang muka (jika ada)
    • Angsuran pertama, tidak berlaku jika skema in arrears (angsuran pertama dibayar di bulan berikutnya)
    • Biaya Administrasi Pengajuan Pembiayaan

Apakah pengambilan barang dapat diwakilkan?

Boleh jika disertai dengan surat kuasa di atas materai.

Apakah barang yang dibiayai diasuransikan oleh Adira Finance?

Tidak diasuransikan

Apakah Adira Finance bertanggung jawab jika barang yang diambil tidak berfungsi?

Terkait dengan spesifikasi barang dan fungsinya adalah tanggung jawab pihak toko. Adira Finance tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada barang.

Pembiayaan Syariah Umrah


Adira Finance Syariah memiliki banyak produk produk pembiayaan Syariah diantaranya produk Syariah Motor (baru & bekas), Syariah Mobil (baru & bekas), Syariah Durable (elektronik & furniture), dan Syariah Umrah (regular & corporate).

Produk Pembiayaan Syariah Umrah adalah produk pembiayaan paket Umrah dengan menggunakan akad yg berprinsip Syariah, yakni akad Murabahah (akad jual beli dengan tegaskan untung).

Produk pembiayaan Syariah Umrah adalah salah satu produk unggulan dari Adira Finance Syariah,karena produk ini membantu para calon jamaah untuk bisa pergi beribadah Umrah, tanpa harus menunggu memiliki uang cash atau menabung terlebih dahulu.

Adira Finance Syariah memiliki kerjasama dengan lebih dari 35 travel Umrah lokal & nasional, misalnya travel Umrah NRA, ESQ, Sahara Kafila dan lain lain.

Produk Pembiayaan Syariah Umrah tersedia di 40 Kantor Cabang Unit Syariah (KCUS) di Indonesia.

Ada 2 jenis produk Syariah Umrah yakni:

• Reguler, Pembiayaan Syariah Umrah dengan jaminan BPKB motor atau mobil.
• Corporate, Pembiayaan Syariah Umrah tanpa jaminan ( potong gaji).

Kelebihan dari pembiayan Syariah Umrah yakni :

  1. Bisa berangkat duluan, angsur di belakang
  2. Bisa memberangkatkan keluarga tercinta
  3. Tersedia berbagai jenis paket Umrah dari puluhan travel Umrah yg terpercaya

Berkah Bersama Syariah.

Tanya Jawab

Apakah yang dimaksud dengan Program Pembiayaan Paket Umrah?

Program pembiayaan Paket Perjalanan Umrah Adira Finance Syariah dengan berdasarkan prinsip akad Murabahah (jual beli) dengan menggunakan jaminan BPKB kendaraan (Motor/Mobil).

Program berlaku di Cabang Unit Syariah (KCUS) Adira Finance, sbb :

Apakah biaya perjalanan Ibadah Umrah boleh dilakukan dengan cara berhutang dan pembayarannya dengan cara diangsur ?

Boleh, dengan syarat sumber hutangnya adalah halal dan Konsumen berkeinginan atau mampu melunasinya pada waktu yang ditentukan.

Pada prinsipnya hukum setiap muamalah itu diperbolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya (kaidah fiqih)

Kapan periode pembiayaan paket umrah?

Periode program 01 Januari 2020 – 31 Desember 2020

Apakah benefit mengikuti program ini jika dibandingkan dengan program pembiayaan lain atau umrah langsung melalui travel umrah?

  • Pembayaran biaya umrah dengan cara diangsur sehingga terjangkau
  • Dapat berangkat terlebih dahulu tanpa harus menunggu pelunasan
  • Menggunakan akad murabahah yang sesuai prinsip syariah dengan harga yang terjangkau
  • Adira Finance Syariah hanya bekerjasama dengan travel-travel yang telah terpercaya dan memenuhi criteria 5 PASTI UMRAH dari Kementerian Agama yaitu :
    • Pasti Travel Berizin
    • Pasti Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan,
    • Pasti Program Layanannya,
    • Pasti Hotelnya, dan
    • Pasti Visanya

Apakah persyaratan untuk mengajukan Pembiayaan Paket Umrah Adira Finance Syariah?

Dokumen persyaratan untuk mengajukan Pembiayaan Paket Umrah Adira Finance Syariah adalah sebagai berikut:

  1. FC KTP
  2. FC KTP Pasangan (jika sudah menikah)
  3. FC Kartu Keluarga
  4. BPKB dan STNK asli

Apa saja kriteria jaminan yang bisa digunakan untuk pembiayaan umrah ?

Motor

  • Batas usia Kendaraan 12 Tahun Sampai Akhir Tenor
  • Merk : Suzuki, Honda, Yamaha dan Kawasaki Ninja
  • Contoh :
    • Jika ditahun 2020 ini Konsumen mengajukan pembiayaan umroh dengan tenor 2 tahun (selesai Pembiayaan tahun 2022), maka batas maksimal kendaraan yang bisa dijaminkan adalah tahun 2010.
    • Jika Calon Konsumen ingin mengikuti paket umroh senilai 19 juta dan nilai jaminannya mendapatkan harga 7 juta, maka kekurangan harga paketnya dibayarkan sebagai uang muka / DP.

Mobil

  1. Batas usia Kendaraan passenger 12 Tahun Sampai Akhir Tenor, usia kendaraan komersial 10 tahun sampai akhir tenor
  2. All merk
  3. Contoh :
    • Jika ditahun 2020 ini Konsumen mengajukan pembiayaan umroh dengan tenor 1 tahun (selesai Pembiayaan tahun 2021), maka batas maksimal kendaraan (mobil-type passanger) yang bisa dijaminkan adalah tahun 2009.

Bagaimana cara mengajukan pembiayaan paket umrah ini ?

  1. Konsumen dapat mengajukan Pembiayaan Umrah langsung ke Kantor Cabang Unit Syariah (KCUS) Adira Finance, atau
  2. Konsumen dapat mengajukan pembiayaan Umrah melalui Mitra Travel yang bekerja sama dengan Adira Finance (list Mitra Travel lihat point nomor 8), atau
  3. Konsumen dapat menghubungi Dering Adira 1500511, atau
  4. Konsumen dapat mengajukan pembiayaan umrah melalui email customercare_@_adira dot co_dot_id atau
  5. Konsumen dapat mengajukan pembiayaan umrah melalui website Adira Finance www_dot_adira_dot_co_dot_id

Biro Perjalanan Umroh (Travel) mana sajakah yang bekerjasama dengan Adira Finance ?

Biro Perjalanan umrah / Mitra Travel yang bekerjasama dengan Adira Finance Syariah untuk periode ini adalah :

Apakah Biro Perjalanan Umrah / Mitra Travel bisa dipilih sendiri oleh Konsumen ?

Ya bisa, dengan ketentuan biro perajalanan/mitra travel yang sudah bekerja sama dengan Adira Finance sesuai dengan list biro perjalanan / mitra travel pada point nomor 8 diatas.

Apakah dokumen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan umrah?

Dokumen Calon Jama’ah umrah yang wajib dilengkapi adalah sebagai berikut (berlaku untuk seluruh jamaah):

  • Maksud dari passpor dengan 3 nama adalah nama pada passpor harus terdiri dari 3 nama. Contoh : Arief Lukman Hakim Jika nama Calon Konsumen hanya terdiri dari 2 nama, maka pada passpor akan di tambahkan nama orang tua dibelakng nama calon Konsumen tersebut. Contoh : Yanina Sari binti Samsuri
  • Dokumen tersebut diserahkan kepada Biro Perjalanan Umrah / Mitra Travel yang dipilih oleh Konsumen dan yang bekerjasama dengan Adira Finance Syariah

Kapan keberangkatan umrah tahun 2020?

Jadwal keberangkatan umroh menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan dari travel umrah yang dipilih.

Berapakah sanksi keterlambatan yang harus Kosumen bayar, jika terjadi ketelambatan dalam pembayaran angsurannya ?

  • Untuk sanksi keterlambatan atas pembiayaan dengan jaminan BPKB Motor adalah 0,5% perhari x jumlah angsuran perbulan. Misalnya : Angsuran perbulan sebesar Rp 725000,- x 0,5% Jumlah sanksi keterlambatan perharinya adalah Rp 3.625,-
  • Untuk sanksi keterlambatan atas pembiayaan dengan jaminan BPKB Mobil adalah 0,2% perhari x jumlah angsuran perbulan. Misalnya : Angsuran perbulan sebesar Rp 3.250.000,- x 0,2% Jumlah sanksi keterlambatan perharinya adalah Rp 6.500,-

Note : Sanksi keterlambatan yang dibayarkan oleh konsumen akan dialokasikan ke dalam dana kebajikan yang akan disalurkan untuk kemaslahatan umat.

Berapakah harga paket umrah yang ditawarkan dalam program ini?

Angsuran dalam tabel tersebut merupakan simulasi dan akan dikonfirmasikan setelah taksasi dilakukan oleh Petugas Marketing Adira Finance.

Catatan :

Yang dimaksud dengan harga paket :

  1. Double : 1 kamar berdua
  2. Triple : 1 kamar bertiga

Quad : 1 kamar berempat

Informasi untuk Pelanggan Adira Finance


Tanya Jawab

Persyaratan Perpanjang STNK Kendaraan

A. Syarat perpanjangan STNK untuk nasabah perorangan adalah :

  1. Tidak ada denda, jika ada maka denda harus dilunasi dahulu*
  2. *Jika ada keinginan nasabah untuk melakukan pembayaran di akhir tenor, maka denda tetap dibayarkan meskipun dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesanggupan dan negosiasi antara nasabah dengan cabang setempat. Keputusan akhir diserahkan kepada kebijakan pimpinan cabang.
  3. Membawa STNK Asli.
  4. Membawa KTP Asli dan masih berlaku sesuai nama di STNK *
  5. *Jika nasabah melakukan pembelian unit bekas dari showroom maka unit tersebut telah berpindah tangan yang dibuktikan dengan kuitansi jual beli, maka foto copy KTP bisa diterima sebagai dokumen pendukung yang melengkapi KTP atas nama terakhir di BPKB
  6. Membayar biaya administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.”

B. Syarat perpanjangan STNK untuk nasabah perusahaan adalah :

  1. Tidak ada denda, jika ada maka denda harus dilunasi dahulu*
  2. *Jika ada keinginan nasabah untuk melakukan pembayaran di akhir tenor, maka denda tetap dibayarkan meskipun dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesanggupan dan negosiasi antara nasabah dengan cabang setempat. Keputusan akhir diserahkan kepada kebijakan pimpinan cabang.
  3. Membawa STNK Asli.
  4. Foto Copy SIUP yang diberi stempel perusahaan.
  5. Membawa Surat kuasa dengan menggunakan kop surat perusahaan dengan alamat yang sama dengan STNK dan ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat yang berwenang.
  6. Membayar biaya administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.”

Persyaratan Pengambilan BPKB

Pengambilan BPKB oleh pemohon kredit.
Syarat :

  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira
  • Kartu Indentitas (KTP) nasabah asli dan masih berlaku
  • Surat keterangan pindah alamat dari kelurahan jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan kredit.

Pengambilan BPKB selain pemohon kredit (dikuasakan).
Syarat :

  • Kartu Indentitas (KTP) asli & masih berlaku atas nama nasabah (pemberi kuasa) & penerima kuasa
  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira
  • Surat kuasa bermaterai asli yang berisi identitas pemohon kredit (pemberi kuasa), penerima kuasa dan identitas kendaraan. ( contoh suarat kuasa bisa dilihat di file form surat kuasa pengambilan BPKB yang di tandatangani
  • Surat keterangan pindah alamat dari kelurahan jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan kredit.
  • Tanda tangan pemberi kuasa pada surat kuasa harus sama dengan tanda tangan KTP asli

Pengambilan BPKB jika pihak pengambil BPKB bukan debitur namun tidak memiliki surat kuasa karena debitur meninggal .
Syarat :

  • Bukti kwitansi pelunasan atau kwitansi pembayaran asli yang terakhir
  • KTP asli pihak pengambil yang masih berlaku dan dokumen yang menunjukkan hubungan antara debitur dengan pihak pengambil BPKB, yaitu Kartu Keluarga atau Surat Nikah.
  • Surat pernyataan pengambilan BPKB bermaterai asli ( contoh surat kuasa bisa dilihat di file form surat kuasa pengambilan BPKB jika dibitur meninggal)
  • Surat keterangan kematian debitur dari RT/RW setempat dan atau pihak yang berwenang lainnya
  • Pengambil BPKB adalah ahli waris yang dilengkapi dengan bukti pertalian resmi hubungan kekerabatan antara debitur (selaku pewaris) dan pengambil BPKB ( selaku ahli waris).

Pengambilan BPKB untuk Perusahaan :
Syarat :

  • Copy SIUP dan TDP yang masih berlaku.
  • KTP asli pemilik perusahaan/direktur yang masih berlaku.
  • Kuitansi asli pembayaran angsuran terakhir
  • Jika pengambilan BPKB diwakilkan, maka diperlukan :
  • KTP asli dan masih berlaku atas pemilik perusahaan/direktur (pemberi kuasa) dan penerima kuasa.
  • Surat Kuasa bermaterai asli yang berisi identitas pemberi kuasa, penerima kuasa dan identitas kendaraan.
  • Tanda tangan pemberi kuasa pada surat kuasa harus sama dengan tanda tangan pada KTP asli.
  • Lunas di percepat (Pretermination)

BPKB baru bisa diambil 3 s/d 7 hari setelah nasabah melakukan pelunasan.
Syarat :

  • Kartu Indentitas (KTP/SIM) nasabah asli dan masih berlaku
  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira

Lunas Normal
Syarat :

  • Kartu Indentitas (KTP/SIM) nasabah asli dan masih berlaku
  • Kwitansi pelunasan atau kwitansi pembayaran terakhir

Tanya Jawab Sosialisasi Biaya Adm Kantor POS

  1. Apakah yang dimaksud dengan biaya administrasi ?
    • Biaya yang dikenakan ke debitur untuk peningkatan kualitas pelayanan pembayaran Angsuran Adira Finance. Biaya tersebut yang dikenakan per transaksi.
  2. Berapa besar biaya administrasi per transaksinya?
    • Motor Rp 7500; Durable Rp 7500; Mobil Rp 20000 per transaksi.
  3. Sejak kapan biaya administrasi tersebut berlaku?
    • Serentak 18 September 2015 untuk pembayaran seluruh Area Kantor POS di Indonesia
  4. Apakah biaya administrasi tersebut juga dikenakan apabila saya melakukan pembayaran di ATM, EDC, I-Banking/E-Banking?
    • Tidak dikenakan biaya administrasi.
  5. Apabila saya ingin membayar 2 angsuran sekaligus dengan No. PK yang sama, berapa biaya administrasi yang akan dikenakan?
    • Biaya administrasi yang dikenakan Rp 8.000,- (karena mendapatkan 2 resi/bukti pembayaran)

Tanya Jawab Pembayaran Angsuran melalui PPOB

  1. Apakah yang dimaksud dengan Payment Point Online Bank (PPOB)
    • PPOB adalah suatu layanan online payment dari ADIRA FINANCE yang bekerjasama dengan Perbankan dan Mitra / Rekanan untuk melayani pembayaran angsuran Nasabah ADIRA FINANCE.
  2. Apakah dengan melakukan pembayaran di Payment Point Online Bank (PPOB), data saya akan langsung meng-update kepada database ADIRA FINANCE?
    1. Ya, Setiap pembayaran yang dilakukan melalui Payment Point Online Bank (PPOB) ataupun online payment lainnya (ATM, EDC dan POS) akan langsung dapat meng-update database ADIRA FINANCE.Informasi Payment Chanel (Online Payment) Pembayaran Angsuran Adira Finance :
    • Melalui Autodebet Danamon
    • Melalui Mobile Banking dan SMS Banking Danamon
    • Melalui ATM Bank Danamon
    • Aplikasi Akses Adira Finance
    • Kantor Pos
    • Keday Adira Finance
    • Alfamart dan Indomart
  3. Dimanakah saya dapat menemukan loket Payment Point Online Bank (PPOB)?
    • Loket Payment Point Online Bank (PPOB) dapat ditemukan di sekitar lokasi domisili nasabah yang memasang spanduk berlogo “ADIRA FINANCE”
  4. Apakah akan dikenakan biaya tambahan jika nasabah membayar lewat PPOB?
    • Ya, Pembayaran melalui PPOB akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 (Motor dan Kredit Elektronik-Furniture)
    • Pembayaran melalui PPOB tidak berlaku untuk pembayaran angsuran Mobil
  5. Apakah saya juga akan mendapatkan bukti pembayaran jika melakukan pembayaran melalui PPOB ?
    • Ya, Setiap pembayaran yang dilakukan Nasabah akan mendapat struk atau bukti pembayaran yang sah yang berisi informasi berupa angsuran, nomor pengesahan dan berlogo “ADIRA FINANCE”
  6. Apakah saya dapat membayar denda di loket PPOB?
    • Ya, Nasabah dapat melakukan pembayaran denda di loket PPOB
    • Penerimaan denda melalui PPOB / Payment Channel bersifat Closed Payment yaitu dibatasi pada nominal tertentu. Batasan nominal tersebut adalah sbb :
      • Pembiayaan Motor maksimal sebesar Rp 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)
      • Pembiayaan Mobil maksimal sebesar Rp 30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah)
  7. Jika saya terlambat membayar angsuran (over-due), apakah saya dapat melakukan pembayaran melalui PPOB?
    • Ya, Nasabah tetap dapat melakukan pembayaran angsuran melalui PPOB ataupun online payment lainnya selama jumlah hari keterlambatan tidak lebih dari 30 hari sejak tanggal jatuh tempo.
  8. Apakah saya dapat melakukan transaksi pembayaran di loket Payment Point Online Bank (PPOB) lebih dari 1 kali?
    • Ya, Pembayaran angsuran dapat dilakukan lebih dari 1 kali (maksimum 2 kali per hari). Hal ini juga berlaku untuk pembayaran melalui payment channel lainnya
  9. Apabila saya telah melakukan pembayaran angsuran di loket PPOB sebanyak 2 kali, apakah saya dapat melakukan pembayaran di tempat lain?
    • Tidak, Nasabah tidak dapat melakukan pembayaran angsuran lebih dari 2 kali melalui payment channel manapun kecuali pembayaran melalui Cabang ADIRA FINANCE
  10. Apabila angsuran yang telah saya lakukan pembayaran mengalami masalah atau tidak ter-update pada database ADIRA FINANCE, kemanakah saya harus menyampaikan keluhan ?
    • Nasabah dapat menghubungi Adira Finance melalui :
      • Dering Adira Finance 1500511
      • Email : customercare_@_adira_dot_co_dot_id
      • Contact Care Akses Adira Finance
      • Website www_dot_adira_dot_co_dot_id

Cara Pembayaran Angsuran Adira Finance

  • Dimana sajakah pembayaran angsuran kredit Adira Finance dapat di lakukan ? Pembayaran angsuran Adira Finance dapat melalui :
    1. Kantor Cabang Adira Finance terdekat
    2. Melalui Online Payment :
      • Melalui Autodebet Danamon
      • Melalui Mobile Banking dan SMS Banking Danamon
      • Melalui ATM Bank Danamon
      • Aplikasi Adiraku
      • Kantor Pos
      • Keday Adira Finance
      • Alfamart dan Indomart
    3. Pembayaran angsuran menggunakan Nomor Virtual Account masing-masing Customer
    4. Melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau SMS Banking dari Bank manapun (Online Payment). (informasi mengenai VA terdapat pd point nomor 10-13).
    • Note:
      • Pembayaran yang dilakukan melalui Online Payment hanya dapat dilakukan jika pembayaran angsuran tidak ada keterlambatan ≥ 30 hari.
      • Type Angsuran dengan suku bunga menurun (dicline end / angsuran tidak tetap) dapat melakukan pembayaran angsurannya melalui aplikasi adiraku.
  • Apakah pembayaran melalui payment channel berlaku untuk semua jenis pembiayaan di Adira Finance ? Pembayaran melalui Payment Channel berlaku untuk jenis pembiayaan sbb :
  • Berapakah biaya transaksi pembayaran angsuran Adira Finance ?
  • Bagaimanakah cara pembayaran angsuran di kantor Cabang Adira Finance ?
    • Cara melakukan pembayaran angsuran kredit di kantor Cabang Adira Finance adalah Nasabah cukup menyebutkan nomor kontrak Nasabah yang terdiri dari 12 digit/angka kepada kasir/teller kantor Cabang terkait.
  • Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran secara Autodebet Danamon ?
    1. Untuk Pembiayaan Mobil :
      • ​​Pihak Adira Finance akan langsung membuatkan rekening Danamon pada saat pengajuan pembiayaan Customer disetujui / direalisasikan untuk digunakan sebagai autodebet pembayaran angsuran Customer
      • Adira Finance akan mengirimkan Nomor rekening Danamon tersebut kepada Customer melalui SMS
      • Pastikan ketersediaan saldo direkening cukup untuk dilakukan autodebet pembayaran angsuran setiap bulannya sesuai dengan tanggal tempo.
    2. Untuk Pembiayaan Motor dan Durable :
      • ​​Bapak / Ibu (konsumen ) wajib memiliki rekening Danamon,
      • Nasabah mengajukan autodebet ke kantor Cabang terdaftar, kemudian mengisi / melengkapi dan menandatangani beberapa form yang disediakan di kantor Cabang terdaftar
      • Pastikan ketersediaan saldo direkening cukup untuk dilakukan autodebet pembayaran angsuran setiap bulannya sesuai dengan tanggal tempo.
  • Bagaimana cara pembayaran melalui Mobile Banking, SMS Banking Danamon, dan ATM Danamon ?
    • Mobile Banking Danamon
      • Setelah Login pada M-Banking Danamon
      • Pilih menu “Pembayaran”
      • Pilih menu “Pinjaman”
      • Jika Nasabah baru yang ingin melakukan pembayaran angsuran Adira Finance melalui M-Banking Danamon, pilih kolom “Pembayaran Baru/Favorit” dengan pilihan “Tambah Biller Baru Pembayaran” kemudian klik “Lanjut”
      • Pilih “Adira Finance” lalu masukan nomor Perjanjian Kontrak ( PK )
      • Isi kolom “ID Pelanggan” dengan nomor Perjanjian Kontrak (PK) Anda
      • Isi kolom “Deskripsi” kemudian klik “Bayar Sekarang”
      • Masukan mPIN Anda, kemudian klik “OK”
    • SMS Banking Danamon
      • Pilih menu “Pembayaran”
      • Pilih menu “Adira”
      • Pilih menu “Adira lainnya” lalu masukan nomor Perjanjian Kontrak ( PK )
    • ATM Danamon
      • Masukkan kartu ATM Anda​
      • Pilih bahasa yang Anda inginkan
      • Masukkan PIN Anda
      • PILIH ”PEMBAYARAN”
      • PILIH ”ANGSURAN”
      • PILIH ”ADIRA FINANCE”
      • Masukkan 12 digit Nomor PK (Nomor Perjanjian Kredit) Anda, klik “Benar” jika nomor PK telah diinput sesuai
      • Pilih sumber rekening Anda : ”TABUNGAN”
      • Periksa kembali data Anda, jika benar pilih “YA”
    • ATM BNI
      • ​Masukan kartu ATM Anda
      • Kemudian masukan PIN Anda
      • Pilih Bahasa yang ingin digunakan
      • Pilih Menu “Lain”, kemudian pilih “Pembayaran”
      • Pilih “Angsuran Kredit”
      • Pilih “Pembiayaan Lainnya”
      • Masukan “Kode Perusahaan (1002)” diikuti dengan 12 digit “Nomor Kontrak” Customer
      • Pilih “Benar”
      • Pada layar akan memunculkan data pembayaran angsuran Customer
      • Periksa kembali data Anda, jika Benar Pilih “Lanjutkan Pembayaran”
      • Transaksi telah selesai
  • ATM BCA
    • ​Masukan kartu ATM Anda
    • Kemudian masukan PIN Anda
    • Pilih menu “Transaksi Lainnya”
    • Kemudian pilih menu “Pembayaran”
    • Pilih “ Pinjaman”
    • Lalu pilih “Layar Berikut”
    • Pilih “Adira”
    • Input “Nomor Kontrak Customer”
    • Layar akan memunculkan data pembayaran Customer
    • Periksa kembali data Anda, jika benar, Pilih “Ya”
    • Transaksi telah selesai
  • Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran pada Aplikasi Adiraku?
    • Download aplikasi adiraku pada Google Playstore atau AppStore (pengguna Iphone) di handphone Anda, kemudian login pada aplikasi adiraku tersebut.
    • Cara Pembayaran dengan Nilai Angsuran Tetap setiap bulannya
      • Cara Pembayaran dengan Nilai Angsuran Tetap setiap bulannya
      • Klik menu “BAYAR ANGSURAN” (icon gambar tangan memegang uang ) yang ada pada menu “Beranda” atau “Akun”
      • Pilih “No Kontrak” yang ingin Nasabah bayarkan di halaman Kontrak
      • Klik “Bayar Angsuran” di halaman Detil Kontrak
      • Klik “Pilih Pembayaran” di halaman Pembayaran
      • Klik “adirapay” pada halaman Metode Pembayaran
      • Klik “Bayar” di halaman Pembayaran
      • Masukkan PIN yang Anda daftarkan pada saat aktivasi
      • Proses pembayaran angsuran selesai
      • (Jika Konsumen telah mendaftarkan alamat emailnya, maka Konsumen akan menerima pemberitahuan melalui email bahwa pembayaran angsuran telah berhasil)
  • Cara Pembayaran dengan Nilai Angsuran Tidak Tetap setiap bulannya
    • Cara Pembayaran dengan Nilai Angsuran Tidak Tetap setiap bulannya
    • Klik menu “BAYAR ANGSURAN” (icon gambar tangan memegang uang ) yang ada pada menu “Beranda” atau “Akun”
    • Pilih “No Kontrak” yang ingin Nasabah bayarkan di halaman Kontrak
    • Klik “Bayar Angsuran” di halaman Detil Kontrak
    • Klik “Pilih Pembayaran” di halaman Pembayaran
    • Klik “Adirapay” pada halaman Metode Pembayaran
    • Pilih nominal pembayaran yang Anda inginkan.
    • Klik “Pembayaran Minimum” jika ingin membayar sebesar pembayaran minimun
    • Klik “Pembayaran Maksimum” jika ingin membayar sebesar pembayaran maksimum
    • Jika ingin membayar dengan nominal selain pembayaran minimum dan maksimum, ketikkan nominal di kolom “Masukkan Nominal Sendiri”
    • Nominal yang dimasukkan harus diantara pembayaran minimum dan pembayaran maksimum
    • Klik “Bayar” di halaman Pembayaran
    • Masukkan PIN yang Anda daftarkan di adiraku
    • Proses pembayaran angsuran selesai
    • Anda akan mendapat notifikasi bahwa pembayaran angsuran telah berhasil
    • Jika telah mendaftarkan email, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email bahwa pembayaran angsuran telah berhasil
    • Bukti pembayaran dapat dilihat juga pada menu History Transaksi & History Pembayaran pada Aplikasi adiraku
  • Bagaimana cara pembayaran angsuran kredit melalui Online Payment ( Kantor Pos / Keday / Alfamart / Indomaret ) ?
    1. Nasabah menyebutkan nomor Perjanjian Kontrak atau menunjukan kartu Adira Finance Club kepada kasir/teller Kantor Pos / Alfamart / Indomaret.
    2. Pastikan kebenaran datanya saat Kasir/Teller Kantor POS / Alfamart / Indomaret melakukan verfikasi data Nasabahnya
    3. Kwitansi pembayaran angsuran dari Kantor Pos / Alfamart / Indomaret merupakan bukti pembayaran yang sah
    4. Pembayaran melalui Kantor Pos / Alfamart / Indomaret tidak dapat dilakukan jika nasabah terlambat melakukan pembayaran angsuran lebih dari 30 hari.
  • Apakah saya bisa membayar denda di payment channel yang bekerja sama dengan Adira Finance ? Ya bisa, Nasabah dapat melakukan pembayaran denda di Payment Channel Adira Finance, dengan maksimal pembayaran sbb :
    • Pembiayaan Motor maksimal pembayaran denda sebesar Rp 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah)
    • Pembiayaan Mobil maksimal pembayaran denda sebesar Rp 30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah)
    • Pembayaran angsuran menggunakan nomor VA Customer dapat di lakukan melalui channel mana saja ?
  • ​Pembayaran angsuran melalui VA dapat melalui :
    • ATM dan Mobile Banking Bank manapun
    • Internet Banking Bank manapun (kecuali internet Banking Bank BCA dan Bank Danamon)
    • SMS Banking Bank manapun (kecuali Bank Danamon)
  • Berapakah nomor Virtual Account masing-masing Customer tersebut ?
    • ​Nomor Virtual Account (VA) Customer adalah 16 digit yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance, yaitu “7755” dan di ikuti dengan 12 digit nomor PK Customer.
      • Contoh : nomor PK Customer : 012345678912, maka nomor VA Customer adalah 7755012345678912
    • Customer yang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan VA ini adalah customer dengan kriteria sebagai berikut :
      1. Customer retail Adira Finance yang masih Aktif (angsuran belum lunas) *retail = 1 nomor kontrak 1 unit
      2. Tidak ada keterlambatan pembayaran angsuran lebih dari 30 hari atau belum terbit Surat Kuasa (SK) / Surat Tugas (ST) Penarikan Unit
  • Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA pada channel perbankan ? Berikut adalah langkah – langkah pembayaran angsuran Adira Finance menggunakan nomor VA melalui channel perbankkan.​​
    • Langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui ATM Bank Danamon menggunakan Kartu Bank Danamon :
      • ​Masukan Kartu ATM Bank Danamon, kemudian masukan nomor PIN ATM Anda
      • Pilih menu Pembayaran >>> menu Lainnya >>> menu Virtual Account
      • Lalu masukan Nomor 16 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kontrak Customer.
        • Contoh: 7755012345678912
      • Masukkan jumlah pembayaran Anda sesuai dengan jumlah angsurannya, klik “Lanjut”
      • Pada layar konfirmasi pembayaran akan muncul data – data Customer seperti :
        • -Nama Customer
        • -Nomor VA
        • -Jumlah pembayaran yang diinput
      • Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan transaksi sudah benar
      • Jika benar, Klik “ Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran.
  • Langkah – langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui Internet / Mobile Banking Bank lain
    1. ​Setelah login, klik menu transfer – transfer Bank lain
    2. Pilih layanan transfer “Online”
    3. Pilih Bank Danamon, kemudian masukan 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan nomor Kontrak konsumen. contoh : 7755012345678912
    4. Klik lanjut, Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan transaksi sudah benar
    5. Jika data sudah benar, masukan MPIN Anda klik “Lanjut / OK”
  • Apakah ada biaya untuk pembayaran menggunakan VA Customer ini ?
    • Tidak Ada, Customer hanya dikenakan biaya oleh masing-masing Bank untuk penggunaan fasilitas Bank tersebut.​
  • Bagaimana cara nya jika saya ingin menghubungi Adira Finance untuk menanyakan mengenai status pembayaran saya ?
    1. Customer dapat menghubungi Adira Finance melalui :
    2. Dering Adira Finance 1500511
    3. Aplikasi Adiraku
    4. Email customercare_@_adira_dot_co_dot_id
    5. Website Adira Finance : www_dot_adira_dot_co_dot_id
  • Apa kebijakan dari Adira Finance untuk pembayaran angsuran kredit ini ? Kebijakan Adira Finance untuk pembayaran angsuran :
    1. Pembayaran angsuran kredit disarankan tidak melebihi batas tanggal jatuh tempo angsurannya, karena jika Nasabah melakukan keterlambatan dalam melakukan pembayaran angsurannya maka akan dikenakan denda sebesar 0.5% (Motor) dan 0.2% (Mobil) perhari dikalikan angsuran perbulannya.
    2. Pembayaran angsuran terakhir, saat ini dapat dilakukan melalui online payment namun untuk pembayaran sisa dendanya diwajibkan untuk datang langsung ke Cabang Adira Finance terdaftar sekaligus pengambilan dokumen BPKB.
    3. Nasabah yang melakukan pembayaran angsuran terakhir melalui online payment diwajibkan membawa bukti pembayarannya ke Cabang terdaftar untuk melakukan pengambilan dokumen BPKB

Pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) Customer

Makin mudah bayar cicilan pakai Virtual Account


Tanya Jawab

Apakah yang dimaksud dengan pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) Customer?

Pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account adalah pembayaran angsuran yang dilakukan dengan cara membayar sejumlah nilai angsuran ke nomor Virtual Account masing-masing Customer melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau SMS Banking dari Bank manapun (Online Payment).

Berapakah nomor Virtual Account saya ?

Nomor Virtual Account (VA) Customer adalah 16 digit yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance, yaitu “7755” dan di ikuti dengan 12 digit nomor PK Customer.

Contoh : nomor PK Customer : 012345678912, maka nomor VA Customer adalah 7755012345678912

Pembayaran angsuran menggunakan nomor VA Customer dapat di lakukan melalui channel mana saja ?

Pembayaran angsuran melalui VA dapat melalui :

  • ATM dan Mobile Banking Bank manapun
  • Internet Banking Bank manapun (kecuali internet Banking Bank BCA dan Bank Danamon)
  • SMS Banking Bank manapun (kecuali Bank Danamon)

Kapankah nomor VA Customer ini mulai bisa digunakan ?

VA Customer dapat digunakan per tanggal 15 Maret 2019

Apa bedanya nomor VA Customer dengan nomor VA pada Akses Adira Finance?

Apa syarat dan kriteria pembayaran dengan menggunakan VA Customer ?

Nomor VA yang digunakan harus benar dan sesuai dengan nomor VA Customer, dimana nomor VA Customer terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) dan 12 digit nomor kontrak Customer.
Customer yang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan VA ini adalah customer dengan kriteria sebagai berikut :

  • Customer retail Adira Finance yang masih Aktif (angsuran belum lunas). *retail = 1 nomor kontrak 1 unit
  • Bukan pembayaran angsuran yang terakhir
  • Tidak ada keterlambatan pembayaran angsuran lebih dari 30 hari dan belum terbit Surat Kuasa (SK) Penarikan Unit

Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA pada channel perbankan ?

Barikut adalah langkah – langkah pembayaran angsuran Adira Finance menggunakan nomor VA melalui channel perbankkan.

  • Langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui ATM Bank Danamon menggunakan Kartu Bank Danamon :
    1. ​​Masukan Kartu ATM Bank Danamon, kemudian masukan nomor PIN ATM Anda
    2. Pilih menu Pembayaran >>> menu Lainnya >>> menu Virtual Account
    3. Lalu masukan Nomor 16 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kontrak Customer. Contoh: 7755012345678912
    4. Masukkan jumlah pembayaran Anda sesuai dengan jumlah angsurannya, klik “Lanjut”
    5. Pada layar konfirmasi pembayaran akan muncul data – data Customer seperti :
      1. Nama Customer
      2. Nomor VA
      3. Jumlah pembayaran yang diinput. Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan transaksi sudah benar
    6. Jika benar, Klik “ Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran.
  • Langkah – langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui D-mobile (Aplikasi Mobile Banking Danamon) :
    1. ​​Dipastikan Customer telah mendownload Aplikasi D-Bank Danamon pada Playstore di handphone Customer (berlaku untuk handpone android / IOS)
    2. Masukkan user id dan password Anda
    3. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih menu “Virtual Account”.
    4. Untuk Customer yang baru melakukan pembayaran angsuran menggunakan nomor VA, maka pilih / klik menu “Tambah Biller baru”, kemudian klik “Lanjut”. Untuk Customer yang sebelum nya sudah melakukan pembayaran angsuran menggunakan nomor VA, maka langsung klik “Lanjut”.
    5. Masukan 4 angka kode perusahaan Adira Finance yaitu 7755 dan nomor Kontrak konsumen. contoh : 7755012345678912, kemudian klik “Ajukan”
    6. Masukkan jumlah pembayaran Anda sesuai dengan jumlah angsurannya, klik “Lanjut”
    7. Pada layar konfirmasi pembayaran akan muncul data – data Customer seperti :
      1. Nama Customer
      2. Nomor VA
      3. Jumlah pembayaran yang diinput
        Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut
        Jika benar, masukan m-PIN Anda, klik “Konfirmasi” untuk melanjutkan transaksi pembayaran Anda
  • Langkah – langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui ATM Bank Lain (*ATM yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama / ALTO / Prima) atau melalui ATM Bank Danamon namun menggunakan Kartu Bank Lain :
    1. ​​Setelah masukan nomor PIN Anda
    2. Pilih menu transfer
    3. Kemudian pilih transfer ke bank lain dengan tujuan Bank Danamon
    4. Masukkan Kode Bank Danamon : 011 dan 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan nomor Kontrak konsumen. contoh : 0117755012345678912
    5. Masukkan jumlah pembayaran Anda sesuai dengan jumlah angsurannya, klik “Lanjut”
    6. Pada layar konfirmasi pembayaran akan muncul data – data Customer seperti :
      1. Nama Customer
      2. Nomor VA
      3. Jumlah pembayaran yang diinput
        Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan transaksi sudah benar.
    7. Jika benar, Klik “ Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran. *Note : ketersediaan channel sesuai kebijakan bank penerbit kartu masing-masing
  • Langkah – langkah pembayaran angsuran menggunakan VA melalui Internet / Mobile Banking Bank lain
    1. ​​Setelah login, klik menu transfer – transfer Bank lain
    2. Pilih layanan transfer “Online”
    3. Pilih Bank Danamon, kemudian masukan 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan nomor Kontrak konsumen. Contoh : 7755012345678912
    4. Klik lanjut, Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan transaksi sudah benar.
    5. Jika data sudah benar, masukan MPIN Anda klik “Lanjut / OK”

Apakah ada biaya untuk pembayaran menggunakan VA Customer ini ?

Tidak Ada, Customer hanya dikenakan biaya oleh masing-masing Bank untuk penggunaan fasilitas Bank tersebut.

Apakah pembayaran menggunakan VA Customer hanya untuk satu kali angsuran saja ?

Tidak, nomor VA Customer ini dapat digunakan untuk setiap pembayaran angsuran selama masa tenor.

Bagaimana jika Customer membayar lebih dari jumlah nilai angsurannya ?

Apabila Customer melakukan pembayaran melalui VA dengan jumlah lebih dari nilai angsuran maka kelebihannya akan masuk sebagai titipan.

Bagaimana jika Customer membayar kurang dari nilai angsurannya?

  • Apabila Customer melakukan pembayaran dimana dananya kurang dari nilai angsuran maka dana yang masuk tersebut akan dicatat sebagai titipan.
  • Apabila titipan sudah genap senilai angsurannya, maka dana titipan tersebut akan tercatat sebagai pembayaran angsuran Customer.

Apakah VA Customer ini bisa digunakan untuk membayar denda dan pembayaran yang lain diluar angsuran (contoh pembayaran biaya transkasi / biaya penyimpanan BPKB, dll selain angsuran) ?

Tidak bisa, Pembayaran melalui VA hanya untuk pembayaran angsuran saja.

Apakah pembayaran angsuran menggunakan nomor VA ini akan langsung di terima Adira Finance ?

  • Ya, pembayaran angsuran menggunakan nomor VA akan langsung diterima oleh Adira Finance pada hari yang sama (realtime).
  • Untuk pengecekan angsuran dapat dilihat pada Aplikasi Akses Adira Finance dimenu “Jejak Angsuran”.

Apakah bukti pembayaran menggunakan VA customer ini harus ditukarkan dengan struk resmi Adira ?

  • Tidak, Customer tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan struk resmi dari Adira Finance.
  • Untuk pengecekan angsuran dapat dilihat pada Aplikasi Akses Adira Finance dimenu “Jejak Angsuran”.

Bagaimana jika Customer merasa sudah melakukan pembayaran ke rekening VA namun tidak segera masuk ke angsuran dan masih ditagih oleh bagian Collection?

Customer dapat menghubungi Adira Finance melalui :

  • Call Center Dering Adira Finance : 1500511
  • Menyampaikan keluhan melalui email : customercare_@_adira_dot_co_dot_id dengan melampirkan bukti Pembayaran Angsuran melalui VA Customer (maksimal ukuran file 1 Mb) serta informasi pendukung lainnya, yaitu
    1. Nomor Kontrak Customer
    2. Nama Customer
    3. Tanggal dan Nominal transaksi, dan
    4. Media pembayaran yang digunakan oleh Customer ( misal melalui ATM Bank Mandiri).
  • Datang langsung ke kantor Cabang Adira Finance terdekat dengan membawa bukti pembayaran angsuran melalui VA Customer .

Bagaimana saya dapat melakukan pengecekan bahwa angsuran saya sudah masuk / diterima oleh Adira Finance ?

Pengecekan dapat dilakukan melalui :

  1. Aplikasi Akses Adira Finance pada menu “Jejak Angsuran”, atau
  2. Hubungi Dering Adira Finance 1500511

Apakah Customer masih bisa melakukan pembayaran angsuran jika tidak menggunakan nomor Virtual Account ?

Ya bisa, pembayaran angsuran yang tidak menggunakan nomor VA dapat dilakukan melalui payment channel dibawah ini :

  1. Kantor Cabang Adira Finance terdekat
  2. Melalui Online Payment :
    • Melalui Autodebet Danamon
    • Melalui Mobile Banking dan SMS Banking Danamon
    • Melalui ATM Bank Danamon
    • Aplikasi Akses Adira Finance
    • Kantor Pos
    • Keday Adira Finance
    • Alfamart dan Indomart

Note : Cara pembayaran menggunakan 12 digit nomor kontrak (PK) Customer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.