Alan Kay


BIOGRAPHY-NEW

Alan Kay | Perkembangan Tablet PC (Komputer Tablet)

Alan Kay Biodata


alan_kay-242x300

Alan Kay – Ilmuwan Komputer Amerika

Percaya atau tidak sejarah penemuan komputer tablet atau tablet PC bukanlah dimulai dari munculnya ipad oleh perusahaan Apple. Jauh sebelum munculnya ipad, konsep komputer tablet sudah lama dipikirkan oleh para produsen gadget elektronik.

Lihat saja dalam film ‘Star Trek : The Original Series’ tahun 1966 dimana dalam sebuah scene memperlihatkan pengunaan sebuah perangkat portable canggih yang kemudian kini kita kenal dengan nama tablet pc atau komputer tablet.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Tablet PC (Komputer Tablet)

Ide pertama mengenai tablet pc (Komputer Tablet) datang dari seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay. Pada tahun 1972, Konsepnya mengenai tablet pc (Komputer Tablet) tersebut ia namakan Dynabook.

Dimana ia menjelaskan secara rinci bahwa perangkat tersebut merupakan perangkat komputer personal yang cocok untuk anak-anak dan mempunyai komponen hardware yang lengkap seperti layar, processor, dan memori penyimpanan.

Saat itu Alan Kay membayangkan Dynabook memiliki berat kurang dari 1 kilogram, dan memiliki kecerahan sekitar 1 juta pixel dan mempunyai tenaga sendiri serta stylus atau pen.

Gagasan Alan Kay mengenai tablet pc (Komputer Tablet) sangat menarik mengingat ditahun tersebut laptop dan komputer rumahan masih merupakan hal baru dan laptop pun belum diciptakan.

Di penghujung tahun 80an, gagasan Alan Kay menjadi kenyataan dengan munculnya Tablet PC (Komputer Tablet) pertama di dunia yang bernama GridPad. GridPad merupakan Tablet PC (Komputer Tablet) pertama yang dijual secara massal oleh Grid Systems, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Silicon Valley, Amerika.

Gridpad-300x136

GridPad, Tablet PC Generasi Pertama di Dunia

Gridpad Tablet PC  merupakan Komputer Tablet yang menggunakan teknologi layar sentuh (Touchsreen) yang ukurannya sekitar 9 x 12 inchi dan menggunakan sistem operasi MS-DOS seperti kebanyakan komputer pada waktu itu serta dilengkapi dengan processor type 80C86 10 MHz, memori sebesar 1 MB dan menggunakan layar Monocrom CGA dengan resolusi sekitar 640×400.

Selain itu perangkat tersebut dilengkapi dengan stylus untuk menggambar atau desain dan dapat dihubungkan ke komputer workstation dan juga memiliki berat sekitar 2 kilogram. Spesifikasi Gridpad jauh dari apa yang Alan Kay pikirkan meskipun 20 tahun kemudian ide tersebut diwujudkan oleh Steve Jobs melalui Ipad dari Apple. Harga jual Gridpad waktu cukup mahal sekitar $3000.

Gridpad pada waktu itu cukup laris dipasaran dengan konsumennya paling banyak adalah perusahaan besar serta instansi pemerintah menjadikan produsen Gridpad yakni Grid Sytems berhasil meraup hasil penjualan hingga 30 juta dollar Amerika. Hingga kemudian muncullah perangkat Palm PDA (Personal Digital Assistants) yang dibuat oleh seorang insinyur bernama Jeff Hawkins.

PDA (Personal Digital Assistants), Ketika Tablet Menjadi Bentuk Lebih Sederhana

Munculnya penggunaan PDA dikalangan masyarakat membuat penggunaan Tablet PC menjadi tidak populer lagi. Di tahun 1993 Apple meluncurkan perangkat PDA nya yang bernama Newton MessagePad yang memiliki banyak fitur dan keunggulan yang kemudian segera menggeser popularitas dari Gridpad Tablet PC. Perangkat ini juga yang menurut banyak orang merupakan cikal bakal dari munculnya Ipad.

jeff_hawkins2013-640x960

Jeff Hawkins

Penggunaan PDA semakin populer di tahun 1996 ketika munculnya perangkat Palm (PDA) yang dibuat oleh Jeff Hawkins dari perusahaan Palm Computing. Apple, Microsoft dan Palm bersaing ketat ketika itu menjadi produsen PDA.

Di tahun 90an PDA menjamur dan menjadi trend gaya hidup masyarakat ketika itu menggeser popularitas tablet PC. Namun di tahun 1994, Fujitsu meluncurkan tablet PC bernama Stylistic 500 dan kemudian disempurnakan dengan meluncurkan type Stylistic 1000 yang dibekali dengan processor intel dan windows 95 sebagai sistem operasinya. Namun tablet buatan Fujitsu ini terlampau mahal sekitar 2.900 dollar Amerika ditambah lagi ukurannya yang cukup berat.

Tablet-Windows-Xp-300x275

Tablet OS Windows Xp

Memasuki tahun 2002, Microsoft kemudian merilis sebuah tablet PC yang menggunakan sistem operasi windows XP dan ketika itu Founder Microsoft yakni Bill Gates mengatakan bahwa Tablet PC akan menjadi sangat populer dimasa depan.

Tenggelamnya PDA dan Kembalinya Era Tablet PC

Memasuki tahun 2010, Gagasan Alan Kay kemudian menjadi kennyataan setelah Steve Jobs, founder Apple Komputer memperkenalkan Ipad. Sebuah Tablet dengan teknologi layar sentuh memiliki bentuk ramping, ringan serta daya baterai yang cukup.

Tablet-Masa-Kini-300x225

Ipad dan Samsung Tab

Munculnya Ipad membuat trend penggunaan Tablet PC kembali lagi. Suksesnya Apple dengan produk Ipad membuat produsen lain berlomba-lomba menciptakan Tablet seperti Samsung dengan Samsung Tab yang mengunakan Android sebagai sistem operasinya dan Microsoft yang meluncurkan Tablet Windowsnya.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.